Fun Adventure Playdate with Clefy

Fun Adventure Playdate with Clefy

Fun Adventure Playdate

jendelakeluarga.com – Rasanya selalu bangga tiap kali melihat buku anak edukatif dan menarik hasil karya anak bangsa yang muncul di depan saya. Apalagi kalau buku-buku yang saya maksud adalah hasil tangan dingin teman sendiri yang sudah diakui talentanya.

Namanya Clefiena, biasa dipanggil Clefy. Seorang ibu kreatif dari 2 anak dengan buku pertamanya di tahun 2016 lalu berjudul “Hewan-Hewan dari Negeri Es” yang masih menjadi salah satu buku favorit Ry hingga saat ini.

fun adventure playdate 14
Clefy saat membuka acara

Beberapa hari lalu (10/03) saya dan Ry ikut hadir di acara Fun Adventure Playdate yang diadakan di Bola Seafood BSD, Tangerang. Kegiatan ini biasa diadakan Clefy dan tim saat buku barunya diluncurkan.

Dan di acara Fun Adventure Playdate kali ini terasa agak berbeda karena selain belum lama menerbitkan bukunya berjudul “Petualangan Bersama Teman-Teman” juga karena putra sulungnya bernama Fagan ikut menghasilkan buku perdana berjudul “Aku Suka Rambutku” yang bercerita tentang keunikan setiap manusia. Keren ya. Sayang kami tidak berhasil foto bersama Fagan waktu itu 😀

buku petualangan bersama teman-teman
Buku “Petualangan Bersama Teman-Teman” karya Clefy
fagan.jpg
Buku “Aku Suka Rambutku” karya Fagan
fun adventure playdate 2
Story telling Buku “Aku Suka Rambutku”

Di acara playdate ini ada 2 pilihan tema kegiatan, yaitu Workshop kardus “About Me” bersama Uchy Widya untuk kelompok usia besar dan Fun Archery Games bersama Jejak Kecil untuk kelompok usia kecil.

Ry ikut kegiatan Fun Archery Games dimana aktivitasnya merupakan kolaborasi anak dengan orang tua. Konsep yang dibangun seperti scavenger hunt, anak-anak akan melewati beberapa tahapan rintangan misal melompat lingkaran dan memancing. Sedangkan tantangan pada orang tua cukup menarik melalui aktivitas memanah.

fun adventure playdate 17
Memanah
fun adventure playdate 3
Scavenger hunt
fun adventure playdate 4
Memancing

Setelah misi pertama dalam kegiatan scavenger hunt selesai, selanjutnya aktivitas yang harus diselesaikan oleh anak adalah membuat karya bebas dari material yang tersedia di dalam kotak saat scavenger hunt tadi. Ry membuat robot pemadam kebakaran, katanya dengan bangga 😀

fun adventure playdate 5

fun adventure playdate usia kecil
Kelompok usia kecil
fun adventure playdate usia besar
Kelompok usia besar

Sambil anak-anak berkreasi dengan imajinasinya masing-masing, orang tua diajak mendengarkan sesi talk show bersama Clefy dan Dian Ibung (Psikolog Klinis) di area workshop bersama anak.

fun adventure playdate 8
Suasana workshop dan talk show
IMG_8394
Ki-ka : Dian Ibung, Clefy

Satu hal yang saya ingat pertanyaan dari salah seorang ibu mengenai “Cara agar anak dapat mengambil keputusan dengan tepat terutama dalam hal berpakaian”. Dian Ibung menuturkan pertama, orang tua harus menyadari bahwa anak bukanlah kita (orang tua). Mereka juga berhak memilih apa yang disukai dan apa yang ingin dikenakannya. Kedua, hindari kekhawatiran orang tua pada anak salah memilih pakaian. Berikan anak kebebasan dalam memilih apapun selama itu masih baik. Jika ada kalanya salah dalam pemilihan pakaian (bahan, warna dan model) maka orang tua dapat berperan untuk mengingatkan dan memberikan pengetahuan yang belum ia ketahui sebelumnya, contoh saat bermain di luar ruangan sebaiknya memilih baju berbahan katun.

Clefy juga menambahkan bahwa yang paling utama adalah anak harus percaya diri dulu. Selama anaknya pede sah-sah saja mereka memakai apa yang diinginkannya, seperti halnya ia mendukung hobinya Fagan menggunakan sepatu boots dikala berpergian.

fun adventure playdate 13
Salah satu stand di Kids Bazaar
fun adventure playdate 11
Salah satu stand di Kids Bazaar

Yang juga tidak kalah menarik di acara Fun Adventure Playdate adalah tersedianya Kids Bazaar. Dalam kegiatan bazaar ini anak belajar untuk berani menjual hasil karyanya sendiri dan menawarkan kepada pengunjung yang datang. Bagus sekali untuk memupuk kepercayaan diri dan mengenalkan kepada anak arti sebuah usaha sebelum mendapatkan hasil 🙂

IMG_8434Sebelum berakhirnya acara yang ditutup dengan makan siang, semua peserta foto bersama dulu sambil membawa hasil karyanya masing-masing. Senang rasanya bisa bermain bersama. Semua peserta terlihat bangga dengan hasil karyanya sendiri. Yieyy.. Good job, kids!

Terima kasih Clefy, sukses selalu @cleferikdoodle nya ♥

***

 

:: 10 Maret 2019 ::

 

 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s