#TMevent6 : Attractive Science “Mengenal Sains dengan Cara yang Menyenangkan”

img-20170126-wa0026

Hallo sahabat Teman Main.. Ada yang suka penasaran nggak kenapa rambut bisa berdiri jika didekatkan dengan telapak tangan? apa perbedaan cermin cekung dan cembung? bagaimana cara kerja persneling pada mobil? dan sebagainya.

Nah dalam field trip Teman Main kali ini, sahabat semua akan diajak mencari jawaban atas rasa penasaran tersebut, dimana pertanyaan yang muncul biasanya sederhana tetapi terkadang malah sulit untuk menjawabnya 😀

Yes, Teman Main mengajak seluruh peserta untuk mengenal dunia sains dengan cara yang menyenangkan, salah satunya melalui kunjungan ke Sabuga Science Center yang berada di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung. Mau tahu apa saja aktivitasnya? 🙂


Seperti biasa pada saat hari H, sahabat Teman Main yang sudah terdaftar dalam acara  ini akan melakukan registrasi ulang. Setiap peserta mendapatkan Pin nama khas Teman Main dan snack sehat. Kemudian peserta berkumpul untuk naik ke lantai 4 dimana science center berada.

dsc_0324
Siap naik lift ke lantai 4

Beginilah suasana di dalam galeri Sabuga Science Center. Ada banyak alat peraga sains yang dapat digunakan oleh seluruh peserta. Sahabat Teman Main dapat bertanya terkait cara kerja alat peraga kepada 3 petugas Science Center yang mendampingi selama acara.

DSC_0340.JPG

dsc_0335

dsc_0336

dsc_0344

dsc_0328

dsc_0367

 

dsc_0394

dsc_0387

dsc_0327

This slideshow requires JavaScript.

Ini beberapa alat peraga berikut penjelasan singkatnya.

Magnicam, adalah alat kerja seperti mikroskop yang dapat melihat suatu objek berukuran kecil bahkan mikroskopis seperti lapisan kulit dan rambut.

IMG_20170218_120742.jpg

Trace The Star, mengikuti pola bintang pada cermin dengan menggunakan jari. Aktivitas ini melatih koordinasi tangan dan mata.

IMG_20170218_120733.jpg

Viscosity Race, melihat perbedaan bola-bola yang berada di dalam tabung berisi cairan berbeda dengan berat yang sama tetapi jatuh dengan kecepatan yang berbeda. Hal tersebut karena setiap cairan mempunyai kecepatan dan kekentalan berbeda. Cairan lebih kental akan menahan gerakan bola lebih kuat sehingga kecepatan jatuh bola lebih rendah.

IMG_20170218_120722.jpg

Bottled Lightning, di dalam bola kaca ini terdapat magnet yang dialiri dengan listrik. Jika telapak tangan kita didekatkan dengan kaca tersebut maka akan terlihat tegangan listik yang dialiri dari tangan kita kearah bola magnet didalamnya.

IMG_20170218_120706.jpg

Angular Momentum, jika kita berdiri diatas piringan kemudian berputar dengan menggerakkan kaki dan mengangkat satu kaki kearah samping, maka outaran tersebut otomatis akan menjadi lambat. Hal itu karena perubahan jari-jari massa berubah dari pusat massa dimana yang bertindak menjadi pusat massa adalah tubuh kita.

IMG_20170218_120640.jpg

Dan masih banyak alat peraga seru lainnya yang dirancang menarik untuk semua kalangan dan usia.

0.jpg

img_20170218_120848

Setelah puas eksplorasi seluruh alat peraga sains, sahabat Teman Main diajak nonton film 4 dimensi “4 Season” yang berada di dalam teater dome. Ruangannya keren, layar dimana film diputar bukan berada di posisi depan seperti saat nonton di bioskop pada umumnya, tetapi yang ini berbentuk kubah di langit-langit teater. Totally fun!

dsc_0420

dsc_0423

Sayangnya selama fim berlangsung, seluruh pengunjung dilarang untuk melakukan pengambilan foto maupun video. Jadi silakan tanyakan keseruan film tersebut kepada sahabat Teman Main yang ikutan ya 🙂


Selesai seluruh aktivitas dilakukan, kini saatnya bagi-bagi doorprize dan foto bersama dengan seluruh peserta acara. Asiikk..

Ini dia peserta yang beruntung mendapatkan hadiah buku edukasi anak yang menarik dari sponsorship @bukuanakbatita. Horeee.. Selamat kepada para pemenang 🙂 🙂

Sebagai penutup acara, foto bersama ini menjadi akhir dari keseruan #TMevent6 yang berdurasi kurang lebih 2,5 jam.

Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada semua pihak yang menjadi bagian dalam acara Teman Main. Terutama kepada seluruh sahabat Teman Main serta mamapapa yang setia mendampingi putera puterinya bermain sambil belajar di acara ini. Semoga semua senang 🙂

Sampai bertemu lagi ya di field trip Teman Main berikutnya..

img_20170219_125016_0371

***

:: 18 Februari 2017 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s