Ada yang Unik di Toilet Umum Negeri Sakura

Ada yang Unik di Toilet Umum Negeri Sakura

DSC_0426

Waktu kami main ke salah satu cabang mal termahsyur di negeri sakura, AEON Mall yang terletak di Serpong Tangerang, saya terkagum dengan toilet custom yang dibuat ciamik. Kabarnya semua konsep dan desain dari toilet tersebut diadaptasi dari toilet umum yang berada di Jepang.

Kesimpulan : toilet mall di Indonesia setara dengan toilet umum di negara Jepang ?!

And finally, Alhamdulillah  saya bisa melihat langsung seperti apa penampakan asli toilet yang diadaptasi tersebut.

Ada banyak hal yang menarik perhatian kala itu, namun saya akan mengambil beberapa contoh toilet Jepang yang sempat kami temui saat berlibur ke beberapa kota di negeri sakura ini. Berikut diantaranya :

  • Seluruh toilet umum di Jepang selalu terdiri dari beberapa area, yaitu khusus Pria, Wanita, Anak-anak dan khusus Penyandang Cacat atau Disabilitas.

DSC_0426

dsc_0428.jpg

  • Pada anak-anak, seluruh fasilitas yang tersedia sudah di custom sedemikian rupa sesuai ukuran anak-anak (diatas 5 tahun, dibawah 15 tahun) dari mulai closet, washtafel hingga daun pintu.

DSC_0429

dsc_0430.jpg

  • Ada musik yang siap menemani saat buang air.

Ini yang menjadi bahan perbincangan para turis mancanegara yang berkunjung ke negeri matahari terbit. Rasanya closet toilet lengkap dengan fasilitas irama musik hanya dapat ditemui disini. CMIIW.

Well, sebenarnya irama musik yang dihasilkan tidak berupa sebuah lagu full seperti lagu First Love-nya Hutada Hikaru, namun lebih ke sebuah nada atau suara yang membuat penggunanya betah buang hajat sambil pencet-pencet tombol *eh

DSC_0432

Ini contoh suara bising yang dihasilkan dari tombol tersebut, terdengar seperti suara siraman air. Kebetulan hanya ini yang terekam oleh saya πŸ˜€ Ada juga di tempat lain yang mengeluarkan nada seperti alunan musik klasik yang pernah kami temukan di sekitaran Kyoto.

  • Kebersihan patut diacungi jempol.

Untuk integritas kebersihannya jangan diragukan lagi. Hampir semua public area baik di airport, station, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan spot lainnya yang pernah kami kunjungi memiliki kualitas kebersihan yang tinggi. Perbedaannya adalah kami bahkan hampir tidak pernah bertemu dengan petugas cleaning service seperti di Indonesia yang setiap saat ‘terlihat’ sibuk bekerja.

Kesimpulan : Sesering apapun petugas melakukan bersih-bersih jika kita sebagai user tidak punya rasa peduli dengan kebersihan maka akan tetap kalah dengan masyarakat Jepang yang sangat disiplin dalam menjaga dan menghargai fasilitas yang dimiliki bersama.

dsc_0431.jpg

DSC_0437

  • Bayi punya high chair khusus

Untuk fasilitas ini tidak ditemukan di semua toilet umum di Jepang. Kami menemukannya saat berada di salah satu stasiun di Tokyo.

Benar-benar surpisingly dan sangat berguna sekali. Sang mama yang membawa baby tidak perlu khawatir lagi harus menggendong sambil membuang hajat jika berpergian tanpa teman atau kerabat lainnya.

IMG_20170202_151026.jpg

Oh Japannese, kalian kreatif dan solutif sekali..

  • Tidak ada toilet berbayar.

Yes, ini murni sindiran πŸ˜› Honestly, selama perjalanan 7 hari non stop kami berkelana di negeri sakura, sekalipun tidak pernah menemukan toilet berbayar macam di Indonesia, Hahaha..

 

***

 

16 comments

  1. Wuaahh jepang benar2 manjain masyarakatnya ya mba..itu ada buat tempat buat dede bayi kalau cuma pergi berdua bayi..kereeeen banget..berharap secara berproses indonesia seperti ini juga

    Like

  2. iih, anakku kayaknya agak susah kalo toietnya model duduk gitu mbak, jadi ingat waktu ke mall beberapa waktu lalu terus dia mau BAB, ga jadi BABnya gegera toiletnya duduk. dirumah biasanya jongkok.

    btw, jepang emang kreatif dalam berbagai hal ya. termasuk toilet

    Like

  3. Duh kalau saya udah kebelet duluan nih bingung mau pencet tombol mana
    hahaha
    Bersih dan lux
    Padahal ga ada yg minta recehan #eh yang jaga maksudnya kaya di kita ya. Heuheu!

    Like

  4. High cair bayi itu penting banget, kadang suka bingung kalau kebelet pipis pas pergi sendiri cuma sama bayi, Bayinya mau ditaruh dimana. Dititipin ke orang kok parno diculik, πŸ˜€

    Like

  5. tetot, toilet berbayar pun masih enggak banget. heu..

    tp di km 88, toilet deket Mesjid ada buat disabilitasnya juga. bersih

    Like

  6. Bersihnya orang jepang patut diacungin jempol, tapi kreatifnya orang indonesia jg bkn kgm untuk menghasilkan uang, mo ke wc bayar 2000 rb ha,btw suka banget wc yg ada dudukan bayinya benar2 membantu kalo ada di indonesia

    Like

  7. Wohooo ciamik tenan. Saya paling suka ke mall yg ada ruang khusus bayi. Aihh ada hugh chairnya pula. Bisa2 si emak ga jadi shopping malah ngadem nih di sini… semoga makin banyak yg adaptasi ya mba.. biar costumer makin betah

    Like

  8. Bener, pas ke jepang feb lalu, 10 kota di jepang kita datangin, dan ga ada yg memungut biaya, plus semua toiletnya bersih dan kering. Kapan lah kita bisa seperti itu ya mba… Tp aku blm prnh nemu yg bisa ngeluarin suara musik mbamm paling banter cm suara air mengalir gitu :p

    Like

  9. Aduh. Banyak banget tombolnya mbaak. Di sini kalo toilet tidak berbayar ya kondisinya tidak karu-karuan (kecuali fasilitas pemerintah seperti di stasiun kereta api dll). Lha wong berbayar aja kadang masih jorok. Aku kadang parno jadi sering nahan pipis kalo lagi di tempat umum 😦

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s