Kenapa Harus Vaksin Flu

Orang tua Wajib Tahu Kenapa Harus Vaksin Flu

kenapa harus vaksin influenza

jendelakeluarga.com – Hallo moms, gimana dua minggu terakhir anak-anak kembali ke sekolah? semoga semua aman terkendali ya πŸ™‚

Biasanya apa sih yang paling dikhawatirkan orang tua saat melepas anaknya ke sekolah? jujur aja kalau saya pribadi lebih concern dengan kondisi fisik tubuhnya, apalagi anak seusia Riyadh masih rentan terserang penyakit di sekitarnya.

Salah satunya adalah virus influenza penyebab penyakit flu.

Familiar donk ya dengan penyakit satu ini? biasanya anak akan terserang flu minimal 2-3 kali dalam setahun, bahkan lebih jika daya tahan tubuh si anak lemah atau tingginya paparan udara tidak sehat di lingkungannya.

Karena influenza atau flu merupakan penyakit pernafasan yang mudah menular khususnya pada anak-anak, sehingga penting bagi kita sebagai orang tua agar lebih aware dengan realita yang terjadi saat ini.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? masa iya orang tua harus selalu khawatir tentang daya tahan tubuhnya sementara si anak memiliki hak untuk bebas bermain dan bersosialisasi?

Oke jawabannya ada pada ulasan berikut ini ya πŸ™‚


Beberapa waktu lalu (27/07) saya hadir dalam Blogger Gathering “Back to School” #KenapaHarusVaksinΒ di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan bersama dengan teman-teman The Urban Mama lainnya. Acara ini dihadiri oleh narasumber dr. Attiladewanti dan juga artis Maya Septha.

kenapa harus vaksin flu 3

View this post on Instagram

Berapa kali biasanya anak2 terkena flu selama setahun? πŸ€” _________ Influenza atau flu (bukan common cold ya) merupakan penyakit menular yg disebabkan oleh virus influenza dan beresiko tinggi bagi anak2 (terutama usia dibawah 5 tahun) . Apa saja tanda2 anak terkena sakit flu? antara lain sakit kepala, pilek, terlihat lelah, batuk, demam diatas 39 derajat dan nyeri badan. Kenapa harus vaksin? Karena di dalam vaksin flu mengandung strain yg lebih lengkap sehingga memberikan proteksi yg maksimal dalam menangkal virus tersebut, mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya, serta melindungi anggota keluarga sendiri dan juga orang lain. Selengkapnya soon di blog ya. #KenapaHarusVaksin #4BetterProtection #LawanFluDiSekolah #TheUrbanMama #TUMBloggersMeetUp @kenapaharusvaksin @the_urbanmama

A post shared by mirantizr (@mirantizr) on

Fakta Tentang Virus InfluenzaΒ 

Influenza merupakan penyakit ringan yang sangat mudah menular dan dapat beresiko menimbulkan berbagai komplikasi hingga kematian. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan ada sekitar 7.000 hingga 26.000 anak-anak dibawah 5 tahun telah dirawat di rumah sakit setiap tahun di Amerika karena influenza.

Umumnya orang yang terkontaminasi virus influenza dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain dalam waktu 1 hari menjelang terkena flu hingga 5-7 hari setelahnya. Biasanya flu dapat menyebar melalui percikan ludah akibat kontak langsung dari seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi atau bersin melalui sentuhan yang telah terkontaminasi virus flu dan kemudian menyentuh mulut, mata maupun hidung.

vaksin flu influenza 1

Ciri-ciri Anak Terkena Flu

  • Demam hingga suhu 39,4Β°C – 40,5Β°C
  • Nyeri pada badan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk yang semakin parah
  • Merasa kelelahan
  • Pilek dan hidung tersumbat

Seberapa serius flu pada anak? anak-anak dengan usia dibawah 5 tahun beresiko tinggi mengalami komplikasiseperti pneumonia dan bronkitis serta infeksi sinus dan telinga. Beberapa masalah kesehatan yang diketahui membuat rentan pada anak-anak terhadapflu diantaranya asma, diabetes dan gangguan otak atau sistem syaraf.

Cara Melindungi Anak dari Virus Influenza

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk melindungi anak-anak terkena virus influenza, antara lain melalui vaksinasi yang rutin dilakukan setiap satu kali dalam setahun. Karena sesungguhnya manfaat vaksin flu sudah mencakup perlindungan terhadap anggota keluarga sendiri juga orang lain dan mengandung strain yang lebih lengkap, yakni proteksi maksimal serta mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya.

Penggunaan vaksinasi ini direkomendasikan untuk semua orang (usia 6 bulan keatas) terutama pada anak-anak yang rentan atau masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Karena vaksin flu yang direkomendasikan pemerintah telah diproduksi melalui pengawasan ketat dan terbukti telah aman selama beberapa dekade.

vaksin flu influenza 2

Selain itu penting untuk selalu membatasi kontak dengan orang yang terkontaminasi dengan virus influenza. Serta menjaga kebersihan dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih (air hangat lebh baik). Jika sabun dan air bersih tidak ada dapat digantikan dengan antiseptik berbasis alkohol.

tentang flu influenza

Benar seperti kata bijak yang mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Langkah vaksinasi merupakan cara teraman yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk melindungi keluarganya.

Jadi sekarang sudah paham kan ya Kenapa Harus Vaksin? πŸ™‚

kenapa harus vaksin influenza pada anak

Silakan cek instagram @kenapaharusvaksinΒ untuk mendapatkan informasi lengkap seputar vaksin termasuk pentingnya pemberian vaksin flu pada anak.

***

:: 27 Juli 2019 ::

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s