Cara Pembuatan SKCK di Polres Tangerang

IMG_20180327_093353

jendelakeluarga.com – Ada yang sedang mencari pekerjaan atau rencana melanjutkan sekolah ke luar negeri? Biasanya beberapa perusahaan di Indonesia mensyaratkan SKCK pada berkas calon pekerjanya. Begitu juga untuk calon pelajar di beberapa lembaga sekolah di luar negeri. Tapi tahukah kamu ternyata banyak sekali tujuan pembuatan SKCK yang berlaku di Indonesia?

SKCK singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat. Masa berlaku SKCK hingga enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Beberapa Jenis Keperluan Pembuatan SKCK :
• Melanjutkan sekolah
• Melamar pekerjaan
• Pindah alamat
• Menjadi Notaris
• Pencalonan kepala desa, kepala daerah, anggota legislatif dan sejenisnya
• Kepemilikan senjata api
• Dll

Sumber : skck.polri.go.id

IMG_20180327_103630
loket dan ruang tunggu

Bagaimana proses pembuatan SKCK?

Pembuatan SKCK dapat dilakukan di kantor kepolisian di kota masing-masing sesuai kebutuhan, diantaranya; POLSEK, POLRES, POLDA dan MABES. Kebetulan proses ini dilakukan di Polres Kota Tangerang.

Pada saat datang, petugas akan memberikan formulir yang harus diisi lengkap oleh pemohon serta menyertakan persyaratan pembuatan SKCK.

Syarat pembuatan SKCK (WNI) :
• Fotokopi KTP (1 lbr)
• Fotokopi KK (1 lbr)
• Fotokopi Akta Kelahiran (1 lbr)
• SKCK lama (jika ada)
• Pass photo 4×6 latar merah (4 lbr)
• Formulir permohonan (diberikan ditempat)

Setelah diisi lengkap, pemohon akan mendapatkan nomer antrian untuk pengambilan foto dan sidik jari di ruangan terpisah serta membayar biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 30.000.

IMG_20180327_093247
contoh pengisian formulir
IMG_20180327_093236
nomer antrian dan kwitansi

Jika sudah melewati sesi pengambilan foto dan sidik jari, tunggu beberapa saat hingga petugas memanggil nama sesuai dengan SKCK yang sudah jadi dibuat. Pemohon dapat langsung mengkopi surat tersebut dan di legalisir dari pejabat berwenang (maksimal legalisir 5 lembar).

Berdasarkan pengalaman, lama proses sejak awal pengambilan formulir hingga SKCK  selesai dibuat memakan waktu kurang lebih 1-1,5 jam. Cukup baik, semoga kedepannya lebih cepat lagi.

Oh ya, kamu juga bisa melakukan pengisian formulir secara online ya di https://skck.polri.go.id/registrasi sehingga lebih mempersingkat waktu.

IMG_20180327_093917

img_20180327_093912.jpg

Ada satu hal yang menarik perhatian saya saat membuat SKCK di Polres Tangerang. Tepat di pojokan bangunan ini terdapat ruang baca khusus yang diberi nama SPKT alias Sentra Pelayanan Polisi Terpadu. Taman bacaan ini tempatnya bersih dan rapih, rasanya cocok disaat harus membawa anak-anak selama mengurus surat-surat.

Terima kasih atas pelayanannya.

IMG_20180327_103714

IMG_20180327_103451

Alamat Polres Kota Tangerang :
Jl. Raya Daan Mogot No. 52, Sukarasa, Kota Tangerang

Telp : 021-7218270

:: 27 Maret 2018 ::

24 comments

  1. di cianjur mudah sekali bikin skck sesuai syarat yang ditulis dalam artikel ini. Layanan kantor polisinya juga oke punya

    Like

  2. Aku enggak pernah bikin SKCK. Bahkan hampir lupa kalau ada SKCK.
    Baca tulisan ini keinget waktu SD belajar cara bikin SKCK sampai diajak ke kantornya buat belajar.

    Like

  3. Terakhir buat SKCK akhir januari kemarin. Tapi utk wirausaha jabar boleh sampai pengantar dari desa saja. Jadi gak perlu ke polsek dan polres hehehe
    Salam
    Okti Li

    Like

  4. Dulu nih bikin skck msh g ad via online. Aduh antri ambil formulir aja kok lama banget. Haha. Sekarang udah online ya enak. Berguna bgt infonya nih kalau ad family yang mau bikin. 🙂

    Like

  5. Dulu pas tamat kuliah sibuk banget bikin SKCK buat keperluan melamar pekerjaan, sekarang pembuatannya lebih dipermudah ya mbak jadi pasti ga perlu nunggu berhari hari

    Like

  6. Waktu bikin skck ga Pakai diberi kwitansi. Udah curiga aja kenapa tiba-tiba disuruh bayar saat pengambilan sidik jari.

    Like

  7. Saat ini bulan Juni pembuatan SKCK sangat ramai dan antri dan harus datang sejak subuh atau datang lebih awal lagi. Sedangkan loket baru buka jam 8.00. Untuk pembuatan secara Online belum bisa dilakukan karena dalam perawatan.

    Like

  8. Pembuatan SKCK di POLSEK JATI UWUNG TANGERANG antri dan sangat ramai sejak pukul 5.00 pagi..Tolong pihak terkait membantu untuk kelancarannya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s