Wisata Qur’an di Syaamil Quran Bandung

Hari ini kami mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan oleh Islamic Parenting Community (IPC) yaitu berwisata Qur’an di Syaamil Quran yang merupakan salah satu tempat pembuatan Al Qur’an di daerah Bandung.

Kami berkumpul di lokasi sekitar jam 9 pagi. Semua peserta yang sudah hadir dapat langsung mengambil posisi di ruangan briefing yang terletak di belakang gedung Syaamil Quran. Disini peserta diajak berbincang-bincang oleh Pak Dikdik mengenai manfaat menghafal Al Qur’an, menonton video anak hafiz Qur’an (MasyaAllah) serta beberapa arahan sebelum berjalan-jalan menyusuri seluruh area tempat produksi di dalam.

image

image

Setelah mendapatkan penjelasan, rombongan pun diajak berkeliling ke percetakan untuk melihat langsung keseluruhan proses pencetakan Al Qur’an produksi Syaamil Quran. Kami berkeliling dari mulai ruangan khusus desain hingga ke area fabrikasi. Saat di ruangan desain grafis, peserta diperlihatkan beberapa cara pembuatan tulisan Al Qur’an, layout halaman hingga menggambar animasi melalui komputerisasi.

image
Ruang Grafis Komputer

image

image
Beberapa kegiatan yang diselenggarakan Syamil Quran

Sedangkan pada area fabrikasi terbagi menjadi 4 area besar. Untuk area pertama yaitu proses pencetakan kertas dan pemotongan kelebihan kertas. Kedua kegiatan ini dilakukan oleh mesin operasional khusus.

image
Pencetakan
image
Pemotongan

Berlanjut ke area kedua. Disini akan ditemukan proses pelipatan yang dilakukan secara otomatis oleh mesin, kemudian dilanjutkan dengan bagian penjahitan agar seluruh halaman menyatu sempurna. Dan terakhir bagian penyortiran halaman yang dilakukan secara manual oleh petugas.

image
Pelipatan
image
Penjahitan
image
Penyortiran

Memasuki area ketiga. Pada bagian ini terdiri dari proses pemasangan skiplat dan press boklem dimana pembatas halaman bagian depan dan belakang buku dipasang. Selain itu terdapat juga proses penambahan aksesoris seperti tali pembatas. Terakhir yaitu proses penyatuan buku dengan lem (assembly) yang semua proses tersebut dikerjakan manual oleh petugas.

image
Skiplat & Press boklem
image
Accessories
image
Assembly

Area keempat (terakhir) sebagai penutup keseluruhan rangkaian yaitu proses pengecekan akhir yang nerupakan bagian dari Quality Control (QC) dan dilanjutkan dengan proses pengemasan (packaging). Untuk proses packaging dilakukan dengan 2 tahap diantaranya pengemasan awal memasukkan buku ke dalam plastik secara manual dan penge-press-an akhir dengan alat khusus. Setelah selesai buku siap untuk di distribusikan 🙂

image
Quality Control
image
Packaging awal
image
Packaging akhir

Usai berkeliling area fabrikasi yang luas, kami diajak melewati ruang penerimaan tamu yang juga sekaligus sebagai gallery buku-buku terbitan Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) yang berdiri pada 14 Januari 2008. Selain memajang beberapa koleksi buku yang siap dijual, disini juga menyimpan beberapa koleksi seperti contoh souvenir yang diberikan kepada para peserta Hafiz Qur’an RCTI sebagai bagian dari sponsor acara. Selain itu terpajang juga Al Qur’an customize yang dibuat khusus untuk mantan presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono senilai Rp. 1,6 juta.

image
Souvenir Hafiz Qur'an RCTI
image
Custom Al Qur'an SBY

Hal yang menarik dari Sygma CMC sebagai penerbit Al Qur’an adalah budaya kerja qurani dan islami yang dibangun dalam lingkungan perusahaan. Beberapa diantaranya karyawan diwajibkan mengikuti kelompok tahsin (belajar baca dan memperbaiki cara baca Quran), tahfiz (menghafal quran), pengajian bulanan, waktu khusus untuk shalat dhuha dan tilawah, doa bersama di pagi hari, anjuran puasa sunnah Senin-Kamis dsb. Selain itu poster-poster berisikan nasihat dan penyemangat kerja yang berasal dari hadist maupun surat Al Qur’an juga kerap menghiasi dinding di seluruh area.

image

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadanu (kebahagiaan) negeri akhirat. Janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi” (QS: Al-Qoshos 77)

“Sesungguhnya diantara dosa-dosa itu, terdapat satu dosa yang dapat dihapuskan dengan shalat, haji dan umroh. Sahabat bertanya, ‘Apa yang dapat menghapuskannya wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab : ‘Semangat dalam mencari rejeki’.” (HR Thabrani)

“Barang siapa yang sore hari duduk kelelahan lantaran pekerjaan yang telah dilakukannya, maka ia dapatkan sore hari tersebut dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT” (HR Thabrani)

Selesai berwisata quran, para peserta kembali lagi ke ruangan tempat kami berkumpul pertama kali. Sebagai penutup seluruh rangkaian acara ini, seluruh peserta masing-masing mendapatkan goodie bag yang berisi buku-buku islami anak, DVD tahsin Al Qur’an dan Pin Wisata Qur’an, serta tidak lupa dilanjutkan dengan foto bersama. Terima kasih Tim Syaamil Quran sudah berbagi ilmu dan pengalamannya kepada kami 🙂

image
Goodie bag

image

image

Alamat Syaamil Quran :
Jl. Babakan Sari No. 71
Kiaracondong – Bandung 40283
Telp : 022-7208298

Note :
Waktu, biaya dan jumlah peserta rombongan wisata qur’an sesuai kesepakatan dengan pihak Syaamil Quran.

:: 28 April 2016 ::

http://www.jendelakeluarga.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s