Fun Activities with Kids Playdate Morinaga – KALCare BXC

Banyak Aktivitas Menyenangkan di Kids Playdate Morinaga – KALCare BXC

 

jendelakeluarga.com – Beberapa hari lalu (5/10) saya mengajak Ry mengikuti acara Kids Playdate yang diadakan oleh KALCare dan Morinaga Platinum di KALCare Bintaro Exchange.

Ini adalah kali pertama kami mengunjungi KALCare. Tempatnya menyenangkan sekali. Banyak kegiatan yang dapat mama, papa dan anak lakukan disini, mulai dari cek kesehatan (anak dan orang dewasa), cek potensi kecerdasan anak hingga belanja berbagai kebutuhan keluarga seperti suplemen, susu, alat kesehatan dan berbagai produk KALBE juga tersedia disini.

View this post on Instagram

Ini kegiatan Ry sore tadi ikutan playdate seru bareng @morinagaplatinum di @kalcare Bintaro Exchange. Acaranya lengkap mulai dari mini talkshow tentang kecerdasan anak, workshop diy toys dan juga sesi cek kesehatan ibu dan anak. Ry sempat cek kesehatan dan juga tes potensi anak, sedangkan saya coba tes kepadatan tulang, analisa pembuluh darah dan analisa stress. Hmm ternyata tingkat stress dan kesehatan tubuh ada korelasinya yaa 😁 Nanti deh saya ulas di blog sekaligus isi talkshow nya mengenai multiple intelligences. Dan ini hasil kolaborasi kami membuat domba, mencocokan hewan plus makanannya dan juga membuat alfabet nama di dedaunan. Alhamdulillah happy. Terima kasih ya @morinagaplatinum dan @kalcare 💕 #kidsplaydate2018 #mipp7kalcare #miplayplan #morinagaplatinum #kids #kidsactivities #kidscrafts

A post shared by miranti zr (@mirantizr) on

KALCare adalah outlet layanan kesehatan dari KALBE Group dimana pelanggan bisa melakukan cek kesehatan secara gratis, mengikuti kelas exercise gratis serta dapat mengikuti berbagai event yang diselenggarakan dan juga dapat berbelanja produk KALBE Nutritionals dengan mudah.

Hari itu berdasarkan informasi dari panitia, acara akan dimulai pukul 3 siang. Kami yang sudah berada di lokasi sejak 45 menit sebelumnya memanfaatkan waktu untuk menghampiri salah satu booth untuk mengecek keunggulan potensi Ry dengan berbagai rangkaian test yang diberikan. Oh ya, salah satu kuisioner test ini dapat dilakukan dimana saja dengan mengunjungi website susu anak Morinaga Platinum. Bedanya jika dilakukan di KALCare, kami bisa langsung berkonsultasi dengan petugas yang sudah ahli dibidangnya serta diberikan penjelasan yang cukup detail. Alhamdulillah hasil test Ry cukup memuaskan.

IMG_4152

69745

Ok, acara inti akhirnya di mulai. Di awali dengan ice breaking lagu Baby Shark yang dipandu oleh kakak-kakak dari KALCare kemudian dilanjutkan dengan materi utama yaitu parenting talkshow bersama Psikolog Ratih tentang memahami 9 kecerdasan yang dimiliki anak.

IMG_4157

Menurut Psikolog Ratih, terdapat 9 kecerdasan majemuk (multiple intelligent) yang dimiliki oleh seorang anak, yaitu :

1. Bahasa; pemahaman bermain kata atau linguistik
2. Sosial; pemahaman konsep sosialisasi
3. Memahami diri; pemahaman konsep diri, baik fisik dan psikis
4. Logika; pemahaman perhitungan matematika dan penalaran logika
5. Gerak tubuh; pemahaman kinestetik atau koordinasi olah tubuh
6. Moral; pemahaman moral
7. Naturalis; pemahaman mengenai alam dan lingkungan
8. Musikal; pemahaman dengan musik
9. Gambar dan ruang; pemahaman visual spasial

IMG_4165

Dimana dari kesembilan potensi kecerdasan anak ini setiap anak pasti memiliki perbedaan. Jika yang menonjol dapat terus selalu diasah dan pertahankan, sedangkan yang kurang dapat dibantu dengan kegiatan ekstra stimulasi.

Pskilog Ratih mengingatkan, bahwa dalam setiap kegiatan bermain dan belajar yang orangtua berikan kepada anak sebaiknya selalu melalui 3 tahap, yakni Observasi, Stimulasi dan Evaluasi. Stimulasi paling efektif untuk kecerdasan anak adalah melalui metode bermain, dimana bermain dapat menyentuh sensory systems yang merupakan dasar perkembangan kecerdasan anak. Metode bermain dapat dirancang agar tepat sasaran dan tepat waktu. Dengan selalu adanya stimulasi maka anak akan belajar sesuatu yang pada akhirnya akan terbiasa dengan kegiatan yang diberikan tersebut.

IMG_4176

Usai talkshow bermanfaat yang telah dipaparkan oleh psikolog Ratih, acara dilanjutkan dengan kegiatan membuat mainan edukasi yang akan dilakukan oleh seluruh peserta dengan kolaborasi anak dan orangtua.

Ry senang sekali dengan kegiatan ini. Terdapat 3 jenis mainan edukasi yang kami buat bersama saat acara berlangsung, yaitu membuat domba dari kertas origami dan kapas, mencocokkan hewan dan makanannya melalui gambar yang sudah disediakan, dan membuat alfabet nama dari dedaunan yang disusun di sebuah pohon.

IMG_4186

IMG_4197

IMG_4201

IMG_4205

Seru yaa..

Baca juga : Fun Cooking Playdate with Teman Main

Akhirnya acara inti Kids Playdate KALCare sudah berakhir. Sebelum pulang saya menyempatkan diri untuk melakukan tes kesehatan di booth yang sudah disediakan.

Ada apa saja? Simak informasinya ya..

IMG-2467.JPG

IMG_4225

IMG_4220

Saya memilih tes kepadatan tulang dengan rekomendasi petugas karena adanya keluhan pegal-pegal disekitar leher dan lengan. Walaupun sudah menyadari beberapa waktu belakangan ini sedang malas aerobik-an lagi hehe..

Dan ternyata masalahnya bukan hanya karena kurangnya olahraga saja, tetapi memang kepadatan tulang saya dapat dikatakan kurang baik, atau istilah medisnya Osteopenia. Level atau posisinya ditengah-tengah antara Normal dan Osteoporosis, hiks.

Setelah keluar hasilnya, petugas langsung menjelaskan bagaimana caranya agar dapat menambahkan kepadatan tulang dalam tubuh serta saran lainnya agar terus melakukan pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat 

1. Perhatikan pola makan (jenis, jumlah, dan jadwal makan)
2. Konsumsi air mineral (2-2,5 liter atau 8-10 gelas per hari)
3. Istirahat cukup (6-8 jam per hari)
4. Olahraga teratur (2-3 kali dalam seminggu masing-masing 30 menit)
5. Hindari stress (fisik, biologis dan psikis)

Tips Mengurangi Resiko Osteoporosis

1. Konsumsi kalsium per hari untuk memperlambat penurunan kepadatan tulang yang ekstrim (usia 19-50 thn 1000 mg, >50 thn 1200 mg)
2. Konsumsi Vit. D, K, Fosfor, Magnesium dan Zat Besi
3.Konsumsi antioksidan yang dapat menghambat degeneratif pada hormon yang berperan dalam proses kepadatan tulang, contoh Paratiroid, Kalsitonin, Estrogen, Testoteron.
4. Melakukan olahraga beban dan aerobic. FYI: renang tidak dapat meningkatkan kepadatan tulang
5. Berjemur pagi hari
6. Melakukan pola makan sehat
7. Hindari merokok
8. Hindari makanan penghambat penyerapan kalsium, seperti tinggi garam, minuman bersoda dan kafein
9. Jika usia diatas 50 thn dapat mengkonsumsi obat hormon replacement therapy untuk memperlambat pengeroposan tulang.

IMG_4222

Nah selesai sudah rangkaian acara Kids Playdate 2018 yang diadakan oleh KALCare dan Morinaga Platinum. Terima kasih atas undangan dan keseruannya. Mama Papa bisa pantau update kegiatan KALCare lainnya di instagram @kalcare dan intip materi edukasi menarik lainnya di website Morinaga Mi Play Plan yaa.

***

:: 5 Oktober 2018 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s