5 Spot Foto Terbaik Candi Prambanan yang Menawan

candi prambanan
Source : Pixabay

jendelakeluarga.comCandi Prambanan memiliki pesona tersendiri dilihat dari berbagai sudut, apalagi diabadikan dalam berbagai bentuk karya foto, video, dan lukisan. Bagi penggemar fotografi, pastinya tidak puas hanya mendapatkan gambar candi dari satu sisi saja.

Nah berikut ini beberapa spot foto terbaik untuk mengabadikan kompleks Candi Prambanan dan sekitarnya, yaitu:

1. Reruntuhan Candi Perwara

Di sekitar candi induk terdapat banyak runtuhan candi pengiring atau candi Perwara yang tersusun rapi. Reruntuhan biasanya dijadikan latar depan bagi fotografer untuk memotret keseluruhan Candi Prambanan.

ForegroundΒ berupa reruntuhan memberikan efek berbeda ketika melakukan pengambilan gambar dari sisi tersebut. Jika mencari bagian reruntuhan terbaik, lokasinya berada di sisi timur laut di mana ketiga candi utama terlihat jelas. Akan lebih sempurna jika diambil pada sore hari menjelang matahari terbenam. Letak spot ini ada pada koordinat -7.751166, 110.492141.

Baca : Spot foto di Kebun Raya Bogor

2. Spot Bu Ani Yudhoyono

Setelah menunjukkan tiket yang dibeli dari Traveloka di depan gerbang, kamu dapat masuk ke kompleks Prambanan. Sebelum menuju ke pelataran candi dari jalan utama, coba berbelok ke arah selatan dan dekati sebuah pohon mahoni. Dari spot ini, carilah sudut pengambilan tepat yang menampakkan gambar seluruh candi dengan bingkai pohon mahoni. Gambar akan terlihat semakin indah jika diambil pada pagi hari.

Lokasi memotret ini sebelumnya tidak begitu dikenal karena letaknya berada di sudut tenggara kompleks candi dan tersembunyi. Namun, spot ini menjadi populer setelah bu Ani Yudhoyono mengabadikan foto dari titik tersebut. Lokasinya tepat spot bu Ani berada di koordinat -7.752850, 110.492570.

Baca juga : Taman Foto Bandung

3. Candi Nandi

Candi Nandi merupakan sebuah candi pengiring yang berada di depan 3 candi utama. Pada pintu masuk candi, Anda akan mendapati gapura kecil yang menghadap ke 3 candi utama atau candi induk.

Dari belakang gapura kecil inilah, kamu dapat mengambil foto ketiga candi utama dengan sempurna. Sayangnya, penampakan secara utuh hanya dapat diambil dengan menggunakan lensa wide. Sehingga spot ini kurang diminati wisatawan. Jika Anda ingin mencobanya, datangi lokasi dengan koordinat: -7.752036, 110.491560 ini ketika berkunjung ke Prambanan.

4. Syiwa Mandala

Ketika menjelang matahari terbenam, petugas akan mengarahkan pengunjung keluar dari kompleks candi. Di pelataran, kamu dapat mengambil foto, tepatnya di lapangan luas bernama Syiwa Mandala yang kerap dijadikan sebagai tempat favorit menikmati senja. Meskipun bukan lokasi terbaik, tetapi tempat ini cukup bagus untuk mengabadikan senja dengan latar depan Candi Prambanan. Koordinat tempat ini yaitu -7.750248, 110.490957.

5. Spot Riyadi

Tidak seperti spot yang lain, spot Riyadi berada di sebuah bukit di Dusun Dawangsari, Desa Sambisari, Prambanan, 2 km dari Candi Prambanan. Lokasinya yang tinggi memberikan sudut terbaik untuk memotret candi dari atas beserta bentang alam di sekitarnya.

Waktu terbaik untuk mengambil gambar dari tempat ini yaitu ketika pagi jelang matahari terbit, sehingga kamu dapat melihat candi yang bermandikan sinar keemasan dan kabut yang menyelimutinya. Sementara pada malam hari, keindahannya semakin sempurna dengan cahaya lampu sorot yang menerangi candi serta lampu pemukiman di
sekitarnya. Koordinatnya berada di titik -7.769104, 110.502114.

Baca juga : 3 Tempat Wajib DikunjungiΒ  di Kyoto Jepang

Spot ini sebenarnya merupakan pekarangan rumah milik bapak Riyadi yang dibuka untuk pengunjung dan ditata rapi sejak tahun 2015. Meski sebenarnya sudah dikenal oleh fotografer sejak tahun 2007. Di tempat ini, keluarga bapak Riyadi membangun kafe sederhana serta menyewakan tenda dan area kemah dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Itulah 5 rekomendasi tempat terbaik untuk mendapatkan foto Candi Prambanan dengan sudut yang sangat menakjubkan. Gimana seru ya berburu spot foto kece demi hasil yang paripurna? πŸ˜€ Jangan lupa memasang aplikasi GPS ya untuk menemukan koordinatnya dengan mudah.

18 comments

  1. Spot foto penting banget nih untuk pengambilan foto yang sempurna. Seringnya cari-cari dulu dimana posisi yang pas, susah-susah gampang sebenarnya. Tapi kalau kita sudah menemukan spot yang tepat, yakin hasil foto akan sempurna.

    Like

  2. Candi Prambanan adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yg pengen banget aku kunjungin bareng keluarga.. kalo ngeliat fotonya, apalagi kalo ada event2 konser di TV yg latar belakangnya Candi Prambanan, rasanya pengen banget berkunjung segera ke sana..

    Like

  3. Aku belum pernah ke Candi Prambanan dan semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke Candi Prambanan. Soalnya aku sering lihat temenku upload foto yang keren banget pas ke Candi Prambanan lalu seketika aku pengen ke Candi Prambanan juga.

    Like

  4. Wesss berarti terinspirasi dari bu Ani ada ya spotnya yang menarik 😍. Aku baru sekali ke prambanan. Tapi masih inget gambaran tentang candi di sana. Semoga nanti bisa berkesempatan maen ke sana lagi dan ngikutin spot di atas untuk pengambilan gambarnya

    Like

  5. Jadi pengen ke candi Prambanan. Bagus ya buat foto-foto? Memang kita bisa memaksimalkan spot foto buat dapat angle yang bagus. Jadi dapat diposting di media sosial, dan pastinya stok foto-foto biat artikel.

    Like

  6. Saya juga pengen banget ke sini, tapi dulu kehalang sama ada satu dari rombongan yang ga punya dana. Mau disuntikkan dana, orangnya ga mau ngutang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s