Museum Madame Tussauds Singapore

image

Siapa yang tidak mengenal museum fenomenal ini, Madame Tussauds merupakan museum patung orang ternama dunia satu-satunya dengan konsep seni modern yang terbuat dari lilin. Disini pengunjung dapat menyentuh, beradu peran hingga berkreasi menggunakan properti dengan tokoh kesayangan. Museum ini sudah memiliki lebih dari 20 jaringan di seluruh dunia antara lain;Β  Asia [Shanghai, Hongkong, Singapore, Bangkok, Tokyo] ; Amerika [Hollywood, Las Vegas, New York, Orlando, San Fransisco, Washington DC] ; Eropa [Amsterdam, Berlin, Blackpool (UK), London, Vienna (Austria), Prague] dan Australia [Sidney].

Madame Tussauds Singapore sendiri terletak di kawasan wisata terpadu Sentosa Island. Untuk mencapai tempat ini kamu bisa menggunakan MRT atau bus. Jika memilih menggunakan MRT bisa turun di Harbour Front Station yang berada tepat di area Sentosa Island, sedangkan jika ingin naik bus kamu bisa turun di VivoCity dan berjalan melalui VivoCity Shopping Mall dilanjutkan menyusuri Sentosa Boardwalk. Kami memilih yang kedua dengan alasan ingin merasakan sensasi menggunakan travelator saat boardwalking di sepanjang perjalanan dengan pemandangan indah Sentosa Island.

image

image

image

image

Setelah sampai di tempat wisata yang dituju, kami mengambil jalan ke arah bola Universal Studio, jangan lupa selfie disini ya! πŸ˜‰ kemudian naik menggunakan eskalator bertemu dengan Merlion Sentosa. Dari situ jalan terus ke arah kanan mengikuti beberapa eskalator ke atas. Puncaknya kamu akan menjumpai Museum Madame Tussauds berada tepat di sebelah kiri saat sampai diatas.

image

image

image

Ticketing booth berada persis di sebrang Museum Madame Tussauds. Kemarin kami menggunakan online ticket yang bisa di unduh dari website resminya. Di booth ini cukup menyebutkan booking code kepada petugas maka tiket fisik akan segera di cetak. Atau jika bingung tunjukkan saja tiket online kamu yang ada di handphone kepada petugas, mereka akan mengerti maksud dan tujuan kita πŸ˜€

image

Yuk mulai petualangan di dalam! πŸ˜‰

image

Di halaman depan sebelum masuk pintu utama museum terdapat patung Lady Gaga yang menjadi “penerima tamu” spesial. Kemudian kamu akan bertemu dengan concierge yang ramah lengkap dengan seragam merah yang dikenakannya. Petugas akan mengambil robekan tiket fisik yang kita tukarkan tadi di depan museum. Tiket yang sudah dibeli merupakan paket dari 3 jenis pertunjukan yang ditawarkan yaitu Museum Madame Tussauds Singapore, The Spirit of Singapore Boat Ride dan Images of Singapore LIVE. Sebenarnya untuk Singapore Boat Ride pengunjung diajak berkeliling seluruh area pertunjukan menggunakan perahu tetapi sayang saat itu perahunya sedang under maintenance 😦

image

image

image

image

Lupakan Singapore Boat Ride. Lanjut lagi berjalan ke dalam, kami mulai menemukan beberapa patung lilin. Sebagai informasi, Museum Madame Tussauds Singapore terbagi menjadi 8 area yaitu History and Leaders, Sports, Behind the Scenes, Film part I, Music, Film part II dan A List Party. Zona pertama adalah History and Leaders. Tokoh pertama yang ditemui adalah mantan presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Sebagai warganegara yang baik kami tentu tidak melewatkan foto bersamanya πŸ˜‰ Persis didepannya ada presiden pertama RRC Mao Zedong. Berjalan sedikit kami menjumpai beberapa tokoh berpengaruh dunia seperti Presiden USA Barack Obama, Nelson Mandela dan Mahatma Ghandi. Ada juga perdana menteri dan tokoh politik Singapura, Lee Hsien Loong dan Goh Chok Tong. Pengunjung satu per satu berfoto dengan mengatur posisi sesuai layout yang dibuat sedemikian rupa seperti meja kerja, podium pidato, bendera kebangsaan dsb.

image

image

image

image

image

image

image

image

Yang paling menarik adalah kami bisa satu frame dengan keluarga Kerajaan Inggris yang terdiri dari Ratu Elizabeth II, Pangeran William, Kate Middleton dan Pangeran Harry πŸ˜€ Khusus di area ini terdapat photographer profesional yang akan membantu pengunjung mengambilkan gambar. Bisa juga menggunakan kamera yang dimilikinya kemudian foto dapat diambil di booth sebelum ke lorong pintu keluar. Dan terakhir, di area History and Leaders ini terdapat meja bundar ukuran besar yang berisi informasi mengenai sejarah penting dunia.

image

image

image

Berpindah ke zona berikutnya yaitu Sports. Di ruang terpisah tersendiri kami menjumpai kapten sepak bola Inggris, David Beckham, sedang serius sit-up di atas bangku pemain. Sudah bisa ditebak banyak pengunjung yang berfoto sambil mencoba menirukan gaya Beckham di bangku yang tersedia di sebelahnya, termasuk si mas suami ini πŸ˜›

image

Di ruang berikutnya ada banyak atlet dunia lengkap dengan atribut khas cabang olahraga masing-masing seperti pemain tinju Muhammad Ali dengan sarung tangan tinjunya, pemain sepak bola favorit para wanita Christiano Ronaldo yang juga tersedia area lapangan bola mini lengkap dengan bola virtualnya, Pemain bulu tangkis legendaris asal Indonesia Rudi Hartono yang memegang raket, atlet cricket asal India Sachin Tendulkar, pesepak bola Indonesia Andi Ahmad dengan bola di kakinya, pemain golf dunia Tiger Woods lengkap dengan stick golf dan mini lapangan golf dan terakhir Yao Ming dengan gaya slamdunk beserta properti bola dan ring basketnya.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Dari zona olahraga kemudian terus mengikuti jalan terdapat area besar dimana sejarah patung lilin ini berdiri. Dari mulai proses pembuatan, alat-alat yang dibutuhkan hingga hasil akhirnya yang kemudian di sebar di beberapa titik Museum Madame Tussauds di seluruh dunia.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Berlanjut ke Music Zone atau A List Party. Terdapat penyanyi-penyanyi internasional seperti Katy Perry, Madonna, Beyonce Knowles, Madonna, Elvis Presley, JJ Lim dan sejumlah patung lilin Michael Jackson dengan berbagai usia lengkap dengan setting panggung dan propertinya. Sesuai dengan namanya, di area List Party ini paling banyak menyediakan berbagai macam properti sebelum berfoto dengan artis favorit. Tersedia rambut palsu warna warni, kacamata, topeng, topi, tongkat bahkan jaket kulit yang bisa digunakan oleh pengunjung.

image

image

image

image

image

image

Kemudian sebelum memasuki zona film, kami disambut dengan Behind the Scene zone. Disini terdapat sejumlah perlengkapan dan peralatan pembuatan film dan video clip yang di setting sedemikian rupa menyerupai aslinya. Setelah itu kami bertemu dengan area syuting Oprah Winfrey Show yang tentu saja lengkap dengan host-nya, Oprah Winfrey πŸ˜€

image

image

image

image

Baru setelah itu masuk ke dalam Film zone. Pada bagian ini menampilkan beberapa movie stars yaitu Hollywood, Bollywood & Asian Stars. Untuk Asian terdapat Jackie Chan & Bruce Lee. Bollywood ada Amitabh Bachan, Hrithik Roshan & Sharukh Khan. Sedangkan sejumlah artis Hollywood papan atas seperti Marlyn Monroe, Daniel Craig, Tom Cruise, Leonardo DiCaprio, Johnny Depp, Nicole Kidman, Arnold Schwarzenegger, Audrey Hepburn, Brad Pitt & Angelina Jolie

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Berpose naik sepeda hingga ke bulan seperti dalam film E.T menjadi bagian akhir dari wisata selfie di museum yang baru dibuka pada Oktober 2014 lalu. Sebelum bertemu pintu keluar kami menjumpai Souvenir Shop untuk pengunjung yang ingin hunting pernak pernik terkait tokoh yang ada di museum ini. Di Souvenir Shop terdapat patung lilin petenis wanita dunia asal Amerika, Serena William, yang seolah membuat pengalaman di museum ini belum berakhir. Oh ya, sebelum kamu benar-benar keluar dari gedung ada seorang petugas yang akan mewawancarai sebentar sebagai testimoni tempat wisata ini melalui komputer yang terdapat di sudut ruangan.

image

image

image

image

In the end, secara keseluruhan museum ini highly recommended sebagai alternatif menikmati keseruan bersama keluarga. Selain itu minimal dapat membayar rasa penasaran kami dengan bentuk (menyerupai) aslinya orang-orang yang selama ini hanya bisa dilihat melalui televisi πŸ˜€

***

Beberapa Fakta Tentang Madame Tussauds : *sumber : 4muda.com

β€’ Museum Lilin Madame Tussauds didirikan oleh Marie Grostholtz yang berkebangsaan Perancis.

β€’ Nama Madame Tussauds diambil setelah Marie menikahi seorang insinyur sipil bernama Francois Tussauds. Sehingga namanya menjadi Marie Tussauds dan orang memanggilnya madame. Nyonya Tussauds atau Madame Tussauds dalam bahasa Perancis.

β€’ Patung pertama yang dibuat oleh Marie Tussauds adalah Voltaire (seorang filsuf dari Perancis) pada usia 16.

β€’ Meskipun Marie Tussauds berkebangsaan dan lahir di Perancis. Museum Madame Tussauds berdiri pertama kali di London Inggris tahun 1835.

β€’ Ketika Revolusi Perancis Marie Tussauds pernah dipenjara dan nyaris dihukum mati pihak pemberontak. Namun Marie berhasil melobi para pemberontak dengan membuatkan replika kepala-kepala bangsawan Perancis yang mati terpancung dan selanjutnya disebut topeng kematian.

β€’ Koleksi topeng kematian yang dibuat Marie tertata rapi di ruang β€œChamber of Horrors” Madame Tussauds London.

β€’ Tiap patung yang dibuat setidaknya memerlukan 250 proses pengukuran dan pemotretan, lebih dari satu ton lilin dan 45.000 dollar Amerika untuk membayar 20 seniman yang bekerja ratusan jam.

β€’ Jika model yang dijadikan patung masih hidup maka sang model akan diundang untuk dilakukan pengukuran, namun jika model yang ingin dibuatkan patungnya telah meninggal. Seperti contoh kita akan membuat patung tokoh Presiden Soekarno, maka pihak museum akan menggali data dari foto dan kerabat dekatnya.

β€’ Setiap patung memiliki tim yang bertugas merawat rambut, membersihkan, dan menata rias atau make up sang patung. Semua dilakukan secara rutin setiap harinya.

β€’ Madame Tussauds London sempat terbakar di tahun 1925 dan membakar beberapa patungnya. Untungnya cetakannya masih bisa terselamatkan dan bisa dibuat ulang.

β€’ Patung yang paling banyak dicium adalah Kyle Minogue sedangkan Patung yang paling banyak dipeluk adalah Justin Timberlake. Sehingga membuat dua patung tersebut memakan biaya perawatan lebih mahal dari yang lain.

β€’ Patung Presiden Soekarno bisa kita temui di Madame Tussauds Singapore, Bangkok, dan Hongkong.

β€’ Patung lilin terbesar yang pernah dibuat Tussauds adalah Hulk sedangkan yang terkecil adalah Tinkerbell

β€’ Museum Madame Tussaud pernah menjadi setting film Jackie Chan β€œShanghai Knights”

Alamat Madame Tussauds Singapore :
40 Imbiah Road
Imbiah Lookout, Sentosa
Singapore, 099700

Jam Operasional :
Senin-Jumat : 10.00-18.00
Sabtu-Minggu : 10.00-19.30

Harga Tiket :
Dewasa (> 13 tahun) : S$29
Anak-anak (3-12 tahun) : S$19
Manula (> 60 tahun) : S$20

https://secure.madametussauds.com/

:: 29 Maret 2016 ::

http://www.jendelakeluarga.com

2 comments

  1. […] Tidak terasa sudah hari ketiga di Singapura. Kali ini kami banyak menghabiskan waktu di Sentosa Island. Untuk mencapai ke tempat ini kamu dapat menggunakan MRT atau Bus. Jika memilih menggunakan MRT bisa turun di HarbourFront Station yang berada tepat di area Sentosa Island, sedangkan jika ingin naik bus kamu bisa turun di VivoCity dan berjalan melalui VivoCity Shopping Mall dilanjutkan menyusuri Sentosa Boardwalk. Kami memilih yang kedua, alasannya ingin merasakan sensasi ber-travelator saat boardwalking dan menikmati indahnya pemandangan Sentosa Island hanya dengan berjalan kaki. Keterangan ini sudah saya berikan juga pada postingan sebelumnya dalam artikel Madame Tussauds Singapore […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s