Perpustakaan Daerah DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat

2 Oktober 2015

Perpustakaan Daerah yang Super Fun

20151002_121018

Di era yang serba digital seperti saat ini rasanya sayang sekali jika kita sebagai orangtua melupakan tempatnya sumber ilmu utama yaitu perpustakaan. Saya sendiri sambil mengingat kapan terakhir kali ke perpustakaan, hmm rasanya masih kuliah.

Saat berkunjung kerumah orangtua di Jakarta kami sempatkan mampir ke perpustakaan DKI Jakarta ini. Dan diluar ekspektasi kami perpustakaan ini super keren mengingat ini perpustakaan daerah.

Pertama kali masuk kami diminta oleh petugas untuk menitipkan KTP/SIM. Untuk masuk area perpustakaan pengunjung dilarang membawa tas/jinjingan lain serta makanan dan minuman. Petugas akan memberikan kunci loker dan meminjamkan tas khusus untuk menaruh dompet, ponsel dan barang-barang penting lainnya.

Karena tujuan utama kami untuk mengajak Riyadh bermain maka kami langsung menuju ke lantai 2 yang dicapai dengan menggunakan lift atau tangga. Di lantai ini terbagi menjadi 3 zona yaitu :

1. Zona Baca; Di area ini tersedia buku-buku anak baik lokal maupun impor, dari bayi hingga anak usia sekolah. Pengunjung bebas meminjamnya untuk baca ditempat maupun dibawa pulang. Jika ingin meminjam buku untuk dibawa kerumah maka kamu wajib membuat kartu peminjam dengan memberikan identitas KTP (orangtua) dan fasilitas ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Maksimal peminjaman selama 2 minggu, jika melebihi waktu yang ditentukan maka pihak perpustakaan tidak memberikan denda melainkan dilarang meminjam buku lainnya selama kurun waktu 2 minggu.

20151002_120543

2. Zona Permainan Edukatif; di area ini anak-anak bebas bermain dengan ragam mainan yang super lengkap dan rata-rata berbahan kayu aman, seperti puzzle, figurine sampai mainan pretend play juga ada. Persediaan mainannya pun masih banyak yang terpajang rapih di lemari kaca. Jangan lupa beritahukan kepada anak untuk segera membereskan mainannya setelah digunakan karena area ini sangat rentan dengan mainan yang berserakan dimana-mana.

20151002_102652

20151002_103436

3. Zona Playground; Disini anak-anak sudah pasti bebas main berlarian. Cukup banyak mainan yang tersedia di area playground ini antara lain perosotan, jungkat-jungkit, mandi bola, terowongan bangunan serta berbagai macam transportasi mini yang bisa dikendaraai oleh anak-anak seperti mobil, motor, sepeda hingga mini scooter. Riyadh lebih banyak menghabiskan waktu di area ini sembari sesekali kami pantau dari jauh. Usia anak yang diperbolehkan masuk playground sebenarnya dibawah 5 tahun tetapi sayangnya masih banyak pengunjung yang tidak patuh dengan aturan tersebut. Area playground ini memang terasa lebih panas dibandingkan area lainnya hal tersebut bertujuan agar metabolisme anak menjadi lancar saat bermain mengeluarkan keringat.

20151002_103551.jpg

20151002_104302

Gambaran keseluruhan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan daerah DKI Jakarta ini antara lain; ruang pameran di lantai 1, perpustakaan anak dan playground di lantai 2, perpustakaan umum, musholla, toilet dan nursing room di lantai 3. Semuanya masih terjaga kebersihan dan kerapihannya sejak tempat ini dibuka pada Maret 2015 yang lalu.

Jam Operasional :

Senin-Jumat 08.00-20.00 WIB

Sabtu-Minggu 08.00-18.00 WIB

.

Alamat Perpustakaan Daerah DKI Jakarta

kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM)

Jl Raya Cikini, Jakarta Pusat, tepat di samping Planetarium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s