5 Tempat Makan HALAL dan Ekonomis di Singapura

Sebenarnya cari tempat makan halal nan ekonomis di Singapura adalah perkara gampang-gampang susah. Gampangnya kamu tinggal cari saja yang berlogo HALAL #yaiyalah. Susahnya adalah banyak resto yang tidak memajang daftar harganya langsung. Males juga kan ibarat beli kucing dalam karung, terlebih lagi dikala Dollar Singapura sekitar Rp. 9.800-an atau nyaris diangka Rp. 10,000 😛 *mommy mode on*

So ini beberapa tempat makan yang kami rekomendasikan berdasarkan pengalaman liburan kemarin.

——

1. MUFIZ Restaurant

image

Mufiz Restaurant  merupakan restoran halal yang menyajikan makanan khas India muslim. Petugas disini rata-rata bisa berbahasa Indonesia. Mufiz Restaurant memiliki beberapa cabang di Singapura, diantaranya pernah kami jumpai juga di Kallang Station dan Raffless Place Station.

Tempat makan ini menjadi yang pertama setibanya kami di Singapura. Lokasinya dekat dengan Hotel Fragrance – Shappire tempat kami menginap dan tidak jauh dari Masjid Haji Mohd Salleh di Geylang Road. Kami pesan Nasi Lemak, Fried Rice Chicken dan Jus Wortel. Untuk harga kami tidak tahu persis tiap menunya. Disini tidak mencantumkan harganya dan kami malas juga bertanya 😛 yang jelas usai makan dengan menu diatas tagihan sebesar S$14. Pernah juga di lain waktu kami pesan Nasi Briyani Kambing dan Martabak Daging kena total S$20.

image

image

2. ANANAS Cafe

image

Tempat makan ini paling hits dikalangan backpacker yang melancong ke Singapura. Cabangnya pun banyak tersebar di beberapa station MRT di Singapura seperti Kranji, Woodsland, Ang Moo Kio, Kembangan, Paya Lebar, Aljunied, Outram Park dan Tiong Bahru. Harganya realistis alias ekonomis 😀 Semua menu paket sudah tercantum harganya sendiri, untuk makanan rata-rata S$2 dan minuman S$1 saja.

Kebetulan kami mencobanya saat berada di Kranji Station. Kami pesan Chicken Rice Steamed (S$2) dan Nasi Lemak (S$2,5) isinya Nasi, Ayam, Telor Ceplok dan Ikan Teri. Karena ramai dan bertepatan dengan jam makan siang tempat ini jadi cukup padat. Saya dan Ry sampai duduk terpisah dengan suami. Oh ya pelayannya ramah-ramah dan hampir semua bisa berbahasa Indonesia. Coba lihat foto di bawah ini, dari tampilannya memang tidak menggugah selera but well rasanya masih waras lah 😀

image

3. MINANG Restaurant

img_6586.jpg

Berhubung saya masih kental dengan darah minangnya jadi penasaran mau tester masakan minang di negara orang 😛 Kami makan disini saat mampir sholat di Masjid Sultan. Resto ini berada persis di sebrang dekat pintu utama masuk masjid tersebut.

Kami ingat betul pesan 3 menu yaitu Nasi + Opor Ayam (S$4), Nasi + Telor Balado + Tempe Goreng (S$4) dan Nasi + Sop (S$3). Untuk rasa dijamin masih taste minang asli. Worth it dengan rasa dan harga. Nah ini salah satu yang missed dokumentasi, batre habis setelah asik foto-foto di tempat wisata sebelumnya #klasik.

4. Kampong Glam Cafe

image

Tempat makan ini juga salah satu favorit banyak turis asal Indonesia. Menu makanan dan cara penyajiannya seperti warteg, terasa Indonesia sekali. Bedanya disini tertib antri 😛 Untuk lokasi berada di Arab Street tidak jauh dari Haji Lane dan masih sekitaran Kampoeng Glam.

image

Kami makan Nasi + Ayam Goreng + Sayur Sop (S$4,5) dan Nasi + Telor Dadar + Tempe + Kangkung (S$5,5). Selama kami makan disini selalu ramai berdatangan pengunjung, untungnya meja yang tersedia cukup banyak. Ada space tambahan juga di lantai 2 jika meja di lantai 1 sudah penuh.

image

5. Mc Donald 😀

Ini opsi terakhir yang jadi solusi andalan kami dikala tidak menemukan tempat makan yang ‘aman’ 🙂 Seperti McD pada umumnya, menu dan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan franchise di Indonesia. Misal Mc Double Cheese Burger (S$2,5), Mc Chicken Burger + Coca Cola (S$4) dan French Fries + Milo (S$1,5).

Beberapa lokasi McD yang bisa kamu temui di Singapura antara lain Bugis Junction, Chinatown Point, Jurong Point, City Square Mall, Fajar Road, Geylang East Central, Gardens by the Bay, Lucky Plaza, Kallang Station dsb.

Tips You Have to Try

• Bawa selalu botol air mineral di tas kamu saat berkeliling di negeri singa ini. Kalau pengalaman kami selalu standby 2 botol air kemasan dan 1 botol minum pribadi untuk mengisi drinking water gratis 😀 Tap water ini biasa tersedia di beberapa titik di lokasi public area seperti Airport, Masjid, Sentosa Island (Ticketing Booth) dsb. Ini ampuh meminimalisir pengeluaran kuliner kamu 😉

image

• Jika sedang berbelanja di Bugis Street jangan lupa membeli jus buah berbagai rasa seharga S$1 saja. Posisinya sekitar 5 kios berada di sisi kiri dari pintu masuk utama pusat perbelanjaan. Lumayan melepas dahaga sambil semangat berbelanja 😀

• Saat berkeliling kota Singapura sempatkan membeli es potong Singapura yang legendaris (di Indonesia mulai ada yang jual lho). Untuk lokasi bisa ditemukan di dekat Cavenagh Bridge, Victoria Memorial Hall, Asian Civilisations Museum dll tergantung dimana si bapak pedagang mangkal. Harganya S$1 PAS, jika lebih mahal dari itu berarti kamu kurang beruntung 😀

IMG_4849

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s