About “the Singapore Tourist Pass” (STP)

image

Singapore Tourist Pass atau biasa disingkat STP merupakan cashless card – sebuah kartu yang berfungsi sebagai alat pembayaran saat menggunakan seluruh fasilitas public transportation di Singapura seperti MRT, LRT dan Bus, kecuali Taxi.

Terdapat 3 pilihan kartu, yaitu 1 hari S$10, 2 hari S$16 dan 3 hari S$20. So untuk kamu yang memiliki rencana liburan lebih dari 2 hari disarankan mengambil pilihan yang ke 3 karena jatuhnya lebih murah. Refundable rental deposit berlaku sama S$10. Deposit ini bisa diambil kembali selama batas waktu 5 hari dari tanggal pembelian.

Sedangkan jika rencana liburan lebih dari 3 hari kamu bisa melanjutkan pembelian tambahan pilihan hari. Alternatif lain bisa menggunakan Standard Ticket yang bisa diisi per keberangkatan. Akan tetapi standard ticket tidak berlaku untuk penggunaan bus.

image

image

Pemakaian STP jelas menguntungkan bagi para turis yang berkunjung ke Singapura. Pengalaman kami menggunakan MRT dan Bus dalam satu hari bisa menghabiskan sekitar S$15 per orang pulang-pergi untuk berkeliling tempat wisata di Singapura.

Penggunaan STP juga mudah sama hal nya dengan bus TransJakarta di negara kita. Di Singapura jika menggunakan MRT & LRT, mesin tap STP berada di area depan dan keluar station. Sedangkan jika menggunakan bus, mesin berada pada pintu masuk dan keluar bus. Penumpang wajib menempel kartu tersebut saat naik dan turun dari bus. Perlu diingat bahwa jika kamu lupa tap STP saat keluar dari bus maka pemotongan tarif yang diberlakukan adalah jarak terjauh dari perjalanan saat itu. Rugi adalah konsekuensi dari tidak disiplin πŸ˜‰

image

image

Beberapa lokasi tempat pembelian STP diantaranya Ang Mo Kio, Bayfront, Bugis, City Hall, Changi Airport, Chinatown, Harbourfront, Orchard dan Woodsland. Untuk detail bisa dilihat pada keterangan di bawah ini.

image

image

STP merupakan salah satu produk sebuah perusahaan penerbit kartu terbesar di Singapura, EZ-Link Pte Ltd. Untuk informasi lengkap mengenai Singapore Tourist Pass bisa cek di http://www.thesingaporetouristpass.com.sg

image

image

http://www.jendelakeluarga.com

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s