“Sambal Lalap” Menambah Daftar Kuliner Murah di Bandung

Tunjuk tangan yang hobi kulineran murah meriah? Kayaknya bukan hanya yang hobi saja ya tapi semua orang yang mencari jajanan di luar rumah pasti punya kriteria standar seperti hidangan enak, kenyang dan (kalau bisa) murahmeriah alias harga bersahabat.

Ada satu tempat kuliner yang setiap kali dilewati selalu saja ramai pengunjung. Saya tekankan, SELALU dalam versi kami. Karena penasaran, saat waktu luang kami pun ikut merapat juga. Tempat makan ini namanya “Sambal Lalap”.

IMG_0099

Letaknya di Jl. Dipati Ukur Bandung bersebelahan persis dengan pool pusat travel CitiTrans yang merupakan lokasi strategis di sekitaran kampus membuat tempat ini sangat mudah dipenuhi pengunjung, terutama mahasiswa 😀 Padahal waktu itu kami kesini pada hari Minggu dimana pengunjung yang datang tetap saja di dominasi oleh anak muda dan hanya kami saja yang terlihat membawa anak hehe.

Dari segi harga disini tergolong (super) murah. Menu andalannya adalah paket ayam penyet dan paket lele terbang. Jangan kaget kalau harga yang dibanderol agak dibawah rata-rata. Sebut saja Paket Ayam Penyet yang berisi nasi putih, ayam penyet, terong, tahu dan tempe goreng serta lalapan hanya seharga Rp. 14,000. Kamu bisa menambahkan es teh jumbo dengan harga Rp. 2,500 saja. Untuk Paket Lele Terbang yang berisi nasi, lele, tahu dan tempe goreng plus es teh jumbo seharga Rp. 9,500. Dengan harga segini rasanya pecel ayam atau pecel lele warung tenda langganan sebelumnya bisa kalah saingan nih! Untuk kamu yang tidak suka dengan menu paketan, disini tersedia juga menu angkringan seperti ayam kecap, ayam gulai, tumis sayur, telor dadar, telor sambal, tempe bacem, capcay, pepes ikan dan sebagainya.

Oh ya, mengingatkan untuk yang biasa makan dengan porsi besar (biasanya para lelaki 😛 ) karena menurut pak suami, porsi nasi disini kurang banyak dan ukuran ayamnya juga tidak terlalu besar. Alternatif lain ya kudu pesan 2! 😀 Sesuailah dengan harga yang ditawarkan. Nah mengenai rasa sudah cukup memuaskan untuk lidah kami bertiga (termasuk si balita). Ayamnya lembut dan bumbunya terasa di lidah. Bonus terong, tahu dan tempenya juga enak tidak ada masalah. Hanya saja hati-hati dengan sambalnya karena ampun banget dpedasnya! Itu bagi yang tidak suka pedas seperti saya *urang awak KW3*

IMG_0088

IMG_0095

Selain motto “Halalan Thayyiban” yang disematkan pada branding-nya, tempat makan ini juga memberikan 10% keuntungannya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Suka sekali dengan idenya, selain mengajak konsumen untuk berbelanja sekaligus kampanye untuk beramal 🙂 Pesan ini mengingatkan saya dengan salah satu tempat makan juga namanya Wong Solo. Pantaslah ternyata oh ternyata Sambal Penyet ini masih under management dari mereka. Pernah beberapa waktu lalu salah satu komunitas saya menggandeng Wong Solo di suatu acara kami jadi kurang lebih mengetahuinya. Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut 🙂

IMG_0098

IMG_0080

Satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah ukuran outlet yang kurang luas dan tidak sepadan dengan tingkat mobilitas para pengunjungnya. Walaupun ditunjang dengan meja lesehan tapi tetap saja dirasa masih kurang. Memang sih disini bukan kafe tempat nongkrong untuk berlama-lama apalagi membawa banyak sanak saudara, jadi alasan itulah kami katakan tidak masuk kategori kids and family friendly. BMC, Beres Makan Cabut! 😀

Dengan penggemar yang sudah banyak dan cukup loyal maka tidak heran tempat makan ini sudah tersebar luas di beberapa daerah di Indonesia, antara lain Medan, Padang, Malang, Jogja, Bogor, Banjarmasin, Makssar, Kupang, Madiun, Lampung, Palu, Palembang, Pekanbaru, Samarinda dan Jambi. Berarti boleh dikatakan sampai saat ini Sambal Lalap tercatat total  15 outlet yang bisa dikunjungi. Congratulation!

***

Penilaian :
Rasa ⭐⭐⭐⭐
Harga ⭐⭐⭐⭐⭐
Lokasi ⭐⭐⭐⭐

Alamat Sambal Lalap :
Jl. Dipatiukur No. 51, Bandung
Telp:+62 22 92927475
Jam Operasional :
10.00 – 22.00 WIB
:: 31 Juli 2016 ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s