Kopdar Pertama IPC Bandung

 

Silaturrahim Perdana di Taman Balai Kota

IMG-20151102-WA0009

Banyak tersebar komunitas parenting di Bandung bahkan di Indonesia, tetapi Islamic Parenting Community (IPC) adalah komunitas parenting pertama berbasis islami yang pernah saya temui. Komunitas yang berinteraksi via grup WhatApp ini sudah ada sejak Januari 2015 dengan sebagian besar ibu-ibu muda yang berdomisili hampir tersebar di seluruh Indonesia bahkan sampai di luar wilayah Indonesia seperti Jepang, Prancis dan Jerman. Semua beramah tamah dan bertegur sapa seperti tanpa ada sekat satu sama lainnya.

IMG-20151102-WA0004

IMG-20151102-WA0005

Untuk beberapa member yang berdomisili satu kota maka sesuai kesepakatan bersama dapat mengadakan kopdar per wilayahnya. Untuk Kopdar Bandung yang diselenggarakan di Taman Balai Kota Bandung ini cukup memberikan kepuasan dengan total member yang hadir sekitar 37 orang. Alhamdulillah dengan jadwal yang cukup padat dari pagi hingga siang (jam 09.00-14.00 WIB) kita dapat isi dengan hal-hal bermanfaat dan menyenangkan didalamnya seperti berkenalan satu sama lain, sharing sejarah IPC, diskusi materi parenting dan kesehatan hingga ditutup dengan games bersama.

IMG-20151102-WA0037

Pada acara itu saya diberikan amanah untuk menjadi MC acara. Sedikit sharing pengalaman berharga yang saya rasakan saat menjadi MC adalah jangan takut berbicara di depan banyak orang dan belajarlah berbicara dalam porsi banyak karena ternyata berbicara sedikit dalam waktu sebentar di depan umum akan jauh lebih gugup dibandingkan berbicara dalam waktu yang lama. Fakta : hal tersebut terkait dengan salah satu teori bahwa hati dan pikiran seseorang selalu butuh penyesuain beberapa saat dalam melakukan sesuatu. Misal si A butuh waktu adaptasi 10 menit untuk rileks saat berbicara sedangkan si A diberikan kesempatan berbicara hanya dalam waktu 5 menit saja maka kesan yang terlihat dari si A : gugup dan tidak pandai berbicara di depan umum. Kesimpulannya adalah berikan kesempatan pada diri kita untuk terus menggali potensi diri sebanyak-banyaknya.

IMG-20151102-WA0029

Banyak sekali manfaat dari silaturrahim seperti ini diantaranya menambah ilmu, menikmati suasana seru dan paling penting pengalaman baru. Sebagai penutup acara kami bermain games, berfoto bersama dan membawa makanan limpahan potluck yang tidak habis di TKP 🙂 Alhamdulillah..

img1446427861675

:: 1 November 2015 ::

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s