Little Palmer dan Kemasan Baru Kantong Plastik PP Wayang

Little Palmer dan Kemasan Baru Kantong Plastik PP Wayang : Menambah Semangat Kembali Untuk Terus Berkreasi

kantong plastik pp wayang 1

jendelakeluarga.com – Beberapa waktu belakangan ini saya mulai membenahi ulang bisnis clothing line yang sempat terbengkalai karena kesibukan lainnya yang cukup menyita waktu dan pikiran.

Terbesit untuk melakukan modifikasi sistem marketing yang telah berjalan selama hampir 3 tahun belakangan, salah satunya dengan merubah packaging barang yang dijual. 

little palmer (2)

Sekilas mengenai bisnis kids clothing line yang saya bangun sejak tahun 2017 lalu bernama LITTLE PALMER. Little artinya kecil, merupakan representasi untuk sesuatu yang digunakan oleh anak-anak. Sedangkan Palmer adalah kata benda dalam bahasa Inggris yang artinya naik haji. Naik haji merepresentasikan usaha yang sedang diikhtiarkan adalah semata-mata untuk mengikuti sunnah rosul dalam hal berdagang, selain itu sebagai pelengkap ibadah kita seperti halnya naik haji dalam Rukun Islam yang ke lima. 

Baca : Little Palmer Collection

Kalau boleh diceritakan sedikit pengalaman membangun usaha ini cukup berwarna, pastinya banyak sekali trial and error yang sudah dilakukan, mulai dari keluar masuk toko kain, pemilihan jenis kain yang cocok digunakan, membuat gambaran model yang ingin divisualisasikan, hingga mencari jasa jahit yang berkompeten di bidangnya. 

Tidak berat kelihatannya namun tidak mudah juga menjalaninya. Karena sebuah usaha perlu adanya kerja keras dan kemauan yang kuat. Setuju?

Tips memulai usaha dimulai dari NOL :

  • Tentukan jenis usaha yang paling mendekati passion

Boleh dikatakan part ini adalah penentu dari rangkaian pengambilan keputusan lainnya, selamanya. Yes, selamanya karena bagian ini tidak akan bisa diulang kembali atau diperbaiki. Little Palmer sendiri memiliki alasan kuat yang melatarbelakanginya, yaitu karena saya sangat tertarik dengan dunia anak-anak dan penasaran dengan dunia fashion, alhasil terwujudlah langkah kecil ini

  • Realiasasikan hal-hal yang paling masuk akal 

Berhubung pembahasan ini dikhususkan untuk para pelaku usaha level pemula, maka ada baiknya benar-benar dipikirkan apa yang harus dilakukan. Misal segera melakukan survey untuk mendapatkan vendor terbaik dan murah atau tidak melakukan produksi melebihi dari yang sudah diperhitungkan sebelumnya Intinya jangan terlalu berpikir jauh sekali dan jalani yang sudah di depan mata.

  • Jalani dengan hati

Ini bagian yang tidak kalah penting. Kenapa? karena jika usahamu tidak berjalan sesuai dengan harapan maka kacaulah semuanya. Kamu bisa saja menjadi stress, depresi dan ujung-ujungnya menghancurkan usaha yang telah susah payah dirintis sebelumnya. Tetapi sebaliknya, percayalah kamu akan menerimanya dengan lapang dada dan menjadikan hal tersebut sebagai pengingat untuk semangat kembali dalam berkarya.

Kembali lagi mengenai rencana modifikasi tampilan kemasan Little Palmer yang akan segera diperbaharui. Saya kepikiran untuk mengganti packaging Little Palmer yang nantinya bisa sekaligus berfungsi sebagai laundry bag. InsyaAllah saya rasa ini sangat bermanfaat sekali untuk pelanggan. Mengingat plastik yang diberikan bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya.

Mengenai plastik apa yang digunakan, kebetulan saya memiliki referensi jenis kantong plastik dari seorang teman. Dia sudah menggunakan plastik ini untuk usaha kuenya, ia menggunakan Kantong Plastik PP Wayang. Ukuran yang tersedia juga sangat variatif, dari mulai ukuran kecil, sedang hingga besar. Dari yang terkecil untuk keperluan menyimpan aksesories sampai dengan ukuran yang difungsikan sebagai laundry bag alias kantong baju untuk menaruh pakaian kotor.

kantong plastik pp wayang

Tentang Kantong Plastik PP Wayang

Kantong Plastik PP Wayang merupakan kantong plastik yang sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Kantong ini berjenis PP atau Polypropylene yang memiliki ciri berwarna transparan bening dan jernih dengan permukaan yang mengkilap. 

Hal tersebut karena Kantong Plastik PP Wayang dalam pembuatannya menggunakan bahan berkualitas, seperti biji plastik kualitas grade A sehingga mampu membuat tampilan plastik menjadi lebih bening dan jernih agar dapat menampilkan keaslian warna dan bentuk dari isi plastik tersebut. 

kantong plastik pp wayang 5

Kenapa kemurnian biji plastik menjadi penting? Karena dengan penggunaan bahan standar Food Grade dengan tanpa mengandung bahan biji plastik daur ulang maka akan sangat aman jika bersentuhan langsung dengan produk makanan dan minuman. Selain itu kualitas bahan terbaik ini juga otomatis akan mengurangi resiko plastik menjadi lebih cepat menguning. Sesuai dengan taglinenya “Bening & Berkualitas”

Nah karenanya saya pun ingin ikut mencoba dengan mengganti kemasan plastik dalam baju-baju Little Palmer menjadi Kantong Plastik PP Wayang. Selain momentnya pas, juga karena kantong plastik ini dipercaya berkualitas. Bahkan sudah lolos sertifikasi, diantaranya :

  1. Sertifikasi ISO 9001 : Sertifikasi dalam hal manajemen produksi & penjaminan mutu produk 
  2. Setifikasi Halal MUI 
  3. Indonesia Best Brand Award (2011 – 2018) : Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat 

kantong plastik pp wayang 1

Oh ya, selain kelebihan yang sudah saya sebutkan sebelumnya, penting bagi saya untuk mengetahui seberapa kuat daya tahan plastik tersebut dalam menampung produk di dalamnya. Apalagi plastik yang akan saya gunakan berupa laundry bag dimana penggunaannya dapat dilakukan secara berulang. Ternyata pada Kantong Plastik PP Wayang diketahui memiliki kekuatan prima lho karena menggunakan seal yang dibuat 2 lapis. Setelah dicoba benaran anti jebol.

kantong plastik pp wayang 7

Saat ini Kantong Plastik PP Wayang juga memiliki tampilan kemasan yang berbeda dari sebelumnya. Lebih berkarakter, sesuai dengan namanya. Jika dulu tampilan cover dibuat polos tanpa bergambar, kali ini diberikan sentuhan gambar wayang lengkap dengan aksen batik yang membuatnya terlihat semakin berkelas. Untuk ukuran yang sudah diproduksi antara lain untuk keperluan pembungkus kue jajanan pasar, kerupuk tradisional, bumbu masak, laundry hingga perhiasan & aksesoris perempuan. Selain ukurannya yang bervariasi juga ketebalannya dapat ditemukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

kantong plastik pp wayang

kantong plastik pp wayang 8

Jadi gimana sudah ada bayangan belum mau usaha apa? Semangat, semoga semua rencananya dapat segera dieksekusi ya. Aamiin.

Jangan lupa juga untuk selalu bijak dalam penggunaan plastik ya, apapun kebutuhannya. Ingat, menjaga lingkungan agar senantiasa bersih terjaga merupakan tanggung jawab bersama ☺

Instagram : @plastik_pancabudi
Facebook : Panca Budi Group

***

2 comments

  1. wah mba punya bisnis clothing yah aku dulu juga pengen banget punya usaha ini mba seneng banget sama baju2 kids 🙂 betul sekali kalau mau usaha tentuin dulu ya bisnisnya 🙂

    btw aku juga pake plastik wayang buat packaging es krim usahaku

    Like

  2. Penting banget soal food grade ya, karena sekarang klo lupa bawa tempat buat bebungkus pasti yg punya tempat cuma bisa sediain plastik, selain ekonomis tentunya praktis.
    Baru tau aku, ada yg buat laundry juga

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s