Tumbuh Kembang Anak Usia 18 Bulan

09 Maret 2016

image

Belum lama ini tepat usia Riyadh 1,5 tahun. Tidak ada yang spesial hanya saja semacam reminder bagi umi untuk cek daftar tumbuh kembangnya dalam setahun terakhir. Maklum selama ini milestone Riyadh seolah mengalir begitu saja alias tanpa catatan apapun dengan hanya bermodalkan buku pegangan rumah sakit dan posyandu atau sesekali membandingkannya melalui browsing internet jika diperlukan.

Agar konsisten dan lebih mudah memantaunya InsyaAllah umi akan mulai membuat data khusus tumbuh kembang Riyadh dan mencatatnya di blog πŸ˜€ Semangatt !

Perkembangan Bahasa :

Berdasarkan beberapa literatur yang pernah dibaca, kosakata anak usia 18-24 bulan sebanyak 6-50 kata. Alhamdulillah Riyadh masih dalam batas aman.

abi / a(u)mi / ai(r)y / abis / kaki / jatu(h) / adu(h) / cica(k) / gaja(h) / pipi / mimi (minum) / adu(h) / (s)atu / (d)ua / (ti)ga / ayan (adzan) / an(d)ung / mba(h) / dll

Pada dasarnya orangtua jangan lantas khawatir jika perkembangan si kecil tidak sesuai dengan data literatur yang ada. Karena pada hakikatnya tumbuh kembang setiap anak dapat berbeda-beda. Pembendaharaan kata yang dimilikinya pun berbeda, hal tersebut tergantung dari lingkungan dan stimulasi orang disekitarnya. Selalu lakukan observasi terhadap anak dan catat jika diperlukan.

“Every toddler learns different sounds at different stages”~ unknown

Perkembangan Non Bahasa :

Untuk perkembangan non bahasa, beberapa literatur biasanya membaginya berdasarkan kemampuan motorik kasar, motorik halus dan hubungan sosialnya. Namun disini saya akan merangkum poin apa saja yang belakangan ini menonjol pada perkembangan Riyadh.

β€’ Mulai paham dengan instruksi

Riyadh sudah enak untuk disuruh yang ringan-ringan seperti ambil barang yang posisinya sudah dihapal misal ambil gelas, sajadah, remote tv dsb atau benda yang berada dekat dengannya misal masukan mainan ke dalam box, tutup pintu, dorong kursi dsb.

β€’ Mulai mengenal anggota tubuh

Riyadh sudah bisa menunjuk dan menjawab beberapa anggota tubuh yang dia ingat antara lain kepala, rambut, pipi, kuping, tangan dan kaki. Selebihnya baru dijawab selewat saja πŸ˜€

β€’ Mulai meniru perilaku orang atau lingkungan disekitar

Saat mendengar adzan, Riyadh biasanya langsung nyeletuk “ayan” dan otomatis ambil posisi sujud, tingkah ini bikin umi abinya geli πŸ˜€ Seringkali juga ketika melihat kami selesai berwudhu, Riyadh langsung inisiatif ambil sajadah dan memberikannya ke tangan kami πŸ˜€

β€’ Mulai peka dengan perasaan orang disekitar

Riyadh sudah bisa diajak kompromi saat umi bilang sayang, sakit dan sedih. Misal ketika kami bilang sayang dia akan membelai rambut orang tersebut dan kadang langsung mencium dan memeluknya. Riyadh akan membelai pipi kita saat dia sadar sudah reflek memukul orang lain ketika marah tanda dia menyesal.

β€’ Motorik kasarnya makin terasah

Riyadh termasuk anak yang kemampuan motoriknya agak terdepan dibandingkan kemampuan lainnya seperti bahasa dan kognitif. Di usianya sekitar 5-6 bulan Riyadh sudah mulai bisa duduk sendiri, 6-9 bulan sudah merangkak dan tepat di usia 10 bulan sudah mulai berjalan. Alhamdulillah sehingga tidak heran perkembangan motorik kasar lainnya seperti jalan mundur, naik turun tangga, memanjat, melompat dan berlari bisa dibilang masuk kategori akselerasi πŸ˜›

Berikut tabel tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun.

image

Disclaimer:

Artikel ini hanya sebagai catatan pribadi tumbuh kembang Riyadh yang berusia 18 bulan. Setiap anak memiliki tahapan dan perkembangan yang berbeda-beda. Rangkuman tersebut dapat dijadikan referensi namun untuk lebih tepatnya silahkan membandingkannya dengan tabel yang tersedia di atas.

Life isn’t a matter of milestones but of moments” ~ Rose Kennedy

http://www.jendelakeluarga.com

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s