Ternyata Wanita Wajib Punya Mesin Jahit Portable

Bukan Cuma Ibu-Ibu, Semua Wanita Wajib Punya Mesin Jahit Portable

jendelakeluarga.com – Bagi sebagian kaum hawa kegiatan jahit menjahit menjadi aktivitas yang cukup sering dijumpai sehari-hari. Bukan, bukan karena mereka hobi tapi lebih pada aktivitas solutif ketika dibutuhkan. Sebut saja saat kancing seragam anak lepas akan ada seorang ibu yang cepat tanggap memperbaikinya menggunakan peralatan seadanya di rumah. Lain hari ada seorang wanita single akan berangkat ke kantor tiba-tiba lengan baju yang digunakannya sobek. Akan sulit rasanya ketika kejadian tersebut menimpa kita harus mencari-cari jasa tukang jahit yang belum tentu berada di sekitar rumah.

Salah satu solusi yang paling bijak adalah memiliki sendiri peralatan jahit di rumah. Dari sekian banyak peralatan jahit yang umum digunakan, ada satu yang menurut saya recommended untuk dimiliki dalam rumah tangga, khususnya bagi kaum hawa, yaitu mesin jahit portable. Selain karena mesin jahit portable sangat ekonomis sekitar 100 ribuan saja, fungsi praktisnya yang semua pasti sepakat karena sangat membantu permasalahan seketika. Soal kualitas, meskipun tidak sebanding dengan mesin jahit konvensional, tapi sudah cukup untuk kaum hawa khususnya yang memiliki mobilitas tinggi karena mudah dibawa kemana-mana (portable). Saya jadi teringat dulu masa kecil dimana ibu sangat lihai menggunakan mesin jahit kesayangannya yang kini menjadi pajangan di rumah kami.

Bagi seorang ibu, kegiatan menjahit adalah kegiatan lain disamping memasak yang biasa kami ini lakukan. Walaupun belakangan banyak ibu-ibu yang tampaknya sudah mulai menghindari kegiatan tersebut karena dianggap merepotkan. Iya, ada lho sebagian besar ibu-ibu modern yang lebih memilih menghibahkan baju-baju mereka yang sobek di bagian tertentu lantas mengambil jalan pintas langsung ‘membuangnya’ saja. Padahal kalau dipikir-pikir sayang juga hanya karena sobek sedikit seperti lepas di bagian kantong atau copot satu dua kancing yang seharusnya bisa direpair sendiri secara sederhana. Well, hal ini tidak berlaku buat yang horang kayah tegaan atau sedang praktek konmari-an.

Meski banyak ibu-ibu yang sudah mulai meninggalkan kegiatan jahit-menjahit, tapi saya senang dan bangga ternyata banyak juga di Indonesia yang masih melestarikan kegiatan yang satu ini. Mereka terbiasa menjahit baju yang sobek, permak pakaian yang kebesaran, menjahit kantong yang lepas, dan lain-lain. Selain menjahit secara manual bermodalkan jarum dan benang saja, ibu-ibu tempo dulu juga banyak yang menggunakan mesin jahit manual yang dioperasikan dengan menggunakan kaki. Walaupun di zaman modern masih kita temukan mesin jahit seperti ini, tapi banyak juga yang sudah beralih ke mesin jahit elektrik. Menurut hemat saya, selain mesin jahit elektrik yang berukuran besar itu masih dapat kita gunakan, rasanya perlu juga memiliki sebuah mesin jahit portable yang bisa dipindah-pindah, ringan, bisa mengerjakan jahitan ringan seperti memperbaiki kantong lepas, membuat sapu tangan, atau sekedar mengecilkan baju yang kebesaran.

Tentu ada banyak keunggulan mesin jahit portable yang bisa menjadi alasan untuk kita setidaknya memiliki satu buah di rumah. Karena saya pikir, harga mesin jahit portable mini yang hanya Rp100 ribuan itu justru terasa menguntungkan jika ditelusuri berbagai kelebihan yang dimilikinya.

mesin jahit mini portable
Doc : Bukalapak

Apa Saja Keunggulan Mesin Jahit Portable?

● Ukuran mesin jahit yang compact. Ukurannya yang kecil membuat mesin jahit bisa di letakkan di mana saja, bahkan di tempat-tempat yang sempit.

●Berat tidak sampai 1,5 Kg. Menjadi keunggulan dimana dengan berat yang ringan tersebut mesin jahit dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga tidak terpaku di satu tempat ketika ingin menjahit.

●Dilengkapi dengan sistem dua benang. Artinya memungkinkan untuk mengatur salah satu jarum, contoh proses jahit pada saku.

● Dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan benang spool (bobbin) sehingga aman dan terhindar dari peralatan jahit yang mudah hilang.

●  Selain cepat, jahitan yang dihasilkan cukup bagus. Lumayan dapat diandalkan jika dibandingkan dengan menjahit secara manual. Bagi ibu-ibu sok sibuk seperti saya tentu akan sangat menghemat waktu.

Kalau sudah begini siapa yang bisa menolak untuk menjahit? mudah dan praktis. Rasanya saya harus merubah kuadran aktivitas menjahit menjadi BISA dan SUKA deh, seperti yang pernah saya tulis disini.

Nah sekarang pertanyaannya..

Dimana Beli Mesin Jahit Portable Murah?

Salah satu rekomendasi saya ada di toko online Bukalapak (BL). Selain karena banyak pilihan, disini juga menyediakan fasilitas tawar menawar yang cocok sekali buat saya (dan ibu-ibu lainnya) yang hobi tawar menawar meskipun selisih beberapa ribu perak saja 😛 Ada kepuasan tersendiri kalau berhasil turun harga sampai lima ribu rupiah Haha, walaupun ujung-ujungnya buat belanja yang lainnya juga sih. Oh ya jangan lupa ya, harga mesin jahit portable berukuran mini ini bisa dicari di Bukalapak dengan harga mulai Rp 100 ribuan saja.

Rasanya apa sih yang tidak ada di Bukalapak, benda unik dan antik untuk koleksi aja tersedia juga lho di toko oline satu ini.

***

5 comments

  1. jaman sekarang semuanya udah makin canggih, bukan cuma komputer yang bisa di bawa kemana mana jadi laptop
    Mesin jahit pun yang segede gaban juga bisa jadi portable.

    Kalau kayak gitu, jadi gaada alasan lagi buat belajar menjahit.
    Dulu waktu mau belaja menjahit selalu alesan, gak punya mesin jahit ahhaha

    Like

  2. Waaaahh, kudet banget sih saya, baru tau kalau ada mesin jahit 100reboan hahaha.
    Harus punya deh, saya sering jahit sendiri pakaian-pakaian yang sobek dan sayang kalau dibuang.
    Alhasil tangan sering ketusuk jarum.
    Kayaknya kalau punya mesin jahit gini, saya bakalan sering-sering jahit sendiri 😀

    Like

  3. Jadi ingat dulu pernah kursus jahit sampai bisa bikin baju seragam gitu. Sayangnya sekarang sudah lupa karena nggak punya mesin jahit. Harusnya dulu aku beli nih mesin jahit portable biar nggak hilang ilmunya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s