Tagihan Listrik Membengkak? Mungkin Ini Alasannya!

Bayar Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak? Coba Cek Penyebabnya!

th (1)
pic credit : google

Salah satu kebutuhan manusia di zaman modern seperti saat ini adalah listrik. Tanpa adanya listrik, malam akan gelap gulita lantaran tidak adanya penerangan. Di sisi lain, kita juga tidak akan mendapat hiburan seperti televisi, radio atau ponsel karena semuanya butuh energi listrik. Agar dapat memanfaatkan listrik dengan baik, maka setiap pengguna harus sadar bahwa dibutuhkan biaya agar tetap menyala. Pengguna diwajibkan rutin membayar token listrik bagi pengguna listrik prabayar dan membayar tagihan bulanan untuk pengguna pascabayar. Untuk urusan bayar tagihan listrik pun kini sudah mudah bisa dilakukan baik offline maupun online.

Penggunaan listrik setiap rumah tangga akan berbeda sesuai pemakaian dan kebutuhannya masing-masing. Jika kamu kerap menghitung dan membandingkan, maka bisa jadi penggunaan listrik bulan lalu dan bulan ini dapat berbeda. Tentu akan aman jika penggunaan listrik hemat, sebaliknya ketika tagihan membengkak maka jangan salahkan pihak PLN tapi kembali pada pemakaian kita yang mungkin ada yang salah atau berlebihan.

th (2)
pic credit : google

Kadang tanpa terasa ada beberapa hal yang menjadikan bayar tagihan listrik membengkak sehingga harus diwaspadai. Berikut ini beberapa alasannya:

  • Pemanas air

Pemakaian dispenser atau pemanas air memang sangat membantu dalam keseharian karena tidak perlu memanaskan air dengan kompor. Tetapi tidak benar jika pemanas air ini dinyalakan terus menerus hingga 24 jam karena akan membuat listrik menjadi boros bahkan dapat mempengaruhi kualitas dispenser sehingga mudah rusak. Jika ingin berhemat maka yang bisa dilakukan adalah mematikan dispenser ketika malam hari lalu atur waktu penggunaannya dalam harian. Kini sudah banyak dispenser dengan daya hemat yang dijual di situs belanja online sehingga bisa jadi pilihan.

  • Pemakaian pompa tanpa tandon

Supply air bersih di beberapa wilayah seolah menjadi hal sulit jika tanpa adanya pompa air. Alasannya tentu saja karena sumber air yang semakin hari semakin terbatas dengan pengguna yang amat banyak. Memang pompa air sangat dibutuhkan, tetapi aturlah penggunaannya dengan pemakaian tandon karena dapat menampung air banyak yang bisa digunakan seharian sehingga ketika dibutuhkan air tidak perlu bolak-balik menyalakan pompa air.

  • Tidak cabut charger HP

Hampir semua orang kerap melakukan hal ini dimana mencabut smartphone dari charger tanpa mencabut charger dari sumber daya menjadi hal biasa. Padahal selain membahayakan, hal ini juga bisa membuat pemakaian listrik menjadi sia-sia. Jika hal ini dilakukan berulang kali setiap hari jangan heran tagihan listrik di rumah akan terus membengkak.

  • Sering nyalakan dan matikan AC

Hawa yang panas mampu diredam dengan pemakaian AC. Tetapi tahukah kamu jika AC mampu memberikan banyak beban pada tagihan listrik karena besarnya daya yang dimilikinya? Mungkin sebagian besar pengguna sudah mengetahuinya namun tetap saja menyalakan dan mematikan AC berulang kali setiap hari. Untuk itu, bijaklah menggunakan AC sehingga tagihan listrik pun dapat ditekan.

th (5)
pic credit : google

Jika dilihat dari pembahasan diatas, sebetulnya banyak yang terkesan sepele. Namun hal yang dianggap sepele jika dilakukan terus menerus maka dapat menambah beban yang banyak ketika bayar tagihan listrik. Untuk itu jika memang ingin berhemat, maka ada baiknya semua hal sepele dapat diatur kembali sehingga dapat menekan biaya listrik setiap bulannya. Tidak hanya kamu sendiri yang melakukannya tapi juga ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut bekerja sama.

 

***

 

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s