Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan

Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

ramadan anti boncos hero group

jendelakeluarga.com – Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi semua umat muslim. Berkah pahala, berkah kesabaran dan tentu saja berkah rezekinya. Aamiin.

Tantangan terberat bagi sebagian orang di bulan Ramadan ini adalah selain menahan hawa nafsu, lapar dan minum tentunya, juga menahan godaan sale alias promo dimana-mana. Setuju? Iya donk.

Apalagi bagi sebagian kaum hawa khususnya para mama akan merasa semua barang wajib dibeli jika label SALE sudah terpampang nyata di depan mata 😛 Padahal sebenarnya ada lho tips yang bisa diterapkan agar terhindar dari godaan semacam itu hihi.

Berikut pedoman ala saya dalam mengontrol keuangan rumah tangga :

  1. Buat daftar belanja sekaligus besar anggarannya. Jangan coba-coba mangkir dari daftar yang tertera.
  2. Belanja berdasarkan skala prioritas. Bisa juga dibantu dengan menggunakan metode amplop sesuai dengan jenis pengeluarannya.
  3. Hindari penggunaan kartu kredit. Terlepas kaitannya dengan hukum Agama Islam, saya prefer tidak punya sama sekali.
  4. Teliti dan bandingkan sebelum membeli barang, jangan hanya fokus pada brand tertentu saja.
  5. Simpan nota atau struk belanja untuk membandingkan harga pada bulan berikutnya.

Gimana, cukup membantu? 😀


Beberapa hari lalu (02/05) saya diundang Bloggers Meet Up oleh The Urban Mama bersama Hero Group yang terdiri dari Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA.

Acara berfaedah ini berlangsung di Co Hive Kuningan Jakarta Selatan dengan menghadirkan talkshow interaktif bertema “Anti Boncos di Bulan Ramadhan” bersama narasumber antara lain :

• Ligwina Hananto – Financial Management Consultant
Karlina Elisabet Wirian – Perwakilan Management Giant
Yik Hun – Perwakilan Management Hero Supermarket
Ririn Basuki – PR Manager IKEA
Erin Arifin – Head of Marketing Guardian

hero group ramadan anti boncos (2)
Boncos merupakan istilah dalam bahasa gaul anak muda yang artinya tidak dapat apa-apa alias bocor. Istilah ini dipinjam untuk mengasumsikan bahwa pengeluaran yang menjadi rutinitas dalam rumah tangga bisa saja terjadi kebocoran alias besar pengeluaran yang berada diluar perhitungan.

Ligwina Hananto mengatakan bahwa ada 3 jenis pengeluaran yang harus dipisahkan dan dipelajari agar tidak boncos :

1. Pengeluaran Rutin; tagihan listrik, pulsa handphone, iuran sekolah, belanja dapur dll
2. Pengeluaran Lifestyle; piknik, nonton bioskop, ngopi di cafe dll
3. Pengeluaran Sosial; sedekah, zakat, membantu sanak saudara yang membutuhkan dll

Salah satu tips agar pengeluaran tidak boncos terutama di Bulan Ramadan adalah dengan memanfaatkan promo-promo menarik saat kita hendak berbelanja.

Kali ini penawaran menarik datangnya dari Hero Group, dimana diantaranya membuat program belanja hemat selama bulan Ramadan. Pas banget sebagai solusi dalam mengontrol pengeluaran khususnya hingga menjelang lebaran.

Check this out..

Hero Supermarket

Terdapat Program Pasar Ramadan 30 Days of Discovery, dengan pembelanjaan minimum Rp. 300.000 berhak melakukan pembelian produk yang sudah ditentukan dengan harga spesial. Selain itu ada juga Program Tematik 30 Days of Discovery yang berlaku dari tanggal 29 April – 6 Juni 2019 dengan menghadirkan banyak produk berkualitas dengan brand terbaik. Info selengkapnya tentang program ini dapat mengunjungi www.herosupermarket.com

hero festives activity

Giant

Setelah periode sebelumnya mengusung promo Harga Teman, di bulan Ramadan kali ini Giant memiliki program Belanja Murah Bulan Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dengan menghadirkan berbagai menu baru dari makanan siap saji dengan harga yang murah dan rasa yang menggugah selera pastinya. Cek selengkapnya di www.giant.co.id.

Guardian

Bukan hanya supermarket saja yang memiliki program promo selama Ramadan ini, Guardian dimana merupakan beauty and health store juga menawarkan program menarik yaitu Fit & Cantik Selama Ramadan. Ada ratusan produk dengan diskon spesial hingga 30% dan berbagai tips menjaga tubuh tetap fit dan cantik selama bulan Ramadan. Promo dari Guardian selama Ramadan ini berlangsung pada periode 25 April – 22 Mei 2019. Ada juga Promo +1000 dimana pelanggan menambahkan Rp. 1000 saja sudah bisa mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit. Cek infonya di instagram @guardian_id ya.

guardian

IKEA

Siapa tak kenal dengan IKEA? Pusat penjualan perabot rumah tangga asal Swedia ini juga menawarkan program promo selama bulan Ramadan lho. Diantaranya penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp. 499.000 menjadi Rp. 399.000  berlaku hanya dari tanggal 26 April – 5 Mei 2019. Selain itu ada juga Gift Voucher senilai Rp. 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan pembelian minimal Rp. 15.000.000 dan kelipatan Rp. 5.000.000 selama periode 25 April – 26 Mei 2019. Untuk update infonya bisa mampir ke www.ikea.co.id

ikea

Tertarik? Tergoda juga gapapa, kan sudah tahu tips mengatur keuangannya 😀

Terakhir, berikut pesan dari Ligwina Hananto yang saya highlight waktu itu :

“Mengatur keuangan adalah tentang JUJUR dengan diri sendiri, jujur dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada.”

hero group ramadan anti boncos 2

Oke, selamat belajar mengatur keuangan dengan hemat dan cerdas ya. Semoga berkah Ramadan tahun ini dapat mengalir untuk kita semua. Aamiin.

***

:: 02 Mei 2019 ::

 

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s