Cara Membayar Denda BPJS

img_20171127_083255.jpg

Beberapa bulan lalu qadarullah Ry harus room in (lagi) karena astma nya kambuh dan telat ditangani di rumah.

Singkat cerita, kami membawa Ry ke rumah sakit terdekat di sekitar tempat tinggal yaitu RS Tiara Tangerang. Sepengalaman kami rumah sakit ini sangat PRO BPJS, and for sure I admit it.

Karena riwayat pembayaran kartu BPJS Ry yang sebelumnya pernah mengalami keterlambatan akibat adanya perubahan sistem asuransi di kantor pak suami, maka status kepesertaannya menimbulkan denda keterlambatan.

Perlu digarisbawahi bahwa jika ada denda keterlambatan untuk kasus pengajuan rawat inap maka akan berpengaruh pada sistem administrasi rumah sakit setempat. Berbeda dengan rawat jalan yang tidak berpengaruh saat melakukan pengobatan. Pasalnya riwayat denda keterlambatan tersebut akan menggantung di sistem administrasi rumah sakit sehingga wajib bagi peserta untuk segera mengurusnya langsung ke kantor BPJS wilayah dan tidak bisa melalui bank seperti halnya pembayaran bulanan.

Dan perlu diingat juga bahwa aturan BPJS terkait waktu pelunasan denda saat terjadi rawat inap adalah paling lambat 3 x 24 jam sejak pasien di rawat inap atau sebelum pasien pulang ke rumah (mana yang lebih cepat).

Bagi kami aturan ini gambling dan cukup mengagetkan (karena baru tahu juga, Hehe..) karena pasalnya saat dirawat beberapa waktu lalu, Ry masuk rumah sakit pada hari Sabtu sedangkan Sabtu dan Minggu kantor BPJS tutup. Kalau saja waktu itu Ry dinyatakan boleh pulang keesokan harinya (Minggu) maka kami belum sempat mengurus pelunasan denda tersebut ke kantor BPJS, which is kami harus membayar seluruh biaya yang muncul dengan kocek pribadi alias kepesertaan BPJS dinggap tidak berlaku.

HIGHLIGHT : Jika terdapat riwayat denda keterlambatan pada kepesertaan BPJS SANGAT DISARANKAN untuk SEGERA mengurusnya di kantor BPJS wilayah sebelum terjadi rawat inap di kemudian hari.

IMG_20171127_083223

bayar denda bpjs

Selanjutnya saya akan bahas tahapan yang harus dilakukan saat mengurus pembayaran denda keterlambatan tersebut di kantor BPJS.

Tepat jam 7.30 WIB saya sampai di kantor BPJS wilayah Kota Tangerang yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan Tangerang. Pertama, saya langsung masuk ke dalam barisan antrian yang sudah mengular sejak subuh di halaman depan kantor BPJS. Tepat jam 8 pagi barulah pintu kantor dibuka oleh petugas sebagai tanda sudah bisa mengambil nomer antrian loket.

img_20171127_080806.jpg

IMG_20171127_085745

Khusus untuk loket terkait pembayaran denda diperlakukan agak berbeda yaitu semua dokumen yang diberikan oleh rumah sakit (berkas khusus mengurus denda di BPJS) dikumpulkan terlebih dahulu di meja loket untuk dilakukan pengecekan dan perhitungan jumlah denda oleh petugas. Kemudian dari urutan dokumen tersebut baru akan dipanggil berdasarkan nomer antrian yang sudah dipegang.

PicsArt_01-26-05.47.19
(abaikan nilai biaya yang entah hitungannya dari mana)

Setelah keluar jumlah denda yang harus dibayarkan, maka langkah selanjutnya adalah membayar denda tersebut melalui 2 cara, yaitu pembayaran transfer melalui ATM Mandiri atau pembayaran tunai melalui Kantor POS terdekat. Pilihan ini bersifat mutlak.

Jika kamu adalah pemilik rekening Bank Mandiri dan mempunyai kartu debet Mandiri maka langkah ini akan lebih sederhana. Cukup datang ke ATM dan ikuti tahapan pembayaran yang tampil di layar mesin ATM.

Namun jika tidak memiliki kartu debet Bank Mandiri seperti saya, maka pilihan kedua lah yang harus dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

Datanglah ke kantor POS terdekat dan sampaikan kepada satpam setempat bahwa ingin membayar denda BPJS. Lalu satpam akan mengarahkan untuk masuk ke dalam antrian kasir yang sesuai.

IMG_20171127_103506
kantor POS
PicsArt_01-26-05.48.14
bukti pembayaran lunas

Setelah melakukan pembayaran tunai di kasir maka akan didapatkan bukti pelunasan. Bukti lunas pembayaran inilah yang nantinya wajib ditunjukkan (tidak diserahkan) kepada pihak rumah sakit untuk diinput sebagai bagian dari tertib administrasi.

Gimana mudah bukan? mudah namun lelah 😀

NOTE :

  • Datanglah sepagi mungkin, semakin pagi maka urutan pengambilan nomer antrian akan semakin di depan.
  • Persiapkan dokumen yang nanti akan diserahkan, jika perlu fotocopy terlebih dahulu untuk arsip pribadi.
  • Berani bertanya jika ada hal yang membingungkan, tanyakan langsung kepada petugas untuk mendapatkan informasi yang akurat.

***

Alamat Kantor BPJS Tangerang :
Jl. Perintis Kemerdekaan II, Babakan, Tangerang

:: 27 November 2017 ::

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s