Ruang Baca Anak di Bapusipda Jabar-Bandung

BAPUSIPDA adalah singkatan dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Saat ini Bapusipda di berbagai daerah di Indonesia sedang gencar mencanangkan program-program terbaiknya guna meningkatkan minat baca bagi masyarakat terutama generasi muda dan di daerah-daerah terpencil pada khususnya. Salah satu output  yang diberikan oleh Bapusipda Jabar adalah menyediakan taman baca anak yang representatif dan kondusif bagi keluarga.

Terletak di lantai 1 Gedung Bapusipda Jabar, ruang baca anak di desain sedemikian rupa untuk menarik minat anak-anak dalam membaca. Memiliki lebih dari 5,000 koleksi buku bacaan anak yang terdiri dari komik hingga referensi ensiklopedia. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Saat pertama kali masuk ke dalam ruangan, pengunjung wajib memastikan tidak membawa tas atau barang bawaan lainnya ke dalam area baca. Pengunjung dapat menyimpannya di loker yang berada di sebelah ruang perpustakaan. Perhatikan juga untuk menyimpan alas kaki di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu, isi daftar pengunjung yang tersedia di sebelah kanan dekat dengan pintu masuk. Jika tidak berkenan input melalui komputer bisa dengan menulisnya manual di buku tamu yang sudah disediakan.

wp-image-1004689489jpg.jpeg

wp-image-2094038209jpg.jpeg

Terdapat sedikitnya 4 area utama yang pengunjung dapat manfaatkan. Pertama, Ruang Baca Terbuka. Area ini berada tepat di depan meja petugas dan dikelilingi oleh rak buku sampai ke area lorongnya. Tersedia meja dan bangku yang cukup banyak sehingga anak dapat memilih posisi yang diinginkan. Selain buku, pengunjung dapat juga meminjam media belajar yang hanya dapat digunakan di tempat seperti flash card atau alat peraga lainnya kepada petugas.

IMG_9622

IMG_9661

IMG_9655

Kedua, Ruang Referensi Anak. Disini terdapat buku-buku referensi yang tersusun rapi di dalam rak yang hanya boleh dibaca di tempat. Terdapat juga sebuah panggung anak yang nyaman digunakan bersama-sama saat ada acara (misal mendongeng) yang bertujuan untuk melengkapi kegiatan membaca agar terasa lebih menyenangkan.

IMG_9629

IMG_9626

IMG_9665

Ketiga, Ruang Baca Audio Visual. Disini pengunjung dapat menggunakannya untuk menonton film edukasi dengan teman-teman maupun pendamping. Anak-anak dapat memilih posisi yang diinginkan, di bangku atau duduk santai di karpet. Biasanya fasilitas ini dapat digunakan setelah melakukan perjanjian terlebih dahulu dengan petugas.

IMG_9652

IMG_9660

Terakhir, Ruang Bermain. Tersedia area bermain sederhana berupa perosotan yang lengkap dengan anak tangga untuk menaikinya. Anak-anak juga bisa membaca di area ini karena tersedia meja dan bangku serta buku-buku pilihan sebagai bagian dari pojok bacaan.

IMG_9657

IMG_9636

IMG_9644

Yang menarik perhatian dari taman baca ini adalah seluruh dinding yang dipenuhi oleh ilustrasi gambar dari sebuah cerita rakyat, yaitu Cindelaras. Cindelaras adalah sebuah cerita rakyat dari Jawa Timur yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Cindelaras yang mempunyai ayam yang tidak terkalahkan. Ayam inilah yang mempertemukan Cindelaras dengan  Raden Putra, ayah Cindelaras. Masih penasaran kenapa mengambil cerita rakyat dari Jawa Timur dan bukan dari Jawa Barat? 😀

Selain itu hal menarik lainnya adalah desain rak buku yang menyesuaikan dengan ukuran anak-anak. Semua buku yang tersusun rapih dalam rak berada di posisi yang mudah dijangkau oleh anak-anak sehingga memudahkan mereka saat memilih buku sesuai dengan yang diinginkannya.

Menyenangkan bukan?

Untuk menjaga ketertiban dan keteraturan, pengunjung hanya diperkenankan meletakkan maksimal 3 buah buku di meja saat membaca di tempat. Hal tersebut ditujukan agar anak dapat disiplin menaruh bukunya kembali saat ingin mengganti buku bacaannya. Jika ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, pengunjung wajib menjadi anggota perpustakaan dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan. Pendaftaran dan peminjaman tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Jumlah buku yang dapat dibawa pulang maksimal 3 buah selama kurun waktu 2 minggu

Syarat Keanggotaan Perpustakaan :

  1. Pas photo 2×3 cm sebanyak 4 buah (berwarna).
  2. Photocopy KTP sebanyak 1 buah, jika Pelajar/Mahasiswa di lampiri Kartu Tanda Siswa/Mahasiswa.
  3. Untuk Anak-anak yang belum mempunyai KTP dilampiri fotokopi KTP orangtua.
  4. Bagi yang kost/kontrak rumah (Luar Daerah) di lampiri KTP pemilik rumah/surat keterangan RT/RW setempat.
  5. Jika Persyaratan sudah ada, mengisi di komputer pendaftaran sesuai dengan data anda dengan jelas.

IMG_9623

***

Alamat Bapusipda Jabar (Bandung) :
Jl. Kawaluyaan Indah II No. 4
Sukapura, Kiaracondong, Bandung
Telp : 022-7320048/49

Jam Operasional (Khusus Ruang Baca Anak) :
Senin – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 15.30.00  WIB
Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB
Minggu (Perpustakaan keliling) : 06.00 – 11.30 WIB di Sabuga/Tegallega

 

:: 21 Juli 2016 ::

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s