Apa Itu BATAN dan Nuklir?

 

Yuk Kenalan Dengan Nuklir! πŸ˜‰

IMG_0228

Dalam rangka memperingati HUT BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) ke-57 dan memperingati 50th Reaktor TRIGA 2000 (tahun 1965 Presiden Soekarno meresmikan berdirinya Pusat Reaktor Bandung dengan TRIGA menjadi reaktor pertama yang beroperasi) maka pada tanggal 2-4 Desember 2015 kemarin BATAN Bandung menyelenggarakan open house untuk masyarakat luas agar dapat mengenal lebih dekat mengenai BATAN.

IMG_0194

Istilah nuklir dalam ilmu pengetahuan selalu dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam inti atom. Disiplin fisika nuklir misalnya, merupakan cabang ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari fenomena-fenomena fisika yang terjadi di dalam inti atom. Reaksi nuklir merupakan reaksi yang melibatkan inti atom. Kita juga mengenal istilah reaktor nuklir, yaitu suatu tempat untuk melangsungkan reaksi nuklir secara aman dan terkendali. Nuklir atau inti atom sebenarnya hanyalah bagian yang sangat kecil dari sebuah atom, sedangkan atom itu sendiri merupakan bagian yang terkecil dari sebuah materi. Meskipun demikian, dalam membahas mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir ternyata kita harus berhadapan dengan bidang bahasan yang sangat luas

image
image

Pada open house kali ini masyarakat diajak untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat nuklir itu sendiri bagi kemaslahatan banyak orang. Sehingga nuklir tidak lagi didengar awam hanya untuk komponen pembuatan senjata dan alat perang lainnya. Berdasarkan informasi dari petugas BATAN bahwa nuklir yang dihasilkan dari Indonesia sudah banyak memberikan kontribusi positif di beberapa bidang masyarakat, antara lain bidang kesehatan; tersedianya alat rontgen, bidang pertanian; mendeteksi bibit unggul, bidang industri; mengukur volume air pada air minum kemasan, mengukur ketebalan kertas dsb. Sehingga sangat disayangkan jika masyarakat mengetahui nuklir hanya sebatas tujuan negatif penggunaannya saja.

image

image

Dalam acara ini pengunjung diperkenankan masuk ke dalam Pusat Sains & Teknologi Nuklir Terapan. Saya senang sekali berkesempatan melihat ruangan steril pengendali reaktor nuklir tersebut sambil berdiskusi sebentar dengan salah satu petugasnya di dalam. Ruangan yang tidak begitu luas ini berisi alat-alat kendali nuklir, monitor dan dipenuhi berbagai macam tombol, sedangkan bagian muka ruangan ditutupi kaca penuh ukuran besar untuk memantau reaktor tersebut dari dalam.

image

image

Lokasi BATAN sangat dekat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) sehingga tidak heran banyak sekali mahasiswa ITB yang datang berkunjung. Waktu kami datang sempat ditanyakan asal universitasnya (walaupun datang membawa anak hehe..) dan ternyata kita satu almamater πŸ˜€ Bagi kami upgrade ilmu bisa dimana saja dan kapan saja, terlebih lagi dengan adanya event semacam ini yang sangat mendukung kemudahan informasinya. Terima kasih kepada seluruh petugas BATAN yang bersedia berbagi ilmu bermanfaatnya kepada kami πŸ™‚

image

image

Alamat BATAN Bandung

Jl Tamansari No. 71 Bandung

Telp. 022 250 3997
http://www.batan.go.id

 

::Β 3 Desember 2015 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s