Wisata Alam The Lodge Maribaya Bandung

“Bandung emang nggak ada habisnya!” Begitu kira-kira ungkapan yang cocok untuk kota kembang ini. Keberhasilannya menjadi magnet bagi para wisatawan sudah tidak diragukan lagi. Rasanya ini jadi salah satu alasan untuk kami masih betah berlama-lama tinggal di kota ini. I feel like “Holiday is everyday” πŸ˜€

Beberapa waktu lalu kami kedatangan teman dari Jakarta yang sedang liburan di Bandung. Kami sepakat untuk janjian di The Lodge Maribaya sesuai dengan rekomendasi… Kami! hehe, yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata paling hits dikalangan anak muda πŸ˜€

Kami melalui jalur Dago sedangkan mereka dari arah Lembang karena mengambil penginapan disana. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber di media sosial, pengunjung tidak disarankan untuk menempuh jalur dago karena jalannya yang berbelok dan terjal, namun ternyata sebaliknya, setelah mengalaminya sendiri kami lebih memilih untuk menyarankan lewat jalur ini. Alasan utamanya adalah menghindari kemacetan di daerah Lembang terutama akhir pekan serta memperpendek jarak tempuh jika berangkat dari arah Bandung kota. Kalau dibandingkan dengan jalur menuju Tebing Keraton saat kami kunjungan kesana, The Lodge Maribaya masih dirasa manusiawi.

DSC_0680

The Lodge Maribaya sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2006 yang lalu tetapi hanya dijadikan area perkemahaan private yang tidak bisa dimasuki pengunjung reguler seperti sekarang. Barulah pada Januari 2016 kemarin tempat ini terbuka untuk umum dan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Jika kamu ingin berkunjung pagi hari, kami sarankan datanglah sepagi mungkin karena area parkir sangat terbatas. Kemarin kami sampai sekitar jam 9 pagi dan masih aman untuk memilih tempat, sedangkan teman yang sampai di lokasi diatas jam 10 harus rela memarkir mobilnya di area bawah menuju jalan keluar dari tempat wisata.

DSC_0671

IMG_0022
Loket tiket
DSC_0681.JPG
Area parkir mobil
DSC_0673
Area parkir motor

Banyak yang membandingkan tempat ini dengan Tebing Keraton yang berada di desa Ciburial Bandung (klik disini untuk cerita lengkap saat kunjungan kami ke Tebing Keraton), misalnya objek wisata utama berupa pemandangan hutan pinus dari ketinggian serta pohon-pohon rindang yang mudah ditemukan di tempat wisata. Namun perbedaannya adalah The Lodge Maribaya menawarkan berbagai fasilitas permainan outdoor serta area berkemah yang menarik untuk dicoba.

Baca juga tentang kunjungan ke Puncak Bintang, Bukit Moko Bandung

Terdapat sedikitnya 3 permainan yang pengunjung bisa rasakan, diantaranya Sky Tree, Sky Swing dan Sky Bike. Tiket permainan tersebut bisa didapatkan di Warung Sunset yang berada dibawah bukit.

IMG_0008

Sky Tree

Permainan ini sudah dibuka sejak Maret 2016. Pengunjung terlebih dahulu menggunakan sabuk pengaman untuk dapat naik ke atas pohon melalui tangga bambu. Percayalah pemandangan dari sini sungguh luar biasa bagusnya πŸ™‚ Maksimalkan waktu foto saat berada diatas, karena sesuangguhnya antrian dibawah sudah cukup menyita waktu. Harga tiket yang dikenakan Rp. 10.000 per orang untuk sekali naik. Pengunjung dapat naik bersama-sama maksimal 2 orang dengan syarat minimal usia 15 tahun. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa Ry dititip di bawah saat umi abinya seolah sedang pengambilan foto pre wedding πŸ˜›

DSC_0796

DSC_0789

DSC_0803

Sky Swing

Permainan ini baru dibuka pada Juni 2016 kemarin. Harga yang ditawarkan Rp. 15.000 untuk sekali naik dalam beberapa kali ayunan. Pengunjung akan diputar dan sedikit diayun saat berada diatas. Kebayang usaha petugas untuk menggerakkan kayu besar yang dihasilkan dari tenaga manusia itu. Ayunan ini maksimal dinaiki oleh 1 orang saja.

IMG_0002

IMG_9999

Sky Bike (Zip Bike)

Sky bike atau biasa yang disebut zip bike juga permaianan yang baru ada sejak Juni 2016 kemarin. Untuk harga promo pengunjung dikenakan biaya Rp. 20.000 saja. Disini kamu akan merasakan bersepeda diatas seuntai tali seperti (katanya) berjalan diatas awan. Cocok buat yang hobi memicu adrenalin πŸ˜€

CYMERA_20160807_074256 (1)

Jika tidak mengambil pilihan permainan karena beberapa alasan, tidak perlu khawatir karena disini banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati secara gratis. Pengunjung bisa foto-foto diatas dan dibawah tebing serta duduk-duduk santai di lapangan hijau.

IMG_9983.JPG

DSC_0699

​​

Selain menawarkan pemandangan indah dari hijaunya hutan pinus, disini juga tersedia beberapa tempat makan diantaranya The Pines Cafe, Dapur Hawu dan Pojok Soerabi

​​

​

The Pines Cafe

​

Dapur Hawu

​

Pojok Soerabi

​

Terakhir, karena tempat wisata ini sejak awal menawarkan kegiatan berkemah maka fasilitas tersebut masih tetap ada yang biasa dinamakan glamping atau glamour camping. Wisatawan dapat merasakan sensasi camping tanpa khawatir cara berkemah dengan baik, karena mereka sudah menyediakan fasilitas yang lengkap seperti kasur, bantal, selimut, perlengkapan mandi bahkan colokan listrik. Ya, seperti layaknya di hotel, hanya berbeda pada pendingin ruangannya saja πŸ˜€

Saat ini The Lodge Maribaya memiliki 25 buah tenda dengan kapasitas 2-3 orang dewasa. Untuk fasilitas toilet tersedia di beberapa titik yang mudah dijangkau. Area glamping ini dibatasi oleh pagar yang hanya digunakan untuk private oleh perorangan atau kelompok sehingga pengunjung umum tidak bisa sembarang masuk.

Informasi ketentuan glamping bisa dilihat disini

Private House Camping

​

​​​​

Tips Wisata ke The Lodge Maribaya Bandung

β€’ Datang sepagi mungkin untuk mendapatkan posisi parkir yang nyaman serta menghindari peningkatan pengunjung yang semakin bertambah menjelang siang hari.

β€’ Utamakan naik permainan dahulu sebelum duduk santai menikmati pemandangan, karena semakin siang antrian permainan semakin panjang.

β€’ Gunakan alas kaki anti slip karena kontur yang naik turun dan permukaan tidak rata.

β€’ Hindari kunjungan saat atau setelah hujan turun karena selain permukaan jalan yang licin dan juga seluruh permainan akan ditutup.

β€’ Jika ingin berfoto saat naik permainan sebaiknya ada tandem (teman atau kerabat) yang bergantian untuk mengambil foto karena disini tidak tersedia jasa tukang foto.

β€’ Jangan lupa untuk menukar tiket masuk dengan 1 botol air mineral yang dapat diambil di Warung Sunset.​​

Bersama onty Chika dan om Iwam

***

Alamat The Lodge Maribaya
Jl. Maribaya Timur Km. 6 No. 149
Cibodas, Lembang,Bandung
Telp : 022 2536110

Jam Operasional :
09.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk :
* termasuk air mineral
Senin-Jumat Rp. 15.000
Sabtu-Minggu Rp 25.000
Libur Nasional Rp. 35.000

Β 

:: 31 Juli 2016 ::

32 comments

  1. Mbaa,mau nanya…itu pas naik sky swing emg gaada jasa tukang fotonya yah?berarti harus keluarga gitu yg fotoin?wkwk kan kadang kalo sama keluarga fotonya suka jelekπŸ˜‚..kan kalo tukang foto suka bagus

    Like

  2. mbaa mau tanya dong,, itu pas di sky tree difotoin photographer yg ada disana ya ? kena berapa sih mba harganya ?

    Like

  3. Assalamualaikum kak . Info nya kak kalo kesana naik kereta bisa gak yaa?
    Sama satu lagi Tempat stasiun keretanya jauh gak dari tempat wisatanya . Terimakasih mohon infonya nya yaa kak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s