5 Tips Memilih Hiasan Dinding Nan Cantik Sebagai Dekorasi Rumah

5 Tips Memilih Hiasan Dinding Nan Cantik Sebagai Dekorasi Rumah

Rumahku – Surgaku..

                 Rumahku – Istanaku..

                                   Rumahku – Impianku..

Rasanya ungkapan tersebut benar adanya. Setiap orang atau sebuah keluarga pasti menginginkan rumah yang ditinggalinya menjadi tempat segala-galanya setelah menjalankan aktivitas di luar. Apapun yang membuat rumah menjadi nyaman dan betah berada di dalamnya pasti akan diupayakan oleh pemiliknya.

Bagaimana caranya agar dapat mewujudkan rumah impian tersebut?

Salah satunya dengan mendekorasi dinding rumah agar tampak lebih menarik.

Berbagai tipe rumah dapat menjadi acuan dalam mendekorasi hiasan dinding di rumah, dari yang bergaya minimalis, kontemporer, klasik hingga modern. Setelah mengetahuinya barulah kita dapat memilih hiasan dinding seperti apa yang diinginkan.

Ada banyak sekali alternatif yang dapat dilakukan saat mendekorasi dinding rumah, misalnya menaruh lukisan pada ruang keluarga, menempel sticker wallpaper yang disukai anak pada kamar tidur serta meletakkan pajangan antik dengan pilihan rak dinding yang cantik.

stiker-dinding_diy-wall-sticker-world-cityscape-xy1148-black_826030_2_26609

dekorasi-dinding-lainnya_dections-rak-dinding-minimalis-40-30-20cm---putih_1430556_2_40182
Pic credit : mataharimall.com

Sebelum menentukan ragam hiasan dinding yang akan digunakan, ada baiknya mempertimbangkan beberapa detail terlebih dahulu.

Berikut tips yang wajib diketahui saat memilih hiasan dinding di rumah :

1. Tema Ruangan

Tentukan konsep yang diinginkan dari ruangan yang akan di dekorasi sehingga tema yang diharapkan dapat diwujudkan. Pilihlah hiasan dinding yang sesuai dengan karakter pemiliknya dan tidak hanya mengikuti trend semata.

2. Jenis Karya Seni

Ada banyak jenis karya seni yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi dinding kosong di rumah antara lain lukisan, kaligrafi, sticker wallpaper atau hanya sekedar membuat rak tempel berisi pajangan antik.

3. Luas Dinding

Perhitungkan luas dinding yang ingin diletakkan hiasan atau dekorasi. Jangan sampai hiasan dinding merusak komposisi ruangan yang akan di dekorasi atau tanpa memperhatikan harmonisasi antar ruang yang diisi dengan hiasan dinding dengan ruangan dinding yang kosong.

4. Harga Beli

Pilihlah hiasan dinding dengan cermat, salah satunya dapat dilakukan dengan survey ke galeri lukis atau karya seni lainnya. Selain itu hiasan dinding murah dengan kualitas prima juga dapat ditemukan melalui situs belanja online. Tinggal klik-klik maka hiasan dinding nan cantik sudah bisa dimiliki tanpa harus beranjak dari rumah.

5. Bantuan Ahli

Jika penentuan hiasan dinding belum berhasil dilakukan, maka alternatif lainnya dapat meminta bantuan melalui jasa interior desain yang memiliki kapasitas di bidangnya. Ungkapkan desain hiasan dinding yang diinginkan agar tercipta dekorasi yang sesuai dengan impian.

Nah, jika hiasan dinding yang diidamkan sudah didapatkan, hal lainnya yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan berkala dengan mengeceknya secara periodik letak posisi dan kondisi fisik hiasan pada dinding. Cek tali atau kaitan yang masih kuat serta membersihkannya menggunakan lap kain atau pembersih lainnya untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Selain itu penting untuk selalu memperhatikan suhu ruangan agar dapat terjaga tingkat kelembabannya, jangan sampai koleksi hiasan dinding cantik di rumah menimbulkan jamur yang dapat merusaknya. Jika memungkinkan, tempel silica gel di bagian belakang hiasan dinding untuk mencegah timbulnya jamur.

Terakhir adalah jangan lupa selalu memperhatikan kualitas cat dinding rumah. Jangan sampai hiasan dinding yang sudah terpajang dengan cantik menjadi tidak menarik karena cat dinding ruangan yang rusak.

Bagaimana sudah dapat menentukan pilihan hiasan dinding seperti apa yang diinginkan?

Diskusikan bersama anggota keluarga pasti lebih seru ☺

***

 

8 comments

  1. Jadi keinget di rumah kontrakn yang dulu suka kasi sticker2 dinding tapi yg ada hubungannya sama traveling. Ngarepnya suatu saat bisa traveling beneran eliling dunia. Tapi kalau yg skrng tembokku sepi, adanya coretan anak2 hehe. Nunggu anak2 agak gedhe mau hias dinding dgn bagus jg.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s