Belajar Sabar dan Syukur dari Drama Korea 18 Again

Belajar Sabar dan Syukur dari Drama Korea 18 Again 


jendelakeluarga.com – Seandainya diberi kesempatan kembali ke masa lalu, kira-kira hal apa yang ingin kamu perbaiki dalam hidup?

Ada yang sudah nonton drama korea 18 Again?

Salah satu drakor favorit dan recommended versi saya dalam daftar top 10 drakor tahun 2020-early 2021 🙂

Berkisah tentang sepasang suami istri dengan cerita cinta yang dimulai sejak masa SMA hingga berumah tangga. Adalah seorang istri, Jung Da Jung (Kim Ha Neul) yang semasa pacaran dulu dengan suaminya, Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun), mengalami insiden hamil di luar nikah saat mereka duduk di bangku sekolah, tepatnya di SMA favorit Serim. Kala itu mereka baru berusia 18 tahun, Da Jung hamil anak kembar mereka yang bernama Hong Shi Woo (Ryeo Un) dan Hong Shi Ah (No Jeong Ee). Sepasang kembar ini tumbuh sehat hingga beranjak dewasa dan duduk di bangku SMA persis seperti saat Ayah dan Ibu mereka dulu dipertemukan dalam cinta.

Singkat cerita setelah 18 tahun membina rumah tangga, muncul keinginan Da Jung untuk bercerai, hal ini dipicu oleh banyaknya permasalahan yang kerap dilakukan oleh Dae Young. Seringnya terjadi perselisihan dan komunikasi sudah tidak baik dengan pasangaan membuat Da Jung lelah ingin berpisah. Belum lagi janji manis Dae Young yang akan dipromosikan di kantornya tak kunjung datang. Selain itu Dae Young dinilai selalu melihat masalah yang terjadi hanya dari kacamatanya saja tanpa mau berusaha mengerti apa yang diinginkan istri dan anak-anaknya.

Sejak skandal menghamili Da Jung di masa SMA dulu, pasangan ini tidak melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Sedihnya lagi passion yang mereka jalani semasa muda dulu harus dikubur dalam-dalam karena menjalankan rutinitas baru sebagai orang tua dengan mengurus anak kembarnya dan mencari nafkah untuk keluarga.

Dae Young bekerja sebagai teknisi mesin cuci dari rumah ke rumah yang diutus oleh perusahaannya. Meski sudah bekerja maksimal, apesnya sang atasan tidak pernah memberinya kesempatan untuk naik jabatan. Salah satu hal yang menghalanginya adalah tingkat pendidikan Dae Young yang rendah.

Suatu hari pada saat pengumuman kenaikan jabatan seluruh karyawan yang berlangsung setiap tahunnya, dengan harap-harap cemas Dae Young menanti namanya yang akan keluar untuk dipromosikan. Sayangnya harapan tinggal harapan, ia lagi-lagi tidak mendapatkan promosi tersebut, lebih kesalnya lagi karyawan lain yang belum lama bergabung namun berpendidikan tinggi yang malah mendapatkannya. Mendengar itu Dae Young geram hingga membuat keributan sampai melukai atasannya dan diakhiri dengan pengunduran diri secara spontan. Kebayang jadi dirinya yang punya skill dan potensi tapi terhalang kenyataan karena perkara pendidikan akademis yang kurang.

Di saat kondisi terpuruk dalam pekerjaannya, di waktu bersamaan Dae Young harus menelan pil pahit lainnya dengan pengajuan cerai yang dilayangkan oleh sang istri, Da Jung.

Da Jung adalah seorang istri yang sabar, penyayang dan bertanggungjawab terhadap keluarga. Selepas melahirkan anak kembar mereka, Da Jung juga harus mengubur dalam-dalam keinginan terpendamnya di bidang jurnalistik. Saat di masa SMA dulu ia aktif sebagai penyiar radio di sekolah. Bahkan Dae Young yang kala itu belum mengenalnya terkesima dengan aura Da Jung saat membawakan siaran di radio sekolah.

Sambil berpikir untuk menggugat cerai sang suami, Da Jung mendapat kesempatan wawancara saat stasiun TV bergengsi JBC membuka lowongan pekerjaan sebagai penyiar berita. Lowongan ini kebetulan bersifat tertutup artinya sang juri tidak bisa melihat biodata pribadi masing-masing pelamar, termasuk usia. Kebetulan usia Da Jung sudah tidak lagi direkomendasikan dalam perekrutan karyawan, khususnya sebagai pembawa berita. Namun karena keahlian yang dimiliki Da Jung serta pembawaannya yang tenang akhirnya Ia berhasil lolos ke dalam 4 besar. Keempat pelamar ini yang diberikan kesempatan untuk magang beberapa waktu dan akan dipilih 3 kandidat yang berhak melanjutkan untuk bekerja tetap di perusahaan tersebut.

Dari Da Jung kita belajar bahwa percaya pada diri sendiri dan terus berusaha demi apa yang dicita-citakan mampu mewujudkan impian tersebut apapun kendala yang menghadang. Karakternya yang tenang namun meyakinkan mampu mendatangkan simpati tersendiri pada dirinya. Ia juga seorang wanita yang lembut dan sayang dengan keluarganya, baik kepada ibunya, suami dan juga kepada anak-anaknya.

Suatu hari setelah memperbaiki mesin cuci di rumah seorang tabib atau dokter, Dae Young sempat diminta untuk memperbaiki radio miliknya yang telah lama rusak. Meski awalnya tak yakin ternyata Dae Young berhasil memperbaikinya dan sedikit berbincang dengan tabib tersebut mengenai hidupnya yang sedang dilanda masalah. Keinginannya terucap di depan tabib bahwa ia ingin sekali memperbaiki hidup dan kembali ke masa lalunya dulu.

Selang keesokan harinya, masih di masa berduka karena terbayang harus berpisah dengan Da Jung, Dae Young pergi ke sekolah SMA nya dulu mengenang masa-masa awal bersama sang istri. Ia masuk ke arena basket untuk mencoba bermain seperti dulu. Saat itu keajaiban terjadi, ketika memasukkan bola ke dalam keranjang tiba-tiba ia mendapati tubuhnya berubah menjadi persis seperti saat SMA dulu. Kaget bercampur senang ia pun ke rumah sahabatnya Go Deok Jin (Kim Kang Hyun) untuk mengadu karena tak mungkin pulang dalam keadaan seperti itu.

Muncul ide dipikirannya untuk kembali sekolah seperti dulu dan menggapai cita-cita yang tertunda menjadi pemain basket profesional. Jika bersekolah lagi dengan anak-anaknya yang saat ini duduk di bangku SMA yang sama, ia dapat menjadi teman bagi mereka dan memahami dunia serta pergaulannya. Akhirnya dibantu Deok Jin yang diminta menjadi wali muridnya, Dae Young kembali bersekolah sebagai anak SMA yang menamai dirinya Go Woo Young (Lee Do Hyun) atau Dae Young versi muda.

Dari sinilah keseruan film ini dimulai, dimana ia menjadi seorang anak SMA 18 tahun secara fisik namun memiliki pemikiran orang dewasa berusia usia 36 tahun yang berasal dari wujud aslinya. Dimana Dae Young berusaha sekuat tenaga mempertahankan rumah tangga dengan cara memahami istri dan anak-anaknya melalui peran yang dijalankannya sebagai orang lain. Dimana ternyata kekuatan cinta mereka lah yang menyatukan kembali dengan perasaan saling sayang dan merasa kehilangan jika harus benar-benar berpisah. Sweet.

Dae Young – Da Jung – Woo Young, alias Dae Young versi muda

Film dengan total 16 episode ini berhasil memberi banyak pesan moral khususnya bagi penonton yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Emosi kamu akan dimainkan tepat di titik pusat yaitu arti dari sebuah keutuhan keluarga. Bahwa membina rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan seperti dalam TV drama, butuh perjuangan dari kedua pasangan agar dapat jalan beriringan. Selain itu yang perlu diingat adalah sabar dan syukur merupakan kunci keharmonisan rumah tangga. Masalah akan selalu ada tetapi jika disikapi dengan sabar mencari solusi serta selalu bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan karuniai, pasti hidup akan terasa lebih berarti.

Dan satu lagi, rumah tangga seharusnya bukan jadi penghalang dalam menggapai cita-cita, sebaliknya justru dengan memiliki pasangan kita dapat lebih mudah untuk menggapai apa yang diimpikan, seperti akhir dalam kisah drama korea ini 🙂

Penasaran? nonton deh selengkapnya di aplikasi Viu. Kalau urusan drakor saya suka nonton drama korea di aplikasi Viu, mungkin teman-teman yang sering mampir di story instagram saya sudah paham. Selain filmnya yang up to date, biaya langganannya termasuk ringan di kantong. Banyak juga lho film-film yang bisa ditonton tanpa harus berlangganan terlebih dahulu, asik kan. Cari drakor cukup dalam genggaman mulai dari registrasi hingga berlangganan bulanan.

Download aplikasi Viu sekarang juga melalui App Store atau Play Store di smartphone kesayangan kalian 🙂

***

Miranti

jendelakeluargaid@gmail.com

One thought on “Belajar Sabar dan Syukur dari Drama Korea 18 Again

  1. Aku suka juga nih drama 18 Again, tapi entah mengapa aku malah lebih suka karakter Hong Shi Ah daripada ibunya. Padahal jika dipelajari, banyak yang bisa diambil dari kisahnya Jung Da Jung ya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!