Kulwap “Anak & Gadget”

RESUME BINCANG SERU (BIRU)
Islamic Parenting Community

📱Anak & Gadget📱
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👤 Narasumber : Sri Susanti Tjahjadini, M.Pd
📆 Tanggal Diskusi : Jumat, 29 Januari 2016
⌚ Waktu Diskusi : 09.00 – 10.30 WIB
📝 Admin : Reny Faniah
👫 PJ Management : Riesya Utami
🏠 IPC 4
👥 Host : Marni Sri Mulyati – Cimahi
📣 Co-Host : Resti Wulandari – Bontang
📣 MC IPC #1 : Dian Elsa Winarti – Cisarua Bandung Barat
📣 MC IPC #2 : Sri Uswatun Hasanah – Cimahi
📣 MC IPC #3 : Ira Silvera – Surabaya
📣 MC IPC #5 : Maria Ulfa – Jakarta
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👤 Profil Narasumber

💐SRI SUSANTI TJAHJADINI, M.Pd💐
Sri Susanti Tjahjadini atau biasa dipanggil Santi, adalah ibu dari 4 putra putri remaja yg sehari-hari menjadi ibu rumah tangga, Manajer SDM dan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam Insan Permata di kota Malang.
Dekat dengan remaja dan pelajar dengan menjadi pembina KANCIL, Komunitas Kebaikan Kecil (sebuah komunitas filantropi remaja), aktif menulis di kolom parenting dan juga menjadi trainer serta pembicara parenting & dunia remaja. Ia juga seorang pemerhati pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, concern pada pendidikan inklusi juga mengelola rumah bermain untuk anak berkebutuhan khusus serta rumah tumbuh kembang talenta untuk tempat terapi anak berkebutuhan khusus.
Tahun 2006 lalu, Santi lulus pasca sarjana dari Univ. Negeri Malang dengan predikat “terpuji”. Saat ini, ia kembali melanjutkan studi di bidang Psikologi Pendidikan.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📱Anak & Gadget📱
Oleh Sri Susanti Tjahjadini, M.Pd

MATERI

Kata “sehat” selalu menyiratkan hal yg positif dan menyemangati, tentunya bila dicantumkan dalam aktifitas yg positif jg. Makanan sehat, komunikasi sehat, hidup sehat, keluarga sehat adalah beberapa contoh padanan yg membuat kita bersemangat. Ya, sehat adalah dambaan. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin sakit, baik sakit fisik maupun psikis, dan kata kunci utk menuju sehat adalah seimbang. Lihatlah bagaimana Allah telah memberi gambaran yg jelas tentang makna “seimbang” seperti disebutkan dalam firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Mulk ayat 3: “yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-sekali tdk akan melihat pada ciptaan Allah yang Maha Pemurah yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”

Begitulah, segala sesuatunya telah diciptakan dgn keseimbangan. Ketidakseimbangan terjadi bila sesuatu melampaui batas dan membuat salah satunya akan saling meniadakan. Inilah yg harus kita pegang dalam menjalani keseharian kita termasuk jg ketika memutuskan utk memberikan perangkat teknologi pada anak-anak.

Kata gadget saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gadget adalah sebuah istilah yg berasal dari bahasa Inggris yg artinya perangkat elektronik kecil yg memiliki fungsi khusus. Yg membedakan gadget dgn perangkat elektronik lainnya adalah di “kebaruan”. Setiap hari gadget selalu muncul dgn menyajikan teknologi terbaru yg membuat hidup seolah lebih mudah dan praktis. Salah satu contoh gadget adalah telepon pintar atau smartphone dgn fitur yg amat “hits” dan menarik di dalamnya yaitu internet. Siapapun dapat mencari informasi dgn mudah lewat fasilitas ini, termasuk anak-anak.

Sekarang perhatikan, apakah mereka lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget? Berhati-hatilah karena hal ini akan berdampak pada:

1⃣ Ketrampilan sosial. Anak terampil membuat status tapi miskin di komunikasi real. Anak jago main game tapi tdk dpt berinteraksi dalam permainan luar secara langsung yg justru akan lebih banyak mengaktifkan seluruh potensinya.

2⃣Kondisi kesehatan. Dengan menghabiskan waktu di depan gadget anak menjadi kurang istirahat, makan terburu-buru dan tdk teratur. Padahal jam istirahat adalah saat penting bagi tumbuh kembangnya. Anak usia 5-12 tahun memerlukan istirahat (jam tidur) yg cukup utk kesehatan mereka.

3⃣Kendali emosi. Lihatlah ia menjadi mudah marah, agresif dan tdk peduli dgn kondisi sekitarnya. Ia jg menjadi mudah menyerah bila berhadapan dgn sesuatu yg memerlukan usaha. Ia terbiasa berinteraksi via  gadget yg membuat sesuatu menjadi lebih mudah. Ketika tdk bisa menyelesaikan satu masalah tinggal “sign out” lalu selesai, tentunya ini berbeda jauh dgn kehidupan nyata dimana setiap masalah itu harus diselesaikan bukan ditinggalkan tanpa solusi.

Lalu apa yang bisa org tua lakukan?

1⃣Komunikasikan pada anak terlebih dahulu alasan mengapa org tua memberikannya gadget. Yang dikomunikasikan bukan berupa detail produk agar anak bangga seperti merknya, harganya, tapi yg lebih penting dari itu yaitu tentang tujuannya.

2⃣Buat aturan main sejak awal. Misalnya tentang batasan waktu penggunaan, sampaikan juga alasan tentang mengapa perlu dibatasi dan apa konsekuensi jika melanggar. Begitu pula tentang situs-situs yg boleh diakses dan jelaskan mengapa, sesuai dengan pemahamannya secara jelas.

3⃣Beri contoh dan keteladan yg baik dari orang tua dalam penggunaan gadget. Sehingga anak mendapat contoh nyata yang baik.

Semoga Allah mudahkan kita untuk menjadi orang tua yg baik serta bijak dan bisa melindungi keluarga dari siksa neraka sebagaimana firman Allah dalam Qur’an surat At Tahrim ayat 6; “hai org-orang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu penjaganya malaikat yang keras yang tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkanNya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.

Wallahu’alam bishowab.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
❔Sesi Tanya Jawab
1⃣ Giary_Saya hampir ga bisa pegang gadget demi menjaga anak-anak. Perlu waktu lama utk meyakinkan mereka kalau saya butuh hp utk komunikasi. Wajar ga sih itu?

Jawaban :
Apa kabar mb Giari?
Orang dewasa memang harus menjadi contoh bijak bagaimana me-manage penggunaan gadget karena kita membutuhkan itu. Buat jg aturan utk diri sendiri. Misalnya mengurangi aktivitas dgn gadget bila di rumah atau bila saat mendampingi anak2. membuat aturan 18-21 bahwa jam 18-21 adalah waktu tanpa gadget karena jam itu waktu utk mendampingi anak2, misalnya demikian 🙂
Jadi tdk dgn menghindari penggunaan karena memang kita orang dewasa perlukan

2⃣ Mita_IPC2
a. Anak umur 7thn. Boleh ga nonton tv dulu sebelum berangkat sekolah? Sehari maksimal brp jam nonton layar?
b. Umur brp boleh dikasih gadget pribadi?

Jawaban :
Mbk mita, blh atau tdk tergantung apa yg akn disepakati bsm anak. Bgm ritme pg hariny? Jk ritme pg yg hectic mslny bangun sulit, makanny lama dll mk mlht tv hy akn jd faktor penambah kekesalan ortu krn ank ikut rewel jk tdk dituruti lht tvny. Utk itu sepakatilah hal2 apa yg akn jd regulasiny nt khususny di pg hari.
Ank usia 3-7 thn srbaikny mengkonsumsi tayangn via monitor tdk lbh dr 90mnt per hari. Berlama2 di dpn monitor akn berdampk thd kesehatan dan gaya hidupny kelak. Krn ank di usia itu msh membthkn stimulasi utk ketuntasan tu.bh kembgny dan itu bkn dari aktvts di dpn lyr monitor.

3⃣ Erni_kaltim_IPC3 & Sani_bandung_IPC2
Assalamualikum….mbak Santi:)
Saya ingin menanyakan
a.  Berapa jam tidur yg cukup untuk anak usia 5-12 th
b.  Terapi apa yg ideal utk anak yg sudah terlanjur maniak gadget, dikurangi pelahan lahan dan sering membawanya main diluar apakah efektif? ataw apakah harus menemui profesional?
jazakillah khairant katsirant atas jawabannya ya mbak santi 😘

Jawaban :
a. Mb erni dan mb sani tidur yg cukup penting bagi anak dlm masa pertumbhn karena bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, emosi dan kecerdasan anak. Anak yang cukup tidur bahkan cenderung tidak mudah rewel. Untuk anak usia sekolah jumlah waktu tidurnya tdk kurang dari 9 jam maka untuk itu ayah bunda harus sesuaikan aktivitas anak sehingga ia mendptkn haknya utk istirahat yg cukup.

b. Penggunaan gadget secara berlebihan akan membuatnya kecanduan. Anak jadi bingung jika tanpa gadget padahal itu hanya benda yg belum tentu ia butuhkan. Ia mudah bosan dan sulit berkonsentrasi pada dunia nyata serta mengalami kesulitan utk berkomnukasi dgn baik. Jk keseharian hy berinteraksi dgn gadget mk ia:
1. Berkurang aktivitas fisiknya. Mereka lbh senang bermain secara virtual sehingga tdk tertarik dgn aktivitas fisik sesungguhnya yg justru stimulan yg baik utk tumbuh kembang nya.
2. Menghapus kebiasaan membaca.
3. Melemahkan nilai sosial karena miskinny interaksi.
4. Menurunkan imajinasi dan kreativts karena hal ini hanya akan didapat dari kejadian yg benar2 mereka alami.
5. Menurunkn kemampuan konsentrasi yg berdampak pada perilakunya.

Utk itulah sekali lagi :
1. Terapkan aturan yg jelas. membatasi penggunaan gadgetny sehingga ia tahu kpn hrs digunakn dan ortu harus konsisten. Utk itu tdk dgn melepasny begitu sj dan sgt tdk dianjurkan utk balita krn ia lebih butuh byk aktivitas sbg stimulus tumbh kembangnya.

2. Gunakan seperlunya dan dgn pengawasan utk penggunaan gadget pd teenagers.

3. Sediakan aktivitas pengalih dr gadget. Aktivitas diluar rumah, main sepeda, ikut kursus, menyediakan buku pensil crayon gunting atau aneka games seru yg bisa dilakukan bersama keluarga. Mengambil paksa tanpa solusi aktivitas pengalih maka hanya akan jd sia2.

4⃣ Cici_bandung_IPC2
Assalamualaikum mba santi, Bagaimana caranya utk menerapkan peraturan pemakaian gadget utk anak, dirumah bisa diterapkan peraturan tsb,namun di sekolah (daycare) ada yg bawa gadget. Akhirnya anak suka nangis klu ga dikasi gadget. Oya anak saya umurnya 2.5 tahun . terima kasih

Jawaban :
Wa’alaikumsalam teh cici 🙂
Teh cici bs minta komitmen daycare utk aturan itu. Ini penting utk membuka mata semuanya. Galak ya hehe..tp hrs demikian apalagi utk anak usia dini.

Di dlm perkembangan seorang anak, stimulasi merupakan suatu kebutuhan dasar. Stimulasi dpt berperan utk peningkatan fungsi sensorik(raba,dengar,lihat,rasa,cium), motorik(gerak kasar dan halus), emosi sosial, bicara,kognitif dan kreativitas. Stimulasi adalah kegiatan merangsang dan melatih kemampuan anak yg berasal dr lingkungan luar anak. Semakin dini dan semakin lama stimulasi maka akan smkn bsr manfaatnya. Kebtuhan stimulasi atau upaya merangsang anak utk memperkenalkan suatu pengetahuan ataupun ketrampilan baru sgt penting dlm meningktkan kecerdasan anak.
Lalu dptkah gadget mjd stimulan sempurna utk semua kebutuhan itu? Dgn aktivitas dominan koordinasi mata dan jari tgn pd aktivitas dgn gadget membuat anak krg terstimulus di aktivitas lainnya. Bagaimana kecerdasan literasinya bisa terbentuk jika yg ada hanya model komunikasi searah dgn mainan di hadapannya.
Pd tahapan stimulasi ini peran orgtua sgt penting dan tdk tergantikan.kebersamaan antara Orgtua dan anak sgt dibutuhkan utk menjalin komunikasi guna memberikan nutrisi dan stimulasi yg tepat utk anak. Mendampingi saat ank mlht televisi, mengajak anak berolahraga atau bermain mengenal alam dan lingkungan sekitarnya, mengenalkan aneka warna, makanan serta ketrampilan lainnya dan jg memberinya hak utk mdpt waktu istirahat yg cukup. Inilah rangkaian stimulasi yg hrs kita lakukan dan bukan dgn memberinya gadget sejak dini.

5⃣ Fathia_Banjarmasin_IPC2
Assalamualaikum.
Anak saya umurnya 2y 8m. Saat ini ga bisa liat gadget pasti langsung ribut mau main. Dia bisa ngegunainnya, dia bisa cari youtube walaupun sudah disimpan di folder lain dan games. Pertanyaannya, bagaimana saya membatasi anak saya untuk tidak selalu bermain dengan gadget dengan membuka video2 di youtube walaupun videonya berkaitan dengan konten islami seperti membaca huruf hijaiyah dan lagu2? Kemudian untuk games, games yg seperti apa yg cocok untuk anak seumuran anak saya? Apakah puzzle, mencari kesamaan gambar atau yg lain?
Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk bertanya.
Wassalamualaikum.

Jawaban :
Waalaikumsalam
Mbk fathiya mungkin keterangan tentang stimulasi sdh sy sampkn di jwbn sblmny. Byk aktivitas pengalih dan byk kegiatan. lain yg lbh bagus menjadi stimulan utk tumbuh kembang drpd memberinya gadget. Puzzle mencari gambar dll lbh baik langsung dgn menggunakan alat bermain itu. Krn anak akan terstimulus rasa dan rabany saat memegang benda lgs, motorik halus saat menggores gambar dll yg tdk bs didpt jk itu dimainkn via gadget.

6⃣ Ama_Balikpapan_IPC4
Assalamualaikum mb santi sya ama dr Balikpapan ipc 4, yg ingin saya tanya :
Amankah pemberian gedget secara rutin pd anak usia 3th walau konten yg diberikan hanya game2 yg bersifat edukasi?

Jawaban :
Waalaikmslm mbk ama. Sama ya mbk dgn jwbn utk mbk fatiya 🙂

7⃣ Tika_Padang_IPC5
Assalamu’alaikum Ibu Santi yg dirahmati Allah,  senang berkesempatan bertemu Ibu di BIRU kali ini.
Pertanyaan yang berkaitan dg tema kali ini (anak & gadget)  adalah :
Bagaimana caranya memberi tahu anak laki2 umur 14 tahun secara baik2 yang sudah terlanjur tergantung pada gadget?
Tergantung disini maksudnya :
1. Dia gemar bermain game bertemakan perang2an yg sarat akan kekerasan. Ibunya khawatir akan membawa pengaruh buruk dan dicontoh adik2nya.
2. Dia gemar bersosial media (FB, Instagram, Path). Meskipun ibunya punya akses untuk cek postingan dan apa saja yg dibuka di gadgetnya dan menurut ibunya sejauh ini masih wajar, tapi rasanya sangat menyita waktu.
3. Dia juga lebih percaya dengan info yg dia dpt dari internet daripada komentar ibunya. Masalahnya dia sangat lupa waktu (makan, sholat saja musti sering diingatkan).
Sementara, ibunya adalah single parent dan mempunyai bisnis online yang jam kerjanya lebih banyak di dunia maya.
Jazakillah atas penjelasannya Ibu Santi..
Wassalamu’alaikum..

Jawaban :
Waalaikumsalam mbk tika
Utk ibu dgn aktivitaa online sesekali libatkan anak pada aktivitas itu shg ia tahu cara bijak interaksi dgn dunia maya dan jg tahu bhw ibu tdk sdg bermain. Beri contoh jg kpn ibu harus stop ketika makan, sholat dll. Libtkan jg pd aktivitas fisikny misalnya saat packing, memberi label atau ikut mengantar paket dll. Walaupn ibu mempunyai aktivitas online sebaikny ibu jg menerapkan jam kerja” shg msh tersedia waktu yg cukup utk berintearaksi langsung dgn ank2 dan meningglkn aktivitas onlineny bbrp saat. Jd ibu jg menjelaskan regulasi ini pd anak2.

8⃣. Bu maaf bertanya..bagaimana memberikan pengertian kepada anak agar anak tidak merasa tersisih dengan temannnya yang di berikan gadget oleh orangtuanya?..
Terima kasih ya bu santi, wassalamu’alaikum.wr.wb

Jawaban :
Informasikan apa keunggulannya dari aktivitas yg bisa dilakukanny tanpa gadget.
Naik sepeda bisa asik bila lgs..ga asik kalo via gadget misalnya..
Mohon maaf sebelumnya..

📚 Divisi Administrasi 📚
💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

Disclaimer :
Semua materi yang di posting sudah melalui persetujuan Founder atau PIC dari komunitas yang bersangkutan tanpa menghilangkan format asli termasuk header-footer.

http://www.jendelakeluarga.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s