KRAKAKOA: Cokelat Asli Indonesia Kelas Dunia

KRAKAKOA Cokelat Asli Indonesia yang Mampu Bersaing di Mancanegara

krakakoa produk coklat indonesia

jendelakeluarga.com – Siapa disini yang suka panganan cokelat? Ahh.. siapa sih yang tak kuasa menahan es krim cokelat yang menggoda di saat matahari sedang teriknya, menikmati segelas susu cokelat hangat sebagai sahabat setia dikala mengerjakan tugas, serta brownies atau cokleat batangan yang dikudap sambil menonton film favorit di waktu senggang.

Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Sumber: Wikipedia

Rasanya berbagai aktivitas yang disebutkan tadi sudah sangat familiar ya dalam kehidupan kita sehari-hari? Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya sensasi rasa dan aroma cokelat yang dihasilkan dari berbagai jenis makanan tersebut berasal dari tanaman yang juga tumbuh di Indonesia, yaitu biji cokelat atau biji kakao.

Biji kakao atau biji cokelat adalah biji buah pohon kakao yang telah melalui proses fermentasi dan pengeringan dan siap diolah. Biji kakao merupakan bahan dasar dari pembuatan cokelat dan masakan tradisional Mesoamerika seperti tejate. Buah kakao memiliki kulit yang tebal, sekitar 3 cm. Sumber: Wikipedia

Beberapa jenis cokelat yang wajib kamu tahu :

1. Cocoa Powder

Sesuai namanya cokelat ini berbentuk bubuk cokelat dan terbuat dari cocoa asli. Biasanya Cocoa powder alami berwarna cokelat muda dengan rasa cokelat yang kuat namun sedikit asam. Jenis cokelat ini biasanya digunakan sebagai baking powder dalam pembuatan kue.

2. Unsweetened Chocolate

Seperti namanya cokelat jenis ini tidak mengandung pemanis buatan ataupun pemanis alami, sehingga jenis ini sangat mempertahankan cita rasa cokelat yang sedikit pahit. Unsweetened chocolate biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat, misal coklat putih.

3. Milk Chocolate 

Jenis cokelat yang satu ini merupakan yang paling terkenal di seluruh dunia. Yes, apalagi kalau bukan milk chocolate. Sesuai namanya, sudah tentu jenis cokelat ini mengandung tambahan susu di dalamnya disamping adanya tambahan minyak nabati, gula, dan vanila. Biasanya tersedia dalam bentuk chocolate bar yang sering dijadikan camilan.

4. Semi-Sweet Chocolate

Cokelat jenis ini mengandung lemak cokelat serta adanya tambahan gula dalam jumlah sedikit sehingga memberikan cita rasa manis dan pahit. Semi-sweet chocolate juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue atau dessert. Biasanya cokelat jenis ini sering dijadikan hadiah kejutan untuk orang yang spesial atau saat adanya suatu perayaan.

5. Dark Chocolate

Mengandung kadar pasta cokelat yang tinggi dengan 90% warna hitam yang dihasilkan berasal dari kandungan pasta cokelat itu sendiri. Rasa yang dihasilkan tentu saja pahit. namun cokelat jenis ini sering kali dikonsumsi karena dipercaya dapat memberikan efek positif pada kesehatan misalnya meningkatkan mood dan menghasilkan energi.

6. Couverture Chocolate

Berdasarkan asal katanya couverture berarti melapisi yang berasal dari kata Perancis, sehingga tidak heran jenis cokelat ini lebih sering digunakan sebagai bahan dasar untuk melapisi kue, dessert, dan pembuatan kreasi makanan lainnya. Konon Couverture memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan cokelat jenis lain. Coklat jenis ini dapat ditemukan dalam bentuk bittersweet, semisweet, dan white chocolate.

Belum lama ini saya berkenalan dengan makanan ringan favorit yang menjadi teman setia saya selama beraktivitas, namanya KRAKAKOA. Siapa yang pernah mendengar sebelumnya? Saya pun cukup menyesal baru mengetahui ada snack enak dan sehat  asal Indonesia seperti ini. Padahal KRAKAKOA sudah ada sejak tahun 2013 lho dan awalnya bernama Kakoa dan berganti nama menjadi Krakakoa di akhir tahun 2016.

krakakoa biji coklat asli indonesia

Coba deh kamu lihat kemasannya, kece kan? waktu kali pertama lihat, saya pikir KRAKAOA adalah produk asal luar negeri. Dan senangnya begitu tahu ternyata produk  ini the real indonesian chocolate yang diproduksi oleh PT.  Aneka Coklat Kakao asal Bandar Lampung, Sumatera.

krakakoa coklat asli indonesia

Alhamdulillah saya pun berkesempatan mencoba 2 varian dari beberapa yang dimiliki KRAKAKOA, yaitu Coconut & Cashew dan Mixed Spices.

Untuk KRAKAKOA Coconut & Cashew (mempunyai komposisi berupa Biji kakao, Gula tebu, Kelapa, Kacang mete, Gula kelapa, Jeruk nipis, Garam dan Soda kue. Memiliki rasa manis bercampur sedikit pahit dari cokelat aslinya serta renyah di mulut. Kayaknya chocolate bark ini seru juga untuk dijadikan topping kue ulangtahun atau acara seru lainnya.

Sedangkan KRAKAKOA Mixed Spices memiliki komposisi berupa Biji kakao, Gula tebu, Gula kelapa, Jeruk nipis, Kayu manis, Jahe, Biji pala, Cengkeh dan Soda kue. Rasanya lebih dominan ada pada kelapa namun tetap bercampur dengan cokelat yang manis. Teksturnya juga unik dibuat kasar sehingga setiap gigitan terasa sensasi kelapa dan berbagai campurannya.

krakakoa coklat asli indonesia 2

Karena rasanya yang enak, unik dan tentunya sehat, saya pun penasaran mencari tahu lebih jauh tentang KRAKAKOA ini. Ternyata mereka baru saja menyabet penghargaan bergengsi dalam ajang Academy of Chocolate (AOC) Awards di Inggris tahun 2017 lalu. Keren banget ya!

  • Packaging category: Krakakoa Limited Edition Single Origin Gift, Silver Award
  • Tree to Bar category: Krakakoa 75% Single Origin Saludengen and Krakakoa 70%, Silver and Bronze Award
  • Flavoured Milk Chocolate Bar category: Krakakoa Dark Milk Chocolate Ginger and Krakakoa Dark Milk Chocolate Creamy Coffee, Bronze Award
  • Flavoured Dark Chocolate Bar category: Krakakoa Dark Chocolate Sea Salt & Pepper gained the Bronze Award.

(Sumber: http://www.krakakoa.com)

Indonesia sebagai tiga besar negara penghasil cokelat terbesar di dunia bersama Swiss dan Belgia rasanya patut bangga karena KRAKAKOA hadir untuk melahirkan produk cokelat berkualitas yang dapat mengharumkan nama bangsa. KRAKAKOA menghasilkan panganan cokelat asli dengan proses yang dilalui dari awal dimana biji kakao itu ditanam (farmer to bar) hingga dapat diproduksi dengan kualitas premium.

krakakoa cokelat indonesia kelas dunia
Dapat dipesan di http://www.krakakoa.com seharga Rp. 60.000 per bungkus

Sehingga dengan hadirnya produk cokelat asli Indonesia KRAKAKOA, kita tidak perlu lagi membelinya jauh-jauh ke Amerika, Swiss, Belgia atau negara lainnya karena  kualitas produk panganan KRAKAKOA sudah diakui dan bertaraf internasional.

www.krakakoa.com
Instagram: @krakakoa

 

***

10 comments

  1. Senang nih sebagai pencinta cokelat bisa sepuasnya dapat cokelat berkualitas kelas internasional produk lokal. Pasti bakal banyak yang nyerbu…

    Salam
    Okti Li

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s