teamLab Future Park Jakarta

Jakarta’s Biggest Interactive Art Exhibition teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives

teamlab future park jakarta

jendelakeluarga.com – Hai haii.. Siapa disini yang suka ke pameran seni? ternyata orang Indonesia (terutama generasi milenial masa kini) punya minat yang cukup tinggi lho terhadap karya seni. Hal ini dapat dilihat dari angka pengunjung yang terus meningkat setiap tahunnya saat diselenggarakannya pameran, khususnya di ibukota Jakarta. Well, kalau saya sih menyimpulkannya mengunjungi pameran seni bagi anak zaman now merupakan ajang kenarsisan yang haqiqi.. alias it’s time for taking pictures, guys! Haha that’s why akhirnya ramai pengunjung 😛

Beberapa hari lalu (18/06) saya diundang dalam acara Soft Launching pameran seni kelas dunia, teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Akitae Matsumoto (CEO teamLab Kids), Mervi Sumali (CEO SGE Live) dan juga Anie Puspitasari (CMO Narada Asset Management).

teamlab future park 1
Ki-ka: MC, Mervi Sumali, Akitae Matsumoto, Anie Puspitasari

Dalam sesi Press Conference yang berlangsung tidak lebih dari 1 jam ini memamparkan bahwa pameran seni berbasis digital artwork teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives merupakan pameran seni interaktif terbesar yang hadir di Jakarta dengan memanfaatkan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). Konsep dalam pameran akan menghadirkan pengalaman kreatif dan memungkinkan pengunjung untuk berkolaborasi serta menciptakan karya seni yang baru. 

It’s like a magic in digital life.

View this post on Instagram

Hayoo tebak ini dimana 😎 Siang tadi saya bersama rekan blogger dan media lainnya hadir dalam opening pameran kelas dunia 'teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives' di Gandaria City, Jakarta. Jadi ini merupakan pameran seni interaktif (digital artwork) terbesar yg hadir di Jakarta dengan menggunakan tekhnologi digital yg memberikan pengalaman kreatif dari 5 instalasi yg berbeda. Pembukaan ruang pameran tadi dihadiri oleh Akitae Matsumoto (CEO teamLab Kids), Mervi Sumali (CEO SGE Live) serta Anie Puspitasari (CMO Narada Asset Management). Please swipe left til end. Buat yg penasaran dengan hasil karya interactive art dari para seniman teamLab kelas dunia bisa kamu kunjungi langsung di Gandaria City Mall lt. 2 dari tgl 20 Juni – 20 Desember 2019. HTM 150k (weekdays) dan 175k (weekend). Untuk info promo dan detail lainnya bisa ditanyakan via akun @futureparkjakarta ya atau nanti bisa baca di blog saya. Cuss yg penasaran dateng yuk, dijamin seru! 😍 #futureparkjakarta @inkemarisassociates @narada_am

A post shared by miranti zr (@mirantizr) on

Terdapat 5 instalasi digital berbeda yang dihadirkan dalam ruang pameran, yakni :

1. Animals of Flowers, Symbiotic Live

(teamLab, 2017, Seni Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi)

Disini kamu akan diajak melihat bunga-bunga tumbuh dari raga atau tubuh binatang. Bunga akan bertunas, bermekaran, menyebar, kemudian menghilang dari balik layar. Ketika pengunjung menyentuh binatang, bunga-bunga otomatis akan menyebar dan saat bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang.

teamlab future park jakarta gandaria city mall lantai 2

2. Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

(teamLab, 2018, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi)

Dalam ruang ini pengunjung seolah berada dalam satu ekosistem seni yakni karya seni yang digambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup akan terjadi rantai makanan yang lazim terjadi, makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya sehingga dapat menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan.

Pada saat ada binatang yang kamu gambar memakan binatang lain maka jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain maka dia akan mati dan sirna. Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya, jika pengunjung berjalan maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga sedangkan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak. Seru ya!

teamlab future park 5

IMG_0697

3. Sliding through the Fruit Field

(teamLab, 2016, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh teamLab)

Merupakan papan seluncur di mana buah-buahan akan bertumbuh ketika pengunjung melintasinya (merosot). Ada berbagai bunga yang bermekaran dan juga bola-bola yang memantul ke berbagai arah. Jadi disini pengunjung seolah berperan sebagai sinar matahari yang sedang menuruni lereng. Ketika tubuh kita bertabrakan dengan bola-bola maka energi sinar matahari akan berpindah ke bola-bola sehingga akan terpental ke berbagai arah. Dan ketika bola-bola bertabrakan dengan buah maka buah akan segera bertumbuh. Imajinatif bukan 😀

Dalam setiap warna bola melambangkan arti, misal bola biru artinya air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar. Ketika bola kuning bercorak lebah madu menyentuh bunga maka bunga akan diserbuki dan akan berbuah. Ketika buah terkena bola, benih baru ditaburkan sehingga menghadirkan kehidupan yang baru.

4. Sketch Aquarium

(teamLab, 2013, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi, teamLab)

Pengunjung diajak untuk menggambar hewan laut sesuai imajinasi mereka dan akan dimunculkan di akuarium raksasa di mana hasil karya mereka menjadi hidup dan bisa berenang serta diberi makan 😀

Instalasi ini cocok sekali untuk anak-anak yang punya hobi menggambar dan mewarnai. Dijamin happy deh saat melihat hasil karya mereka menjelma menjadi hidup seolah masuk ke dalam aquarium raksaksa bersama hewan-hewan yang lainnya.

teamlab future park jakarta 7

5. Light Ball Orchestra.

(teamLab, 2013, Instalasi Interaktif, Suara oleh teamLab)

Gelindingkan bola-bola cahaya tersebut untuk mengubah warna dan suara sehingga bola-bola akan menghasilkan sebuah orkestra. Bola-bola yang berada di atas atau menggantung akan saling terhubung satu sama lain. Jika kamu menyentuh satu bola maka bola-bola di sekitarnya akan ikut terpengaruh, so warnanya akan berubah ke seluruh ruang. Seru!

Coba juga gelindingkan bola-bola tersebut maka mereka akan berubah warna serta menghasilkan suara. Asik lho seperti bermain melodi di dalam ruangan yang dapat menciptakan sebuah suara seperti alunan musik 🙂

teamlab future park jakarta 4

teamlab future park jakarta 2

Cek highlight IG Story disini ya buat intip video lainnya serta mainkan hashtag #futureparkjakarta di sosial media kamu untuk melihat keseruan dari pengunjung lainnya.

Tentang teamLab

Buat yang notice dengan pameran seni kelas dunia pasti familiar dengan yang namanya teamLabadalah kelompok seni kolektif, grup interdisipliner yang terdiri atas berbagai teknologi ultra yang melakukan kegiatan kolaboratif untuk memadukan seni, ilmu pengetahuan, tekhnologi dan desain. Berdiri tahun 2001 kelompok seni ini memiliki berbagai spesialis yakni seniman, insinyur, animator, ahli matematika, arsitek dan juga programmer. teamLab percaya bahwa tidak ada batasan antara manusia dengan alam karena satu dan yang lainnya saling terhubung di dalam kehidupan panjang yang berkesinambungan tanpa batas.

Beberapa daftar pameran teamLab yang telah hadir di berbagai negara antara lain teamLab Dance! Art Exhibition and Learn and Play! teamLab Future Park (2014), Expo Milano 2015 Japan Pavilion, Milan; serta tempat- tempat seperti Silicon Valley, London, Paris, Taiwan, New York, Cina, dan Singapore. Selain itu teamLab juga memiliki musem permanen MORI Building DIGITAL ART MUSEUM: teamLab Borderless yang berlokasi di Odaiba, Tokyo sejak tahun 2018 serta teamLab Planets TOKYO di Toyosu yang masih dibuka sampai musim gugur 2020. Dan terakhir pameran teamLab yang masih berjalan teamLab: Universe of Water Particles in the Tank di TANK Shanghai Cina sampai dengan 24 Agustus 2019.

Selain mengadakan pameran sendiri, karya teamLab juga dapat dilihat di dalam koleksi permanen Art Gallery of New South Wales di Sydney, Art Gallery of South Australia di Adelaide, Asian Art Museum di San Fransisco, Asia Society Museum di New York, Borusan Contemporary Art Collection di Istanbul, National Gallery of Victoria di Melbourne dan Amos Rex di Helsinki.

teamlab future park 2

Tentang SGE Live

Sorak Gemilang Entertainment (SGE) berdiri tahun 2012 dalam menyelenggarakan pertunjukan panggung dan arena. Fokus kami adalah memproduksi dan mempromosikan acara serta pertunjukan yang cocok untuk seluruh keluarga.

Beberapa acara yang berhasil diadakan diantaranya Hi­5 House of Dreams (Australia Children’s Musical Group), David Ian – Andrew Lloyd Webber Production of The Sound of Music, One Day with Cesar Millan – The Dog Whisperer, Barbie LIVE! Musical Tour to Indonesia, Madagascar LIVE!, My Little Pony Musical dan MAMMA MIA! The Musical.

Tentang Narada Asset Management

Merupakan perusahaan Manajemen Investasi yang berdiri dan berkantor di Jakarta pada tahun 2012 dan telah memperoleh izin usaha sebagai Manajer Investasi dari BAPEPAM-LK berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM-LK (Otoritas Jasa Keuangan).

Narada Asset Management menjadi Official Asset Management Partner yang sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup.

IMG_0784 (3)

Lokasi Pameran

Lantai 2 Gandaria City Mall, Jakarta Selatan (samping Toys Kingdom)

Waktu Pameran

Dibuka setiap hari dari tanggal 20 Juni – 20 Desember 2019 jam 10.00 – 22.00 WIB dengan jadwal pembagian waktu kunjungan selama 1,5 jam (90 menit) sebagai berikut :

  1. 10.00 – 11.30
  2. 11.30 – 13.00
  3. 13.00 – 14.30
  4. 14.30 – 16.00
  5. 16.00 – 17.30
  6. 17.30 – 19.00
  7. 19.00 – 20.30
  8. 20.30 – 22.00

Harga Tiket*

Senin-Jumat Rp. 150.000
Sabtu-Minggu / Libur Nasional Rp. 175.000

Promo soft opening periode 20 Juni – 19 Juli 2019 (BCA credit card)

Senin-Jumat Rp. 135.000
Sabtu-Minggu / Libur Nasional Rp. 150.000

*) Harga belum termasuk pajak dan biaya administrasi.

Pembelian tiket dapat dilakukan melalui online via www.sgelive.com atau ticketing booth di lokasi pameran. Info lengkap dan pertanyaan lebih lanjut silakan mengunjungi instagram @futureparkjakarta.

Note:

  • Bayi atau anak usia dibawah 2 tahun gratis.
  • Dilarang makan dan minum di area pameran.
  • Dilarang membawa stroller atau kereta dorong bayi.
  • Dilarang membawa barang dengan panjang atau tinggi lebih dari 50 cm.
  • Dilarang menggunakan tripod, monopod dan selfie stick.
  • Jagalah keselamatan dan keamanan selama di ruang pameran terutama yang membawa anak-anak.

Ok, then..

teamlab future park jakarta gandaria city mall

Have fun and enjoy the art show 

***

:: 18 Juni 2019 ::

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s