Museum Geologi Bandung

8 Juni 2014

Wisata Ilmu Bumi dan Temuan Purbakala

geologi

Museum Geologi diresmikan pertama kali saat pembukaan gedung “Dienst van den Mijnbouw” tanggal 16 Mei 1929. Peresmian ini bertepatan dengan pembukaan kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-IV yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung. Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran yang dilengkapi dengan sarana laboratorium geologi dan museum untuk menyimpan dan memperagakan hasil survei geologi. Rasanya sangat sayang dilewatkan untuk tidak main sambil belajar di museum apik ini.

Museum Geologi memiliki 4 ruang pameran atau peragaan :

  • Ruang Geologi Indonesia ; Pada ruang ini diperagakan asal mula bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, batuan dan mineral, pelapukan dan erosi, geologi pulau-pulau di Indonesia dan gunung api.

CYMERA_20151114_014539[1]

  • Ruang Sejarah Kehidupan ; Terbagi kedalam 4 sudut peraga (Pra Kambrium dan Paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Tersier dan Zaman Kuarter), 1 sudut dunia fosil untuk memahami peragaan, terdapat juga informasi tentang sejarah terbentuknya kota Bandung, peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung.
fosil
Fossil
  • Ruang Sumber Daya Geologi ; Terdapat beberapa peragaan seperti pengenalan Sumber Daya Geologi, Mineral Logam, Mineral Non Logam, Batu Mulia, Minyak dan Gas Bumi, Batubara, Panas bumi dan Sumber Daya Air.
CYMERA_20151114_014611[1]
Pengenalan Panas Bumi
  • Ruang Manfaat dan Bencana Geologi ; Terdapat Informasi mengenai pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman serta informasi tentang bencana geologi (Gempabumi, Gunungapi, Tanah Longsor dan Tsunami).
CYMERA_20151114_014518[1]
Simulator Gempa Bumi

Fasilitas yang terdapat di museum ini cukup lengkap antara lain ; auditorium yang dapat digunakan sebagai acara seminar, pemutaran film dan kegiatan lainnya; ruang edukasi yang digunakan sebagai sarana diskusi; souvenir shop; poliklinik; masjid dan toilet. Tiket masuk yang berlaku disini juga sangat terjangkau yaitu Rp 3,000 (pengunjung lokal) dan Rp 20,000 (pengunjung mancanegara)

.

Jam Operasional :

Senin-Kamis : 08.00-16.00 WIB

Sabtu-Minggu : 08.00-14.00 WIB

Jumat dan libur nasional tutup

 

 

Alamat Museum Geologi

Jl. Diponegoro No. 57

Cibeunying Kaler, Bandung

Telp. 022 720 3822

Fax. 022 721 3934

Email : museumgeologi@grdc.esdm.go.id

 

:: 8 Juni 2014 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s