Mudahnya Mengurus VISA Waiver Negara Jepang

Setelah mendapatkan E-Paspor (cerita lengkap baca disini), langkah selanjutnya untuk dapat mewujudkan mimpi kamu berlibur ke Jepang adalah menyelesaikan urusan VISA.

Kabar baiknya adalah sejak 1 Desember 2014 lalu, pemerintah Jepang telah memberlakukan keringanan atau bebas VISA (VISA waiver) khusus untuk Warga Negara Indonesia (WNI) bagi mereka pemegang E-Paspor. Asiik!

Hal ini selain karena tujuan utama untuk mempererat hubungan Indonesia-Jepang, juga kebijakan ini diharapkan mampu mendorong pariwisata Jepang agar wisatawan yang berasal dari Indonesia dapat berkunjung ke negeri sakura tersebut.

Kesimpulannya, kebijakan ini wajib dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Setuju? 😉

Lalu bagaimana proses pengurusan VISA waiver ?

Tenang untuk mengurus VISA waiver sangat mudah. Kamu tidak perlu melewati proses yang panjang dan melengkapi banyak dokumen seperti pada pengajuan VISA umum biasanya. Cukup dengan proses registrasi melalui tahap-tahap berikut ini.

Dokumen Wajib Dibawa :
• KTP
• E-Paspor
• Formulir aplikasi (download disini)
* Photocopy semua dokumen

E-Paspor

Tahap Registrasi :

•Pemohon mengikuti antrian untuk menyerahkan dokumen.

•Pada loket yang sudah disediakan, pemohon menyerahkan E-Paspor dan formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap.

•Petugas menerima berkas permohonan, melakukan proses registrasi dan memberikan tanda terima kepada pemohon.

•Pemohon datang kembali keesokan harinya (H+1)

•Pada keesokan hari, petugas meminta tanda terima dan memberikan E-Paspor pemohon yang sudah ditempel dengan sticker VISA waiver.

Dan Voila, kamu siap jalan-jalan ke negara Jepang kapanpun kamu mau tanpa harus melakukan pendaftaran atau pengajuan VISA apapun. Mudah bukan ? 🙂

Sticker Visa Waiver

Wajib Diingat :

•VISA waiver berlaku selama 3 tahun atau selama masa berlaku E-Paspor (mana lebih dulu).

•VISA waiver hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari. Jika memiliki rencana kunjungan atau liburan lebih dari 15 hari mohon dapat melakukan pengajuan VISA umum seperti biasa.

•VISA waiver dapat digunakan berkali-kali hingga masa berlaku sticker habis tanpa perlu melakukan registrasi lagi setiap kali kunjungan atau perjalanan.

Selamat Menikmati Negeri Sakura 🙂

Alamat Kedutaan Besar Jepang dan Konsulat Jenderal Jepang :

Jl. M.H. Thamrin 24
Jakarta Pusat (10350)
Telp. +62-21 3192-4308

Waktu Operasional :
Senin-Jumat
Pengajuan Visa 08.30-12.00 WIB
Pengambilan Visa 13.30-15.00 WIB

Miranti

jendelakeluargaid@gmail.com

49 thoughts on “Mudahnya Mengurus VISA Waiver Negara Jepang

  1. Asiiknyaa…
    Aku dl ngurus visa ke Jepang harus ada fotocopy butab yang ada saldo minimum nya sekian juta…

    Heuu…
    Tapi gak lama siih…jadi dalam waktu seminggu, apa yaa..?

    Dengan kemudahan begini, semoga makin banyak yang berwisata ke negeri sakura.
    Yeeaay..!

  2. Dulu pernah ada rencana kerja ke Jepang. Mungkin emang blm ada nasibnya, gagal. Sekarang tetap ada keinginan mengunjungi Jepang walau sebagai wisatawan 😉

    terimakasih info nya Mbak 🙂

    salam

    Teh Okti dot com

  3. Asyiikkkk, ditunggu postingan jepunnya yaa ti…
    Sama2 ke J nih, hahaha tapi aku ke J yang lain ????????
    Baby Ry sama siapa euy..
    Tfs yaaa um

  4. Kmrn itu aku sempet pgn mw renew pasport, diganti jd e pasport aja.. Tp dipikir2 akukan koleksi chop imigrasi dr tiap negara mba :D. Jd kalo pake e passport aku g bisa punya chop imigrasi jepang dunk :p. Makanya kmrn ttp bikin pasport biasa, lalu pas ke jepang kmrn aku akhirnya bisa punya visa nya dan chopnya :D. Gpp deh agak repot sedikit jadinya..

      1. Pakai e paspor mash diperiksa dokumen kayak tiket pp pesawat,bokingan hotel g mbak dibandara jepangy..at Kemarin berangkat pakai agen tour? Ad refrensi agen tour jepang yg baik mana mbak?trimaksih

  5. Halloo Kak, mau tanya dong. Kmrn pas ngurus visa waiver, dokumen yg dilampirin ke kedubes jepang apa aja ya? Apa kyk tiket PP, tiket booking hotel, itinerary kaya gitu2? Saya rencana akhir thn ini mau ngurus visa waiver soalnya Kak, Thank u 🙂

  6. pagi mba, maaf ya saya mau tanya, saya liat di fotonya bearer/pembawa dokumennya itu nama suami mba 2-2nya ya? maaf kalo salah.. berarti mba waktu pengajuan tidak hadir?.. berarti boleh diwakilkan untuk pengajuan dan permohonan?.. yg saya tanya khusus untuk visa waiver..

    terima kasih mba sebelumnya..

  7. klo mao ajuin viza waiver,bisa di wakilin gak yah? saya mao ajuin 3 viza,tapi klo saya sendiri aja yg kesana bisa gaj yah?
    thx

  8. mbak..saya ingin mengajukan visa waiver di kedubes tapi saya belum tau kapan berangkat ke jepang. apakah boleh saya regestrasinya dari sekarang?

  9. halo mba, bermanfaat sekali postingannya :).
    Mau tanya kalau saya mengurus visa waiver suami yang tidak bisa ikut ke kedutaannya, apa perlu surat kuasa? Jadi rencananya nnti saya yang urus soalnya suami hrs dinas keluar kota. Oya kalau untuk anak 2 tahun bagaimana ya? Apa harus dibawa atau dapat diwakilkan? Surat kuasanya bagaimana ya? Mohon share pengalamannya..trimakasih banyak ????

  10. untuk mendapatkan visa waiver apakah sesulit mendapatkan visa yg biasa mbak??? pengalaman teman yg kemarin mengajukan visa biasa ditolak sama kedutaan jepang, jadi batal ke jepang.. thanks before

  11. saya ada rencana mau mengajukan bebas visa menggunakan epassport..pertanyaannya apakah visa yang lama perlu dilampirkan juga, karena epassport saya baru (perpanjangan) dadi passport sebelumnya.

  12. Mba, kalau buat visa waiver, syarat utk anak2 apa aja? Kalau orang dewasa kan hrs pake KTP . Kalau anak2 ga ikut ke kedutaan, pakai surat kuasa kah? Pengajuan permohonan diketik atau tulisan tangan? makasih

Leave a Reply

error: Content is protected !!