Selalu Ada dengan AIQQON

Aplikasi AIQQON Memberi Kemudahan Pada Setiap Transaksi Pelaku Usaha

aiqqon aplikasi edc online

jendelakeluarga.com – Di era tekhnologi yang semakin canggih membuat pertumbuhan ekonomi juga semakin kencang melaju. Pasalnya para pelaku usaha harus up to date dengan perkembangan dunia digital yang dikaitkan dengan usaha mereka sendiri. Termasuk dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta industri kreatif yang terus bertumbuh dan terbukti menyumbangkan jumlah besar dalam product domestic bruto dibandingkan sektor lain pada perekonomian negara.

IMG_1404 (2)

Beberapa hari lalu (15/07) saya ikut menghadiri peluncuran AIQQON di IDX Mainhall Jakarta Selatan, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat pembayaran online untuk proses transaksi bagi UMKM dan industri kreatif dengan biaya murah, universal, mobile dan fleksibel. Secara sederhana aplikasi AIQQON dapat menggantikan fungsi utama Electronic Data Capture (EDC) dalam transaksi jual beli secara online. Sehingga untuk urusan pembayaran, pelaku usaha tidak perlu lagi melakukan investasi untuk alat tambahan. Asik kan 😉

IMG_1402 (2)

Melalui aplikasi ini PT. Aiqqon Triarta Mas akan berkontribusi dalam peningkatan efisiensi proses transaksi bagi usaha dan industri kreatif di Indonesia. Pendiri AIQQON, Thomas Nugroho mengatakan bahwa pengguna layanan AIQQON telah mencapai 1.000 pelaku UMKM di Indonesia dan diharapkan dapat terus bertumbuh.

Thomas Nugroho juga menambahkan bahwa dengan menggunakan aplikasi AIQQON, diharapkan konsumen dapat memilih transaksi pembayaran lebih mudah dari berbagai alat pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik tanpa perlu membawa kartunya lagi.

aiqqon

Tentang AIQQON

  • Bagaimana cara menggunakan AIQQON untuk pertama kali? Cukup dengan melakukan download, registrasi dan verifikasi pada aplikasi tersebut.
  • Bagaimana cara menerima pembayaran dengan kartu tanpa menggunakan mesin EDC? Cukup mendaftarkan diri menjadi Mitra pelaku usaha.
  • Bagaimana cara melakukan pembayaran? Klik logo ‘Bayar’ di aplikasi, lalu scan kode QR yang tertera di layar. Cara lain bisa menggunakan order ID yang tertera di bawah kode QR yang akan di berikan oleh Mitra AIQQON. Pilih kartu yang akan digunakan kemudian verifikasi. Akan ada notifikasi untuk transaksi yang telah berhasil.
  • Bagaimana cara menerima pembayaran? Klik logo ‘Terima’ di aplikasi, lalu masukkan nominal tagihan dan nama barang/jasa. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan sesuai dengan kesepakatan dengan pembeli.
  • Berapa lama uang hasil transaksi masuk ke rekening? Jika transaksi terjadi sebelum pukul 18:00 WIB, maka Mitra AIQQON akan menerima keesokan harinya (H+1) atau paling lambat 2 hari sejak transaksi.
  • Apa syarat menjadi Mitra AIQQON? Cukup Download Aplikasi, Daftar Online dengan mengisi data yang dibutuhkan, serta E-KTP dan Nomor Rekening Bank yang aktif, serta NPWP jika ingin limit transaksi yang lebih besar.

Simple banget ya prosesnya?

Hmm, saya jadi kepikiran untuk menggunakan AIQQON untuk clothing line Little Palmer. Karena transaksi dengan AIQQON juga dapat dilakukan tanpa bertemu dengan pembeli, seperti bisnis yang sedang saya jalani saat ini. Meskipun saya terbuka sekali untuk pelanggan datang langsung ke rumah namun nyatanya secara keseluruhan transaksi yang banyak aktif dilakukan adalah melalui online.

Artinya dengan begini peluang terjualnya produk akan semakin besar. Pernah satu ketika ada satu pelanggan yang berasal dari Malaysia ingin membeli 5 buah baju Little Palmer. Beliau menanyakan apakah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit? lalu jelas dengan berat hati saya katakan belum bisa. Akhirnya pelanggan tersebut mengurungkan niatnya untuk membeli saat itu dan baru datang kembali seminggu kemudian untuk bertransasi dengan menggunakan bank transfer.

Itu baru salah satu case sederhana tentang transaksi yang sudah saya alami selama menjalankan bisnis ini. Sehingga dapat dipastikan ikut excited ketika tahu ada aplikasi pembayaran seperti AIQQON ini.

Harapannya semoga aplikasi ini dapat membantu ekonomi nasional khususnya bagi UMKM dan Industri Kreatif Indonesia.

***

:: 15 Juli 2019 ::

 

One comment

  1. ما شاءالله ..
    Mantulll, semoga pelaku online Indonesia semakin jaya dan sukses, kepada yang masih gaptek alias awam urusan website kedepannya di beri keinginan belajar apalagi pelaku online yang sudah exis bersedia memberikan ilmunya secara gratis. .
    Berharap dari kesadaran manusia super…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s