Kerja Sama Strategis Sinar Mas Land dan Grab

Kerja Sama Strategis Sinar Mas Land dan Grab Guna Menciptakan Integrated Smart Digital City Pertama di Indonesia

MOU SIGNING CEREMONY SINAR MAD LAND DAN GRAB

jendelakeluarga.com – Bagi masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan nama Sinar Mas Land, sebuah perusahaan pengembang properti di Indonesia yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun di bidangnya. Ada salah satu kota mandiri yang dibangun oleh Sinar Mas Land yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal saya saat ini yaitu Bumi Serpong Damai (BSD City), dimana kawasan tersebut merupakan salah satu proyek pelopor pengembangan konsep perumahan kluster (concept clustered residential) di kelasnya saat itu.

Untuk memperkuat posisi BSD City sebagai the integrated smart digital city pertama di Indonesia, maka beberapa hari lalu (4/3) Sinar Mas Land mengadakan MoU Signing Ceremony dengan Grab Indonesia melalui konsep kerja sama yang berfokus pada pengembangan tekhnologi.

Dalam acara tersebut turut hadir Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) dan Anthony Tan (Group CEO & Co-founder Grab) dengan lokasi penandatangan kerja sama di ICE BSD City, Tangerang.

Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) menjelaskan, “Sebagai pengembang kota, BSD City berusaha menghadirkan inovasi untuk kehidupan manusia yang lebih baik sebagai tujuan utama dalam setiap proyek yang dibangun. Saat ini Sinar Mas Land sudah melakukan inovasi dengan membangun sistem transportasi yang terintegrasi serta mengembangkan tekhnologi yang diperlukan guna melengkapi fasilitas publik di kota ini.”

Anthony Tan (Group CEO & Co-founder Grab) menuturkan bahwa “Sangat senang dapat bermitra dengan Sinar Mas Land untuk mempromosikan transportasi umum sebagai suatu gaya hidup di Indonesia, terutama BSD City. Selain itu juga membantu meningkatkan kewirausahaan digital di kawasan BSD City.”

mou kerjasama sinar mas land dan grab indonesia
Penandatangan MoU Sinar Mas Land x Grab Indonesia

Sejalan dengan pengembangan the integrated smart digital city untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari, BSD City merupakan lahan yang ideal bagi perusahaan Grab untuk menawarkan layanan terbaru yang dapat memenuhi harapan masyarakat khususnya penghuni BSD City.

Oleh karenanya Sinar Mas Land menggandeng Grab dengan bangga mengumumkan bahwa akan membangun Grab Innovation and Engineering Lab sebagai pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City. Dimana proyek ini akan memanfaatkan tekhnologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi  yang cerdas dan tertata melalui tiga rencana proyek kerjasama inovatif antara Sinar Mas Land dan Grab Indonesia :

  1. Menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukantitik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat.
  2. Melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.
  3. Melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City.

Selain itu kabar gembira lainnya dimana Grab nantinya akan menyelenggarakan program Grab Ventures Velocity di BSD City, yaitu sebuah program akselerasi para start up akan diberikan serangkaian sesi pelatihan dan mentoring untuk meningkatkan bisnis mereka. Untuk start up terpilih nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab. Menarik? siapa yang mau daftar? J

Terkahir yang tidak kalah menariknya, kali ini khusus untuk para pelaku UKM berbasis kuliner di kawasan BSD City, Sinar Mas Land dan Grab akan mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendirikan Dapur Satelit yang disebut Kitchen by GrabFood. Program ini nantinya akan mendekatkan menu andalan para merchant lokal dengan penikmat kuliner di kawasan BSD City melalui pemanfaatan tekhnologi Grab. Untuk saat ini Grab Food sendiri telah hadir di 178 kota di Indonesia dengan pengiriman makanan  maupun merchant GrabFood telah meningkat 8 kali lipat sejak Januari 2018 hingga Januari 2019.

Untuk menunjang program tersebut, BSD City sebagai pionir the integrated smart digital city telah mengembangkan insfrastruktur dan fasilitas digital guna mendukung keberlangsungan dan kenyamanan kehidupan warganya. Transformasi tersebut sudah dimulai dengan pengembangan kawasan Digital Hub sebagai ekosistem digital. Kawasan ini dipersiapkan menjadi kawasan “Silicon Valley” Indonesia yang dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan tekhnologi dan digital nantinya.

Gimana tertarik untuk join dalam program-program mereka? Saya pun tidak sabar menantikannya.

mou signing ceremony sinar mas land dan grab.JPG

:: 04 Maret 2019 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s