Yuk Keliling Jakarta Naik Bus Wisata

jendelakeluarga.com – Alhamdulillah akhir pekan lalu Ry dapat pengalaman berharga yang bikin dia happy berat.

Jam 4 subuh kami bangun untuk siap-siap playdate TEMAN MAIN di Museum BI Jakarta. Iya memang si anak aktif satu ini kalau mau jalan selalu juara bangun paginya, apalagi diinfo bakal naik bus tingkat dari malam sebelumnya. Jangan ditanya deh kalau hari-hari biasa, beh bangun siangnya suka kebangetan.

Sekitar jam 7 pagi kami pun berangkat menggunakan TransJakarta dari Halte Palem Semi Tangerang menuju Kota. Well, kami pikir Sabtu pagi bisa lebih sepi dari biasanya eh ternyata antriannya lumayan juga. Anggap saja memaknai seni berkendaraan umum ibukota, yes! Tapi tenang, buat yang bawa anak kecil kayak saya dijamin dapat kursi prioritas lah 😀 Alhamdulillah..

bus transjakarta lebih baik

IMG_20180407_081542

IMG_20180407_081909

Kami sampai di Museum BI Jakarta sekitar jam 9.05 WIB. Cukup ideal untuk acara yang baru dimulai jam 10 pagi. Btw, buat teman-teman domisili Jakarta, Tangerang sampai Bandung dan sekitarnya coba intip deh instagram @temanmainid buat dapetin jadwal playdate terbarunya. Seruuu!

Baca : Keseruan Field Trip ke Museum Bank Indonesia Jakarta Bersama TEMAN MAIN

Singkat cerita acara selesai sekitar jam 1 siang. Sesuai janji yang sudah disepakati bersama kami lanjut berpetualang naik Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer.  Rencana awal kami yang hanya berdua saja ternyata menjadi bertambah dengan Richie, Khiar, Shannon, Asyraf dan Birru yang excited mau ikutan juga, asikk makin rame makin seru!

Oh ya, bus wisata Jakarta ini dikenal juga dengan sebutan Mpok Siti, hihi. Semua armadanya dikelola oleh PT. Transportasi Jakarta yang saat ini berjumlah 18 bus tingkat. Fasilitas publik yang disediakan gratis oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini dikhususkan untuk berwisata keliling Jakarta terutama ke tempat-tempat ikonik di sepanjang ibukota.

Dulu zaman saya kecil sekitar tahun 90-an, bus tingkat sempat eksis beroperasi sebagai angkutan umum lho, namun kini sudah beralih fungsi menjadi bus wisata yang kece dan tentunya dengan tampilan yang lebih OkeOce 😀 Senangnya bus tingkat Jakarta kini menjelma menjadi bus wisata favorit masyarakat khususnya warga ibukota.

city tour bus mpok siti jakarta

Untuk dapat naik bus tingkat tak berbayar alias gratis ini, kamu cukup menunggunya di halte yang bergambar bus tingkat City Tour. Tidak perlu menunggu lama dengan jeda sekisar 15-20 menit tergantung kemacetan ibukota, hehe. Berikut beberapa halte yang tersedia; Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, Pasar Baru, Pecenongan dan Sarinah.

Dan ini Peta Rute Bus Wisata #JakartaExplorer yang diambil dari website resmi www.transjakarta.co.id, silakan disimpan∼

BW = Bus Wisata
BW1..2..3 dst

BW-1-3

BW1 : Sejarah Jakarta (History of Jakarta)
Senin-Sabtu 10.00-18.00 WIB
Minggu 12.00-19.00 WIB

BW-2-1

BW2 : Jakarta Baru (Jakarta Modern)
Senin-Sabtu 10.00-18.00 WIB
Minggu 12.00-19.00 WIB

BW-3-2

BW3 : Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)
Sabtu 18.00-23.00 WIB

BW-4-2

BW4 : Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)
Senin-Sabtu 10.00-18.00 WIB
Minggu 12.00-19.00 WIB

BW-5-2

BW5 : Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)
Senin-Jumat 10.00-18.00 WIB
Sabtu 10.00-23.00 WIB
Minggu 12.00-19.00 WIB

BW-6-2

BW6 : Cagar Budaya (Jakarta Heritage)
Sabtu-Minggu 13.00-21.00 WIB

Daftar halte yang beroperasi setiap harinya :

Rute 1: Hari Senin – Jumat (9 halte)
Halte Bundaran (HI) Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte Pecenongan – Halte Pasar Baru – Halte Masjid Istiqlal – Halte Monas 1 – Halte Monas 2 – Halte Balai Kota – Halte Sarinah.
Rute 2: Hari Sabtu – Minggu (5 halte)
Halte Bundaran (HI) Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte GKJ Sarinah – Halte Masjid Istiqlal (Monas 1), Halte Balai Kota (Monas 2)

IMG_20180407_140823

Waktu itu kami naik dari Gedung BNI 46 yang berada di Kota Tua, tanpa peduli itu BW berapa yang penting naik bus tingkat 😀 Ternyata bus yang kami naiki BW1 dengan rute Kota Tua hingga pemberhentian akhir di Masjid Raya Istiqlal. Bus wisata Jakarta ini tidak akan berhenti di setiap halte TransJakarta pada umumnya yaa, penumpang hanya diperbolehkan turun jika sudah sampai di tujuan akhir pemberhentian.

Kabarnya setiap akhir pekan seperti kami kemarin jumlah penumpangnya jauh lebih banyak dibandingkan hari kerja biasa. Lucunya khusus di akhir pekan bus wisata jakarta baru akan jalan jika kursi penumpang sudah penuh terisi macem angkutan kota 😛 Well, yang penting anak happy, yesBtw, perempuan yang berdiri memakai seragam orange adalah salah satu petugas bus wisata Jakarta. Beliau tour guide kami yang bertugas menjelaskan spot-spot bersejarah yang dilalui selama bus berkeliling ibukota.

Bus wisata Masjid Istiqlal
Masjid Raya Istiqlal Jakarta

Gimana, penasaran keliling ibukota gratis naik bus tingkat bersama tour guide nya? Jangan lupa duduk di lantai atas ya, panas sedikit yang penting puas. Yuk, ajak keluarga naik Bus Wisata Jakarta.

***

:: 7 April 2018 ::

9 comments

  1. Tiap ke Perpusnas, SID minta naik bus tingkat dari Balai Kota. Hari biasa sih enak, ga Pakai antri. Kalau weekend, ampun deh. Sejam sebelum aja udah antre.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s