Bank Sampah “Bumi Inspirasi” Bandung

Buka Mata Arti Sebuah Sampah

31 Januari 2016

image

Pada awal Februari kemarin kami baru saja pindah rumah. Beberes sekaligus bebersih sudah pasti dilakoni. Saya baru sadar ternyata di rumah banyak ‘koleksi’ barang tidak terpakai Hehe. Awalnya tujuan disimpan untuk dibuatkan DIY mainan Riyadh dari barang bekas, tapi sayang malas mengalahkan segalanya 😛 Akhirnya kami kepikiran dengan bank sampah milik teman di salah satu komunitas.

Berbagai sampah non organik yang kira-kira bisa diterima oleh bank sampah sudah di masukan ke dalam plastik besar. Sebagian kami pisahkan ke dalam plastik-plastik berukuran sedang antara sampah plastik, kertas, kaleng dan alat rumah tangga yang memang sudah tidak layak pakai.

Sampai disana kami hanya bilang kepada petugas bahwa ingin daftar menjadi nasabah sekaligus setoran perdana. Kemudian salah satu petugas menanyakan dan mencatat identitas seperti nama, alamat dan no telp sebagai data pribadi nasabah.

image

Setelah semua barang bekas dikeluarkan dari mobil, dengan sigap beberapa petugas membantu melakukan sortir barang sesuai dengan jenis sampah yang diterima oleh Bumi Inspirasi. Ternyata tidak semua sampah non organik dapat mereka daur ulang. Khusus untuk sampah yang tidak masuk ketagori daur ulang dipisahkan sebagai limbah, seperti kemasan plastik minyak goreng, jam tangan rusak dsb (sampah tersebut tetap tidak kami bawa pulang).

image

image

Daftar Barang yang Dapat Diterima

• CB (Cup Bersih) : Air mineral gelas tanpa ring berwarna.
• CK (Cup Kotor) : Air mineral dengan ring berwarna.
• PB (Pet Bersih) : Botol air mineral transparan.
• PW (Pet Warna) : Botol air mineral berwarna; contoh pulpy, mizone.
• EC (Ember Campur) : Barang rumah tangga dari plastik; contoh tutup botol plastik, tutup kaleng susu formula plastik.
• Du (Duplek) : Kertas keras tanpa rongga; contoh karton susu, brosur, kemasan susu ultra.
• Kar (Kardus) : Kertas keras dengan rongga bergelombang.
• Ko (Koran) : Semua jenis media cetak.
• Al ( Alumunium) : Kaleng minuman bersoda (mudah diremukan); contoh minuman kaleng cap beruang.
• AP (Arsip Putih) : Kertas berwarna putih; contoh HVS.
• KB (Kertas Buram) : Kertas yang sudah menguning.
• Be (Beling) : Botol kaca bening dan berwarna.
• Kal (Kaleng) : Kaleng keras yang sulit diremukan; contoh kaleng biskuit.
• Alpa (Alumunium Panci) : Segala jenis perabotan dapur berbahan alumunium.

image

image

Setelah diklasifikasikan sesuai jenis sampahnya, kemudian petugas menimbang dan mencatat ke dalam Buku Tabungan Pribadi Nasabah. Nasabah akan diberikan dua buah buku, ukuran besar dan kecil. Buku besar berisi jenis setoran sampah lengkap dengan timbangannya. Sedangkan buku kecil untuk mencatat nilai rupiah dari sampah yang kita setor. Untuk ‘hasil transaksi’ yang akan di rupiahkan dapat diambil minimal seminggu kemudian setelah data direkap oleh petugas.

image

image

Kami sempat berbincang dengan salah satu petugas disana dan berkesempatan ‘mengintip’ gudang Bumi Inspirasi yang terletak dibelakang lokasi. Disini semua sampah yang sudah disortir diletakkan sesuai dengan klasifikasinya. Sehingga walaupun semuanya berupa tumpukan sampah namun masih terlihat rapih.

image

image

image

Senang sekali rasanya mendapatkan kesempatan seperti ini. Semoga kami bisa rutin setoran setiap periodenya agar rumah selalu terbebas dari sampah 😉 Yuk sama-sama kita bersihkan lingkungan sendiri dan sekitar dari sampah yang dapat menggangu kesehatan dan alam raya. Semoga bank sampah dapat menjadi salah satu solusi dan motivasi agar masyarakat selalu peduli dengan lingkungannya. Kalau bukan kita, siapa lagi? 🙂

Alamat Bank Sampah “Bumi Inspirasi” Bandung :
Jl. Cisitu Indah 6 No. 108 RT. 001/004
Dago Coblong, Bandung 40135
CP : 087821533553 (Isti Khairani)

Jam Operasional :
Setiap hari Minggu jam 12.30 – 14.30 WIB

www.ceritakeluarga.wordpress.com

Miranti

jendelakeluargaid@gmail.com

4 thoughts on “Bank Sampah “Bumi Inspirasi” Bandung

Leave a Reply

error: Content is protected !!