3rd Playdate Tangerang Montessori Family

6 Maret 2016

Hari Minggu lalu Riyadh berkesempatan main bareng dengan teman-teman baru di Tangerang. Tepatnya kumpulan para mommies domisili Tangerang yang tertarik mengajarkan si kecilnya dengan metode montessori. Kebetulan pada minggu yang sama kami ada jadwal berkunjung kerumah andungnya Riyadh di Karawaci Tangerang. Alhamdulillah waktunya pas.

Dalam acara ini bukan hanya anak-anak yang antusias, para orangtua yang mendampingi tidak kalah happy karena pertemuan ini menjadi ajang silaturahim juga bagi kami. Maklum tidak semua mommies pernah bertatap muka secara langsung karena mayoritas awal perkenalan hanya sebatas percakapan grup via WhatsApp.

Berlokasi di rumah mom Febri di kawasan BSD, acara dimulai sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Tema acara yang diambil mengenai kesehatan gigi anak. Para keluarga yang hadir sudah kompak memakai dress code nuansa putih dan khusus mommies-kiddies diberikan special name tag bertemakan gigi yang bebas ditempel dimana saja; lengan, baju, celana dsb πŸ™‚

image

Sesuai kesepakatan bersama, kepada yang hadir dipersilahkan membawa makanan ringan dari rumah (potluck) sedangkan untuk makan siang sudah disediakan nasi box sponsored by tuan rumah πŸ™‚ Barakallah mom Febri..

Acara pertama dibuka dengan pemutaran video edukasi mengenai kesehatan gigi anak. Disini anak-anak diberikan pengertian membedakan gigi yang sehat dan sakit, cara menyikat gigi yang benar, dampak tidak rajin menyikat gigi dsb. Untuk melihat video tersebut silahkan klik disini edukasi kesehatan gigi untuk ibu dan disini edukasi kesehatan gigi untuk anak

image

Selesai menyaksikan video edukasi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan konsultasi pribadi mengenai permasalahan gigi dari mom (dokgi) Meutia, salah satu member di grup ini yang masih aktif praktek dibeberapa tempat.

image

image

Berikut beberapa tips seputar kesehatan gigi anak yang beliau sampaikan :

β€’ Gigi yang sehat harus dijaga sejak dini bahkan sebelum gigi anak tumbuh. Usahakan mommies rajin membersihkan area sekitar mulut anak dengan cara menggulung kain kasa hangat pada jari, lalu menekan-nekan secara perlahan pada lidah dan gusi anak.

β€’ Proses yang sama juga dapat diaplikasikan pada gigi anak dibawah usia 3 tahun yang mana diketahui bahwa pada usia ini anak-anak masih sulit untuk diajak menyikat gigi. Usapkan kain kasa hangat tersebut secara perlahan pada gigi anak.

β€’ Jangan khawatir jika buah hati mommies yang berusia kurang lebih 1 tahun belum juga tumbuh gigi, karena pada dasarnya pertumbuhan gigi setiap anak dapat berbeda-beda.

β€’ Disarankan mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama yang berkalsium tinggi.

β€’ Tidak ada larangan untuk makan cokelat, permen dan makanan manis lainnya hanya saja tidak dikonsumsi secara berlebihan dan jangan lupa untuk menyikat gigi.

β€’ Buat jadwal rutin pemeriksaan gigi anak ke dokter gigi (minimal 6 bulan sekali). Jangan tunggu sampai si kecil mengeluh sakit.

Setelah selesai diskusi dan konsultasi pribadi dengan keluhan masing-masing, acara dilanjutkan dengan rangkaian kid’s activities bertemakan GIGI πŸ˜‰

1. Aktivitas menempel stiker pada gigi

Bahan-bahan :
β€’ Printable gigi baik dan gigi buruk
β€’ Printable makanan yang baik dan tidak baik untuk gigi
*sumber : Pinterest

image

image

image

Cara main :

Ajak anak membedakan jenis makanan yang baik dan tidak baik bagi kesehatan gigi, lalu tempelkan stiker makanan tersebut sesuai dengan gigi yang tepat.
Contoh :
β€’ Jenis sayur dan buah –> baik untuk gigi
β€’ Es krim, cokelat, permen –> tidak baik untuk gigi

image

image

2. Aktivitas menyikat gigi

Bahan-bahan :
β€’ Sikat gigi
β€’ Spidol warna
β€’ File plastik
β€’ Printable gigi *sumber : Pinterest

Cara main :

Kertas yang sudah diprint gambar gigi dimasukan ke dalam file plastik, kemudian buat beberapa coretan dengan menggunakan spidol warna seolah-olah menggambarkan kotoran gigi. Ajak anak membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan sikat gigi yang sudah disediakan.

image

image

image

3. Aktivitas mewarnai gigi

Bahan-bahan :
β€’ Sikat gigi
β€’ Cat air
β€’ Printable gigi *sumber : Pinterest

Cara main :

Ajak anak bereksplorasi pada gambar gigi dengan cara mewarnainya menggunakan cat air dan sikat gigi.

image

image

Selesai rangkaian aktivitas anak, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Sembari mommies menghabiskan makan siang sambil ngobrol santai, mom Febri memberikan surprise berupa door prize cantik dan membagikan oleh-oleh cookies bentuk gigi untuk dibawa pulang. Hore! Super thank you untuk service yang diberikan oleh tuan rumah *kiss*

image

image

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar. Senang sekali rasanya bisa hadir dalam acara ini. Kontribusi dilakukan bersama dari kita untuk kita semua mulai dari persiapan hingga akhir acara. Terima kasih para mommies, semoga kompak selalu yaa πŸ™‚

http://www.jendelakeluarga.com

7 comments

  1. mom, mau dong ikut gabung komunitas ini, kebetulan aku di bsd juga nih tinggal nya. boleh dong aku didaftarkan grup wa nya, no hp ku 08159406240. makasih ya mom

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s