Kumpulan Materi IPC 71-90

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/71
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 29 Januari 2016
📆 18 Rabiul Akhir 1437

_______________________
  
📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting 

TIPS MEMILIH PERMAINAN BERKUALITAS

🌍 Dunia bermain adalah dunia anak, aktivitas menyenangkan ini tidak hanya berfungsi mengisi waktu kosong tetapi juga melatih aspek emosional dan kecerdasan anak.

🌍 Permainan terbagi menjadi permainan aktif dan pasif.
🙇🏻Permainan pasif dapat dilakukan tanpa memerlukan banyak aktifitas fisik, seperti permainan di bidang pengetahuan yaitu: bermain mengenal anggota tubuh, mengenal warna, mengenal nama-nama sahabat rosul, dll. Membaca atau mendengarkan musik termasuk permainan pasif yang menyenangkan untuk menambah kreatifitas anak tanpa harus berkeringat sehingga dapat dilakukan sebelum tidur.
🏃🏽Berbeda dengan permainan pasif yang cenderung melatih motorik halus, permainan aktif lebih melatih motorik kasar seperti mengunjungi suatu tempat, berolahraga, bermain musik, bermain peran, dll.

💁Perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum anak bermain:

1⃣ Sesuaikan umur dengan permainan anak.
Apa yang perlu dikembangkan pada setiap jenjang umur dapat dijadikan acuan untuk memilih permainan anak.
Pada anak usia 0-2 th dengan sensor motorik yang mendominasi, permainan-permainan berwarna mencolok dan permainan dengan berbagai tekstur dapat dijadikan alternatif.
Pada anak usia 3-5 th anak sangat tertarik mengeksplorasi segala sesuatu, sehingga berikan permainan-permainan yang menantang dan mendukung minat anak untuk lebih percaya diri mencoba hal baru.
Pada anak usia pra sekolah, mulailah ajarkan permainan yang mengembangkan kerjasama dan sosialisasi.

2⃣ Keamanan adalah kunci utama.
Pastikan peralatan yang dimainkan anak aman untuk diri sendiri dan rekan bermainnya.

❗Ingat:
– Hindari permainan bertepi tajam dan berat.
– Pilih peralatan bermain dengan ukuran yang cukupan besar sampai anak berusia 3th untuk menghindari kemungkinan tertelan/tersedak.
– Hindari  memilih mainan dengan benang/tali yang memiliki panjang lebih dari 30cm untuk menghindari terlilit/terinjak saat bermain.
– pilih mainan yang mudah dicuci dan mudah dirawat.

3⃣ Pilih lokasi yang tepat dan buat kesepakatan.
Tentukan lokasi tertentu dimana anak boleh bermain namun tetap mudah diawasi dan terhindar dari bahaya. Bila bermain di dalam rumah, buatlah ruang bermain khusus dimana anak boleh mengeluarkan seluruh mainan dan kembali merapikan setelah bermain sehingga rumah tetap terlihat rapi. Bila bermain di luar rumah, buatlah batas-batas yang disepakati bersama anak untuk memudahkan pengawasan, seperti hanya bermain di satu sisi taman dengan zona jalan raya dan kolam air tidak boleh dilalui tanpa bunda atau pengasuh yg lebih dewasa.

4⃣ Tidak hanya menemani anak bermain tetapi terlibat bermain bersama anak.
Fase anak ingin selalu berinteraksi dengan orang tua biasanya tidaklah lama, saat bermain inilah saat yang tepat untuk menciptakan kenangan indah sembari membentuk karakter dan kecerdasan anak. Bermain bersama ayah cenderung membuat anak lebih aktif secara fisik, sementara bersama ibu anak lebih terlibat secara verbal dan sesuai instruksi.

5⃣ Bijaklah bermain dengan gadget
The American Academy of Pediatrics atau AAP memberikan  saran bagi orang tua untuk tidak memberikan akses pada layar tv atau layar gadget bagi anak yang masih berusia dibawah 2 tahun. Untuk usia lebih dewasa, batasi waktu bermain gadget maksimal 1/2 jam sehari.

Sumber: 
🌎 http://meetdoctor.com/mobile/article/8-tips-memilih-mainan-anak-yang-aman
🌎 http://meetdoctor.com/mobile/article/bermain-bersama-anak-ini-manfaatnya
🌎 http://www.hersays.com/category/Parenting/Kiddos/749/Tips-Memilih-Permainan-untuk-Anak
🌎 http://meetdoctor.com/mobile/article/permainan-anak-yang-harus-dicoba

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/72
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 1 Februari 2016
📆 21 Rabiul Akhir 1437
_______________________
  
📝 Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal
📝 Tema: Islamic Knowledge

🙊🙊 MENJAGA LISAN 🙊🙊

Ingatlah saudaraku, setiap yang kita ucapkan, mencakup perkataan yang baik, yang buruk juga yang sia-sia akan selalu dicatat oleh malaikat yang setiap saat mengawasi kita.

Silahkan renungkan ayat berikut agar tidak serampangan mengeluarkan kata-kata dari lisan ini. AllahTa’ala berfirman (yang artinya), ”Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50] : 18). Ucapan dalam ayat ini bersifat umum. Oleh karena itu, bukan perkataan yang baik dan buruk saja yang akan dicatat oleh malaikat, tetapi termasuk juga kata-kata yang tidak bermanfaat atau sia-sia. (Lihat Tafsir Syaikh Ibnu Utsaimin pada Surat Qaaf).

Kita dapat melihat contoh ulama yang selalu menjaga lisannya bahkan sampai dalam keadaan sakit. Imam Ahmad pernah didatangi oleh seseorang dan beliau dalam keadaan sakit. Kemudian beliau merintih karena sakit yang dideritanya. Lalu ada yang berkata kepadanya (yaitu Thowus, seorang tabi’in yang terkenal), “Sesungguhnya rintihan sakit juga dicatat (oleh malaikat).” Setelah mendengar nasehat itu, Imam Ahmad langsung diam, tidak merintih. Beliau takut jika merintih sakit, rintihannya tersebut akan dicatat oleh malaikat. (Silsilah Liqo’at Al Bab Al Maftuh, 11/5).

Lihatlah saudaraku, bentuk rintihan seperti ini saja dicatat oleh malaikat, apalagi ketergelinciran lisan yang lebih dari itu.

🙊 Di Antara Ketergilincaran Lisan:

1⃣ Mencela Makhluk yang Tidak Dapat Berbuat Apa-apa

Misalnya dengan mengatakan, ‘Bencana ini bisa terjadi karena bulan ini adalah bulan Suro’ atau mengatakan ‘Sialan! Gara-gara angin ribut ini, kita gagal panen’ atau dengan mengatakan pula, ‘Aduh!! hujan lagi, hujan lagi’.

Lidah ini begitu mudah mengucapkan perkataan seperti ini. Padahal makhluk yang kita cela tersebut tidak mampu berbuat apa-apa kecuali atas kehendak Allah. Mencaci waktu, angin, dan hujan, pada dasarnya telah mencaci, mengganggu dan menyakiti yang telah menciptakan dan mengatur mereka yaitu Allah Ta’ala. 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Allah Ta’ala berfirman, ‘Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa. Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2⃣ Seringnya Berdusta

Hal ini juga sering dilakukan oleh kita saat ini. Dalam mu’amalah saja seringkali seperti itu. Hanya ingin mendapat untung yang besar, seorang tukang bangunan rela berdusta. Harga semennya sebenarnya 30 ribu, namun tukang tersebut mengatakan pada juragannya bahwa harganya 40 ribu.

Begitu juga dalam mendidik anak, seringkali juga muncul perkataan dusta. Ketika seorang anak merengek, menangis terus-terusan. Untuk mendiamkannya, sang Ibu spontan mengatakan, “Iya, iya, nanti Mama akan belikan coklat di warung. Sekarang jangan nangis lagi.” Setelah anaknya diam, ibunya malah tidak memberikan dia apa-apa. Kelakuan ibu ini juga secara tidak langsung telah mengajarkan anaknya untuk berdusta. Jadi jangan salahkan anaknya, jika dewasa nanti, anaknya malah yang sering membohongi orang tuanya.
 
Inilah di antara dua bentuk ketergelinciran lisan dan masih banyak sekali bentuk yang lainnya.

🙊 Berpikirlah Sebelum Berucap

Hendaklah seseorang berpikir dulu sebelum berbicara. Siapa tahu karena lisannya, dia akan dilempar ke neraka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya dilempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat.” (HR. Muslim)

Ulama besar Syafi’iyyah, An Nawawirahimahullah dalam Syarh Muslim tatkala menjelaskan hadits ini mengatakan, ”Ini merupakan dalil yang mendorong setiap orang agar selalu menjaga lisannya sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, ‘Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik dan jika tidak maka diamlah.’ (HR. Bukhari dan Muslim). Oleh karena itu, selayaknya setiap orang yang berbicara dengan suatu perkataan atau kalimat, hendaknya merenungkan dalam dirinya sebelum berucap. Jika memang ada manfaatnya, maka dia baru berbicara. Namun jika tidak, hendaklah dia menahan lisannya.” 
Itulah manusia, dia menganggap perkataannya seperti itu tidak apa-apa, namun di sisi Allah itu adalah suatu perkara yang bukan sepele. Allah Ta’ala berfirman, “Kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS. An Nur [24] : 15)

Dalam Tafsir Al Jalalain dikatakan bahwa orang-orang biasa menganggap perkara ini ringan. Namun, di sisi Allah perkara ini dosanya amatlah besar.

🙊 Dengan Lisan, Seseorang Bisa Ditinggikan Derajatnya

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu.” (HR. Bukhari)

Ketinggian derajat di sini bisa diperoleh jika lisan selalu diarahkan pada perkara kebaikan, di antaranya dengan berdo’a, membaca Al Qur’an, berdakwah di jalan Allah, mengajarkan orang lain di majelis ilmu dan lain sebagainya. Atau dengan kata lain, ketinggian derajat tersebut bisa diperoleh dengan mengarahkan lisan pada perkara-perkara yang Allah ridhoi. (Lihat Nashihatu Linnisa’, hal. 20)

Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk menjaga lisan ini dan mengarahkannya kepada hal-hal yang dirihoi oleh Allah. Amin Ya Mujibad Da’awat. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihat.

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/73
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 3 Februari 2016
📆 23 Rabiul Akhir 1437
_______________________
  
📝 Disarikan oleh: Maya Tri Bonda Sari
📝 Tema: Schooling

MENGENAL GAYA BELAJAR ANAK

🙇🏻 Setiap anak adalah individu yg unik, yang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Apa yg menjadi kesukaannya juga bersifat individual. Talenta atau ciri-ciri khusus yang individual ini disebut gaya belajar.

🙇🏻 Salah satu model (metode) paling efektif utk memahami perbedaan gaya belajar berasal dari Cynthia Ulrich Tobias yang mendasarkan pokok pikirannya itu dari hasil penelitian Dr. Anthony F. Gregorc. Model gaya belajar yang dikembangkannya, berkaitan dengan model pikiran (bagaimana pikiran kita menerima dan menggunakan informasi).

🙇🏻 Gaya belajar model ini dipengaruhi oleh:
1⃣ Persepsi: Bagaimana kita menerima informasi.
Ada 2 macam persepsi yang dimiliki setiap pikiran,  yaitu persepsi konkret/nyata dan persepsi abstrak/kasat mata.
2⃣ Pengaturan: Yaitu bagaimana kita mengatur dan menggunakan informasi yang dipersepsikan tersebut. Ada dua kemampuan dalam menyusun informasi,  yaitu sekuensial (teratur/mengikuti aturan) Dan random (acak/yang mana saja).

🙇🏻 Dari kedua hal di atas, maka terbentuklah empat gaya belajar yang dominan, yaitu Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Random Konkret (RK), Random Abstrak (RA).

🙇🏻 Karakteristik yang dimiliki anak Sekuensial Konkret (SK):
– Mereka biasanya sangat tepat guna, spesifik dan cermat.
– Berkali-kali minta penjelasan atau pengarahan yg lbh rinci krna ingin memastikan bahwa mereka melakukannya dgn benar.
– Mereka merasa cenderung lbh aman apabila ada pola yg harus diikuti atau model yg harus dicontoh.
– Mereka mengerjakan tugas, bertanggungjawab dan mempraktikkan perilaku yg sesuai norma apabila ada imbalan yg nyata.
– Mereka amat mementingkan konsentrasi.
– Mereka Biasanya menyerap ucapan orangtuanya spt apa adanya.

🙇🏻 Karakteristik anak Sekuensial Abstrak (SA):
– Sistematis dan teliti
– Cenderung lbh banyak membutuhkan waktu utk menyelesaikan tugas dgn sempurna
– Terlihat lamban, hal ini dipicu oleh faktor kecermatannya
– Lebih suka tidak mengerjakan tugas sama sekali jika waktu penyelesaian yg diberikan tidak memadai
– lebih pendiam dan menarik diri
– Menyampaikan apa yg mereka pikirkan setelah mereka memahaminya

🙇🏻 Karakteristik anak Random Abstrak (RA):
– Lebih banyak tergugah utk menyenangkan orang lain
– Sulit berkonsentasi thd sesuatu yg tidak memberikan pengaruh apapun terhadap kehidupan dirinya maupun kehidupan org lain (khususnya org yg spesial di hatinya)
– Mereka akan unggul atau berhasil jika memiliki komitmen dan dimotivasi
– Peka thd lingkungan dan sentimentil

🙇🏻Karakteristik anwk Random Konkret (RK):
– Bersemangat, penuh rasa ingin tahu dan mempunyai banyak gagasan baru.
– Memiliki kemauan keras.
– Cenderung menolak ultimatum.
– Bersedia menerima Dan menjalani konsekuensi, walaupun hanya diakibatkan dari kesalahan kecil.

🙇🏻 Manusia adalah sosok yang unik dan pelik, sehingga tidak ada satu model pun yg dapat menggambarkan gaya belajar seseorang seutuhnya.

🙇🏻 Pengenalan dan pemahaman gaya belajar setiap individu adalah sebuah proses panjang.

🙇🏻 Lakukan hal berikut utk mengenali keunikan dari setiap individu :
1⃣ Amati
Amati pola perilaku. Apabila seseorang mengalami keberhasilan,  kondisi atau situasi apa yg menimbulkan keberhasilan itu?
2⃣ Dengarkan
Mendengarkan dgn baik akan membuat kita mengerti bagaimana berbicara dgn orang lain dgn bahasa yg tdk asing buat org tsb.
3⃣ Bereksperimen
Lakukan eksperimen dgn apa yg membuahkan hasil Dan dengan apa yg tidak. Bersikaplah terbuka, kita semua tidak belajar dgn cara yg sama.
4⃣ Fokuskan
Berfokuslah pada kelebihan-kelebihan Anak, BUKAN pada kelemahannya.
5⃣ Pelajari
Pelajari lbh banyak lagi ttg gaya belajar secara umum.  Beri perhatian seksama pada gaya belajar Anak dan khususnya pada gaya belajar diri sendiri.

Sumber:
📕 Cynthia Ulrich Tobias. 2009. Cara Mereka Belajar

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/74
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 5 Februari 2016
📆 25 Rabiul Akhir 1437

_______________________
  
📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting 

MENGIKAT KOMITMEN DENGAN ANAK

🔱Komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indoneia adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu ; kontrak

🔱Al Imam Abu Dawud telah meriwayatkan hadits dari sahabat Abdullah bin Amir dia berkata : “Pada suatu hari ketika Rasulullah duduk di tengah-tengah kami, (tiba-tiba) ibuku memanggilku dengan mengatakan : “ Hai kemari, aku akan beri kamu sesuatu!” Rasulullah mengatakan kepada ibuku : “Apa yang akan kamu berikan kepadanya?” Ibuku menjawab “ Kurma”. Lalu Rasulullah bersabda: “ketahuilah, seandainya kamu tidak memberinya sesuatu maka ditulis bagimu kedustaan” (H.R Abu Dawud Bab At-Taydid fil Kadzib no 498, lihat Ash-Shahihah no 748)

🔱Perjanjian pada anak berbeda dengan memberi hadiah pada anak. Hadiah biasanya hanya berlangsung secara sepihak dimana orangtua yang menentukan tujuan perilaku dengan dorongan hadiah sebagai imbalan sehingga tidak ada perundingan di antara keduanya.

🔱Sistem perjanjian dapat berjalan dengan baik, apabila:

1⃣ Didasarkan atas perundingan dan tidak dapat terjadi tanpa adanya kesepakatan timbal balik antara orang tua dan anak. Berikut merupakan contoh kesepakatan sepihak dan bukan termasuk perjanjian:
❎ Bunda tidak memperbolehkan kamu bermain gadget di hari Minggu karena kamu tidak merapikan mainan.

2⃣ Proses perundingan menghasilkan keterikatan pada kedua belah pihak dan dilakukan secara professional. Perjanjian professional diantaranya :
🔸Buat pengingat atau catatan dan setiap pihak mendapat satu
🔸Menggunakan konsep waktu yang jelas (menunjukan waktu yang tepat, bila perlu tunjukan jam dan tanggal bukan menggunakan kata nanti atau besok)
🔸Harus kongkrit dan spesifik. Semua tindakan yang dituang dalam perjanjian dapat diamati dan dapat dihitung (lebih pintar, lebih baik, lebih rajin = dapat diamati, tidak dapat dihitung)

3⃣ Hakikat perjanjian harus positif, dimana anak setuju melakukan sesuatu bukan setuju untuk tidak melakukan sesuatu
❎  “Kalau tidak mengerjakan pekerjaan rumah maka tidak boleh menonton televisi”
✅ “Segera selesaikan pekerjaan rumah agar kamu dapat menonton televisi”

4⃣ Perjanjian harus adil. Baik orang tua ataupun anak harus menghilangkan perasaan telah berbuat lebih banyak. Sebagai orang tua yang mampu lebih bijak dan lebih dapat mengatur isi perjanjian, memperhatikan bahasa tubuh atau isyarat anak sangat diperlukan. Apabila nada bicara melemah dan kurang antusias menanggapi perundingan, maka tanyakan kembali pada anak apakah usulan ini cukup adil baginya.

5⃣ Perjanjian dirancang untuk berhasil.  Pada permulaan orang tua disarankan membuat taksiran kasar keberhasilan bukan mengharapkan hasil sempurna dari anak. Anak memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan perjanjian sehingga yakinlah bahwa anak adalah pembelajar cepat yang baik dan akan bertambah baik seiring  waktu.

6⃣ Kemampuan berunding bukan dibawa sejak lahir oleh orang tua maupun anak. Keduanya harus saling belajar berunding.  Orang tua dengan kemampuan berunding lebih baik dan kekuasaan yang lebih tinggi wajib memberikan setengah kekuasaanya agar anak dapat mengembangkan kemampuan berundingnya.

🔱 Ingat ini saat berkomitmen dengan anak❗❗❗ :

1⃣ Pilih waktu yang tepat, perjanjian dibuat secara rasional bukan dalam keadaan emosi dan bukan dibuat untuk menghentikan tangis atau aktivitas anak yang tidak kita inginkan.

2⃣ Peraturan tentang hadiah dalam membuat perjanjian :
🔸Hadiah tidak melulu uang, mainan ataupun makanan.
🔸Hadiah  diberikan sesegera mungkin, sesudah anak melakukan apa yang dijanjikan
🔸Hadiah diberikan secara berjenjang dari termudah sampai tersukar seiring kegiatan perjanjian yang lebih serius

3⃣ Biarkan anak memiliki kebebasan untuk mengungkap perasaanya (semisal mengeluh) sejauh ia tetap mengerjakan perjanjian.

Sumber :

📘 Fitzhugh Dodson Dr. 2006. Mendisiplinkan Anak dengan Kasih Sayang.

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/75
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 10 Februari 2016
📆 30 Rabiul Akhir 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema:

MENGENAL SPECIAL NEED SIGN (AUTIS, DOWN SYNDROM)

🐢The Nation Information Center for Children and Youth with Disabilities (NICHCY) mengemukakan bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya, yang membedakan mereka dari anak normal pada umumnya.

🐢 Anak berkebutuhan khusus merupakan istilah terbaru yang digunakan dan merupakan terjemahan dari “children with special needs” yang telah digunakan secara luas di dunia internasional. Ada beberapa istilah lain yang pernah digunakan diantaranya anak cacat, anak tuna, anak berkelainan, anak menyimpang, dan anak luar biasa. Namun suatu istilah yang berkembang secara luas dan telah digunakan saat ini adalah Difabel (Diference Ability).

🐢Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus :
1⃣ Kelainan fisik
2⃣ Kelainan emosi
3⃣ Kelainan mental
🔹Berkesulitan belajar spesifik = memiliki kapasitas intelektual normal ke atas namun pretasi belajar rendah pada bidang akademik tertentu.
🔹Mental tinggi = memiliki kemampuan diatas rerata normal,signifikan memiliki kreativitas dan tanggung jawab terhadap tugas
🔹Mental rendah = dibagi menjadi dua kelompok. Anak lamban belajar (slow learners) dengan IQ 70-90 dan Anak dengan IQ dibawah 70 atau dikenal dengan “ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS”

🐢🐛 AUTISM 🐢🐛

🐢 Autism bukan penyakit namun gangguan pada tumbuh kembang anak yang meliputi gangguan komunikasi, sosialisasi, interaksi, gangguan gerakan dan bicara yang sering diucapkan berulang ulang.

🐢 Secara umum lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibanding wanita dengan perbandingan 4:1, hal ini dikarenakan hormone testosterone yang dimiliki laki-laki tidak menetralisis autis seperti hormone esterogen pada wanita.

🐢 Autism terjadi akibat interaksi antara faktor genetic atau teratogen (hal-hal yang menyebabkan kecacatan janin seperti rokok, alkohol, atau obat-obatan yang dikonsumsi ibu tanpa resep dokter) dan paparan negatif lingkungan (logam berat)

🐢 Standar Internasional yang dipakai di seluruh dunia untuk memeriksa apakah anak menderita autis atau tidak adalah ICD-10 (International Classification of Diseases) 1993 dan DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual) 1994. Berikut deteksi dini autis pada bayi :
🐛 Usia 2-12 bulan
🔹Tidak menoleh/ cuek saat dipanggil
🔹Tidak senyum saat diajak bercanda
🔹Tidak mau bertatap mata
🔹Tidak bisa tertawa atau membuat ekspresi gembira lain
🔹Usia 9 bulan belum mengoceh
🔹Menikmati kesendirian
🔹Sering mengulang gerakan (misal : menggaguk – anggukan kepala terus)
🔹Tubuh tiba-tiba kaku saat mau digendong
🔹Badan loyo tak bertenaga
🔹Susah diberi makan bertekstur kasar
🔹Pencernaan bemasalah, susah makan, minum maupun disusui
🐛 Usia 13-36 bulan
🔹Belum bisa mengucap kata
🔹Tidak mempunyai minat terhadap sesuatu
🔹Belum bisa mengucap lebih dari satu kata
🔹Gangguan pendengaran seperti tuli
🔹Susah bakan tidak tertarik bermain dengan orang lain
🔹Bermasalah mengungkap kata dan berkomunikasi
🐛 Usia 37-60 bulan
🔹Bermain dengan cara tidak umum (misal : bermain mobil hanya rodanya saja)
🔹Susah diam, susah konsentrasi dan memusatkan perhatian
🔹Tertarik pada gerakan benda yang tetap (monoton/konstan)
🔹Tidak dapat mengerjakan perintah walaupun sederhana
🔹Cara berjalan kadang berjinjit
🔹Memilih lauk yang monoton untuk makan

🐢🐛 DOWN SYNDROM 🐢🐛

🐢Down Syndrom adalah jenis gangguan kesehatan mental dan fisik sejak bayi masih dalam kandungan yang disebabkan kelainan genetik. Secara normal tubuh manusia mempunyai 46 kromosom yang berasal dari 23 kromosom ayah dan 23 dari 23 kromosom ibu. Khusus pada kasus down syndrome, terdapat 47 kromosom dimana kromosom no 21 gagal membelah diri menjadi tiga kromosom, atau dalam istilah kedokteran disebut trisomy 21.

🐢 Penyebab kegagalan pembelahan sel no 21 disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor keturunan, pola hidup dan pola makan tak sehat, gaya hidup dan efek radikal bebas.

🐢 Down syndrome memberikan gambaran fisik yang sangat khas pada anak dimanapun daerah mereka tinggal dan mudah dikenali, contohnya memiliki bentuk muka dari mata, hidung dan mulut yang sama.Serta diiringi kesulitan komunikasi dan interaksi.

🐢 Cara deteksi dini dapat dilakukan saat bayi masih dalam kandungan, antara lain :
1⃣ Tes Skrining USG dilakukan pada minggu 11-13 dengan melihat ada tidaknya tulang hidung pada janin, jika normal tulang hidung akan tampak pada skrining
2⃣ Tes darah AFP (Alpha-Fetoprotein) dilakukan pada minggu 16-17 untuk mengetahui kadar hormone estradiol (hormone seks) di aliran darah. Jika kadar tinggi, janin menderita kelainan sistem tabung saraf.
3⃣ Chorionic Villus Sampling (CVS) dilakukan pada minggu 10-12 dan selambatnya pada minggu 13 untuk memeriksa ada tidaknya kelainan kromosom seperti pada kasus down syndrom ini.
4⃣ Aminiosentesis dengan mengambil air ketuban untuk diperika di laboratorium dengan tujuan memperoleh data kelainan bawaan dan kelainan genetic pada janin.

🐢 Beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus :
1⃣ Jangan menyangkal keadaan, pahamilah jika anak berbeda. Anak memerlukan penanganan yang tepat, segeralah bertemu para pakar dan bergabunglah dengan komunitas orang tua dengan anak-anak yang memiliki gangguan tumbuh kembang untuk menggali kelebihan anak secara optimal
2⃣ Perkaya ilmu tentang berbagai hal anak berkebutuhan khusus seperti penyebab, gejala, penanganan, dll. Lalu pantaulah perkembangan anak
3⃣ Rajin-rajinlah mencari berbagai pakar, mulai dari psikolog, psikiater, terapis,dll. Carilah pakar yang masih mengajar atau rajin mengikuti seminar ilmiah sehingga memiliki informai terkini.
4⃣ Perhatikan diet anak, pahami apa makanan pantangan yang mungkin mengakibatkan alergi serta jaga asupan makan anak dengan baik.

SUMBER:
©http://www.kidymoms.com/2015/06/deteksi-dini-penyakit-down-syndrome.html
©http://www.kidymoms.com/2015/07/cara-baru-mengenali-gejala-autisme-anak.html
©http://www.kidymoms.com/2015/07/cara-memahami-perbedaan-autism-down-syndrome.html
©http://www.parenting.co.id/dunia-mama/penting+diketahui+orang+tua+anak+autis.html
©http://pendidikanabk.blogspot.co.id/2011/10/definisi-anak-berkebutuhan-khusus.html

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog :IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/76
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 12 Februari 2016
📆 3 Jumadil Awal 1437
_______________________

📝 Oleh: Ust. Budi Ashari
📝 Tema: Parenting

KETIKA ANAK MENGAMBIL HAK MILIK ORANG LAIN

Masih ingat waktu usia kecil dulu?

Saat melewati pohon jambu yang ranum milik orang lain. Kita segera mencari batu. Diayun ke arah jambu. Atau mengambil kayu panjang. Kemudian berebut buah yang rontok untuk segera dinikmati. Tak cukup dengan yang ada, kembali melihat-lihat ke atas untuk merontokkan kembali jambu yang menggoda itu. Atau ada juga yang langsung memanjatnya. Tapi tiba-tiba pemilik pohon datang. Dan…..semua pun berhamburan.

Masa kecil ohh masa kecil…….

〰〰⭕〰〰⭕〰〰⭕〰〰

✨ Islam mengajarkan kita memulai sejak usia sangat awal untuk menanam nilai.

✨ Demikian pula dengan barang yang harganya sepele. Mungkin hanya jambu yang tidak ada harganya. Dalam pola pendidikan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam terhadap anak-anak di zamannya, beliau memperhatikan nilai di baliknya. Tak hanya memandangnya sekadar setangkai anggur atau sebutir kurma.

Sehingga seorang anak kelak akan terbiasa menjaga dirinya dari hak orang lain sekecil apapun. Jika dari yang kecil dijaga, maka latihan ini diharapkan akan menjaga diri dari hal-hal yang besar. Sebaliknya, kecerobohan mengulurkan tangan pada hak orang lain walau hanya sepele, merupakan latihan buruk. Tangan yang terbiasa, hati yang menyederhanakan masalah. Hingga saatnya telah menjadi kebiasaan, hak umat yang besar pun bisa disikat habis.

✨ Mari kita lihat tips nabawiyah tentang hal tersebut,

Dari Rafi’ bin Amr al Ghifari, dia berkata: Dulu waktu aku masih usia anak-anak melempari pohon kurma milik orang-orang Anshar (masyarakat asli Madinah). Hal ini diadukan kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam: Ada anak kecil yang melempari pohon kurma kami. Maka aku dibawa ke Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Beliau bertanya: “Nak, mengapa kamu melempari pohon kurma?”

Aku menjawab: “Aku makan”

Beliau berkata: “Jangan kamu lempari pohon kurma itu. Makanlah apa yang jatuh di bawah”.

Kemudian beliau mengusap kepalaku dan beliau mendoakanku: “Ya Allah kenyangkanlah perutnya”. (HR. Ahmad no. 19453)

Bayangkan suasana hadits di atas. Anak kecil yang gemar melempari pohon kurma orang lain itu diadukan ke Nabi dan dibawa ke beliau. Tentu suasana takut plus menegangkan pada sang anak sangat mendominasi. Semacam diadili. Suasana yang tidak menguntungkan bagi seorang anak tersebut, diselesaikan dengan sangat baik oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Setelah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam yakin bahwa anak tersebut benar-benar senang melempari pohon kurma orang lain, beliau bertanya motifnya. Suatu hal yang sangat bijak. Karena bisa jadi, seseorang yang melakukan sebuah kesalahan nyata sekalipun, mempunyai pembelaan terhadap kesalahannya. Tentu menjadi bijak, ketika ditanyakan dulu motif dan penyebabnya. Karena mungkin jadi akan ada informasi baru yang membuat semua keputusan bisa berubah.

Ternyata, anak ini memang hanya ingin menikmati kurma. Sehingga dia sering melempari kurma, agar bisa memakannya. Dengan jawaban ini, maka jelaslah bahwa ini memang tindakan salah. Mengambil milik orang lain tanpa izin dan seridho pemiliknya.

Barulah masuk sesi solusi. Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa tindakan melempari kurma seperti itu tidak diizinkan. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam katakan: “Jangan kamu lempari pohon kurma itu”.

Sebuah penjelasan yang jelas. Tidak ada marah-marah, caci maki, tuduhan kasar. Tapi penjelasan. Sekali lagi penjelasan.

Solusi itu dibarengi dengan jalan keluar yang bisa diberikan untuk memenuhi keinginan sang anak menikmati kurma. Kata Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Makanlah apa yang jatuh di bawah.”

Ini sebuah cara yang sungguh menarik. Larangan tanpa solusi terhadap sumber masalah, sering kali hanya menjadikan masalah itu seperti bara dalam sekam, yang akan mudah menyala suatu saat nanti.

Sang anak hanya ingin menikmati kurma. Ini hal yang boleh. Untuk itulah dipilah antara cara menikmati yang tidak boleh yaitu melempari pohon orang lain. Dan cara menikmati yang boleh yaitu memunguti yang jatuh dari pohon. Sehingga sang anak tahu cara yang benar untuk menikmati hal yang diinginkan tersebut.

Setelah itu, menjadi kebiasaan Nabi: Memberikan Sentuhan dan Doa. Kali ini, Nabi mengusap kepala dan berdoa sesuai dengan masalah yang sedang terjadi: “Ya Allah kenyangkanlah perutnya”.

✨ Tips Nabawiyah di atas bisa kita analogikan untuk masalah kebiasaan anak yang suka mengambil barang temannya.

✨ Cara ‘mengadili’ seperti Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam harus bisa kita tiru. Jangan buru-buru memberikan vonis sebelum menempuh langkah-langkah hebat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam:

1⃣ Tanyakan motif perbuatannya.
Jika benar ia berbuat kesalahan, sampaikan penjelasan tanpa kalimat kasar dan tuduhan tentang kesalahan tersebut.

2⃣ Berikan solusi pengganti atau cara yang benar untuk ia bisa mendapatkan keinginannya.

3⃣ Akhiri dengan sentuhan fisik yang lembut bersumber dari hati yang tulus.

4⃣ Doakan ia agar dijauhkan dari penyakit jiwa tersebut

Sumber:

🌎 http://www.parentingnabawiyah.com/index.php/artikel–keluarga/anak-parenting/63-tips-nabawiyah-anak-mengambil-hak-orang-lain

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/77
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 15 Februari 2016
📆 6 Jumadil Awal 1437
_______________________

📝 Disarikan oleh: Maya Tri Bonda Sari
📝 Tema: Islamic Knowledge

❤ MENJAGA HATI ❤

🍀 Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam pernah bersabda, “Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya dan Jika ia buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya, ia adalah hati.” (Muttafaq ‘alahi).

🍀 Hati ibarat cermin. Jika tidak dirawat dan dibersihkan, ia mudah kotor dan berdebu. Karena itu, Ibnul Qoyyim Al Jauziyah pernah mengatkan bahwa hati manusia terbagi dalam 3 kriteria;
– Qalbun Salim (hati yang sehat)
– Qalbun Mayyit (hati yang mati)
– Qalbun Maridh (hati yang sakit).

💔 Hati yang sakit (Qalbun Maridh), ia senantiasa dipenuhi penyakit yang bersarang di dalamnya. Di antaranya; Riya’, hasrat ingin dipuji, Hasad, dengki, ghibah dan sebagainya. Juga sombong dan tamak.

Orang yang memiliki Qalbun maridh (hati yang sakit) akan sulit menilai secara jujur apapun yang tampak di depannya. Dihadapkan pada siapapun yang memiliki kelebihan, hatinya akan serta merta menyelidiki bibit-bibit dan kekurangannya. Bila sudah ditemukan hatinya pun akan senang bukan kepalang. Ibarat menemukan barang berharga, ia pun lalu mengumbar dan mengabarkan bibit dan kekurangan orang itu kepada siapa saja, agar kelebihannya menjadi tenggelam, naudzhubillah.

💔 Hati yang mati (Qalbun Mayyit) sepenuhnya di bawah kekuasaan hawa nafsu, sehingga ia terhijab dari mengenal Allah Subhanahu Wata’ala. Hari-harinya adalah hari-hari penuh kesombongan terhadap allah, sama sekali ia tidak mau beribadah kepada-Nya, dia juga tidak mau menjalankan perintah dan apa-apa yang diridhai-Nya. Hati model ini berada dan berjalan bersama hawa nafsu dan keinginan-nya walaupun sebenarya hal itu dibenci dan dimurkai Allah. Ia sudah tak peduli, apakah Allah ridha kepadanya atau tidak? Sungguh, ia telah berhamba kepada selain Allah. Bila mencintai sesuatu, ia mencintainya karena hawa nafsunya. Begitu pula apabila ia menolak, mencegah, membenci sesuatu juga karena hawa nafsunya.

❤ Hati yang baik dan sehat disebut Qalbun Salim. Inilah hatinya orang beriman. Hati ini adalah hati yang hidup, bersih, penuh ketaatan dengan cahaya terangnya dan bertenpat di nafsul mutmainnah (jiwa yang tenang).

〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🍀 Kata Nabi, sesungguhnya hati itu berkarat sebagaimana besi berkarat. Cara membersihkannya adalah dengan mengingat Allah [dzikrullah] ”

“Qalbu berkarat karena dua hal yaitu lalai dan dosa. Dan pembersihnya-pun dengan dua hal yaitu istighfar dan dzikrullah.” [HR.Ibnu Ab’id dun ya Al-Baihaqi].

〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🍀 Hasan al-Bisri RA, salah seorang tabi’in terkemuka, pernah berkata, “Hati itu rusak karena enam hal.” Maka, kita harus berhati-hati dengan enam hal yang berpotensi merusak hati, yaitu:

1⃣ melakukan dosa dengan berangan-angan akan segera ditobati dan yakin Allah akan menerima tobatnya.

2⃣ mengetahui ajaran Islam, tetapi tidak berusaha mengamalkannya.

3⃣ mengamalkan ajaran Islam, tetapi tidak ikhlas lilaahi ta’ala.

4⃣ menikmati rezeki dari Allah, tetapi tidak berusaha mensyukurinya.

5⃣ tidak ridha menerima ketentuan dari Allah.

6⃣ menguburkan jenazah saudaranya, tetapi tidak mengambil pelajaran darinya.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🍀 Maka, agar hati tidak rusak sehingga merusak organ tubuh yang lainnya, kita harus bekerja ektrakeras guna menghindari enam hal yang dikemukakan oleh Hasan al-Bisri tersebut. Lalu, bagaimana kiatnya?

✅ kita jangan memandang remeh dosa tak terkecuali dosa kecil. Sebab dosa kecil (saja) apabila dilakukan berulang-ulang dapat berubah menjadi dosa besar. Dengan kata lain, kita harus bekerja ekstra keras untuk menghindari dosa. Lebih jauh, apabila kita menyadari telah melakukan dosa jangan berhenti meminta pengampunan pada Allah. Rasulullah SAW sendiri yang dijaga dari perbuatan dosa (ma’shum) senantiasa beristighfar seratus kali setiap harinya. Apalagi, kita?

✅ kita bertekad untuk mempelajari ajaran Islam dengan sebaik-baiknya sepanjang hayat di kandung badan. Di samping itu kita bertekad untuk mengamalkannya sedikit demi sedikit dalam kehidupan kita sehari-hari.

✅ kita bertekad untuk mengamalkan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya karena kita yakin dengan firman Allah dalam QS An-Nisa [4] ayat 125 dan QS al-Mulk [67] ayat 2.

✅ kita bertekad untuk mensyukuri rezeki yang diberikan Allah kepada kita karena kita yakin dengan firman-Nya dalam QS Ibrahim [14] ayat 7.

✅ kita bertekad untuk menerima dengan ridha ketentuan Allah yang baik dan yang buruk terhadap kita karena kita yakin itulah yang terbaik buat kita.

✅ kita bertekad untuk mengambil pelajaran dari kematian saudara-saudara kita karena kita yakin suatu hari akan mengalaminya juga.

Wallahu a’lam.

Sumber:

🌎 http://m.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2012/04/24/2051/menjaga-hati-agar-tetap-sehat-dan-tidak-berkarat.html#.VsER2Xqwowj

🌎 http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/15/03/17/nlcmd8-enam-kiat-menjaga-hati

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/78
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 17 Februari 2016
📆 8 Jumadil Awal 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Health & Safety

MENGENAL TANDA- TANDA KEGAWATDARURATAN ➡ PREEKLAMSIA

🔍 Preeklampsia pada ibu hamil merupakan salah satu penyebab kematian pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena tidak mendapat penanganan yang tepat akibat minim pengetahuan ibu terhadap tanda dan bahaya pada kehamilan. Preeklamsia umumnya muncul di trisemester tiga atau setelah kehamilan berusia 20 minggu.

🔍 Tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi otak, ginjal, hati, dan paru-paru. Preeklamsia secara tradisional dianggap sebagai kondisi yang paling sering mendahului Eklampsia (kejang karena tekanan darah tinggi pada kehamilan).

🔍 Preeklampsia menyebabkan kelahiran prematur (baik spontan maupun untuk menyelamatkan bayi dan ibu), kelahiran bayi cacat atau perkembangan janin tidak sempurna, bahkan berpotensi mengancam jiwa.

🏥 PENGERTIAN PREEKLAMPSIA

🔍 Preeklampsia sering juga disebut toksemia, adalah ketika seorang wanita hamil menderita tekanan darah tinggi dan adanya proteinurilama kehamilan. 

🔍 Preeklamsia setidaknya mempengaruhi 5% dari seluruh kehamilan, itu merupakan kondisi yang kompleks ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan pada tungkai atau wajah, dan adanya protein dalam urin. 

🔍 Preeklampsia dapat menghambat plasenta mendapatkan atau menyuplai darah yang cukup. Jika plasenta tidak mendapatkan cukup darah sehingga janin mendapat pasokan nutrisi yang kurang. Hal ini dapat menyebabkan berat badan lahir rendah dan masalah lainnya untuk bayi. 

🏥 TANDA DAN GEJALA PREEKLAMSIA

Gejala yang muncul bervariasi dari satu wanita dengan wanita yang lain dan dapat muncul tiba-tiba. Namun secara umum gejala yang ditunjukkan meliputi:

📈Tekanan darah lebih dari 140 / 90mmHg
📈 Proteinuria (protein dalam urine dengan konsentrasi melebihi 0,3 g/liter yang diambil minimal 2 kali dengan jarak waktu 6 jam)
📈 Pusing
📈 Agitasi dan kebingungan
📈 Perubahan status mental
📈 Output urine berkurang atau tidak ada output urin
📈 Sakit kepala 
📈 Mual dan muntah
📈 Nyeri di bagian atas kanan perut
📈 Sesak napas
📈 Berat badan tiba-tiba lebih tinggi
📈 Edema (Pembengkakan pada wajah atau tangan akibat penimbunan cairan)
📈 Gangguan penglihatan, pandangan menjadi kabur.

🏥 PENYEBAB PREEKLAMSIA  

Para ahli percaya bahwa masalah kelainan plasenta merupakan faktor utama yang menyebabkan preeklampsia. Namun, penyebab pasti preeklampsia tidak diketahui. Kemungkinan penyebab Preekslamsia sebagai berikut:

📈 Gangguan aliran darah ke plasenta atau uterus 
📈 Kerusakan pada pembuluh darah plasenta
📈 Gizi buruk
📈 Penyakit autoimun 
📈 Lemak tubuh yang tinggi
📈 Gen 

🏥 BERESIKO PREEKLAMSIA  

📈 Kehamilan pertama 
📈 Jika ibu hamil lebih muda dari 18 tahun atau lebih tua dari 40 tahun. 
📈 Berhubungan dengan jarak antara dua kehamilan. 
📈 Status sosial ekonomi rendah. 
📈 Beberapa kehamilan seperti kembar atau kembar tiga. 
📈 Kehamilan mola, kondisi abnormal yang meniru kehamilan normal tetapi sebenarnya tumor. 
📈 Riwayat tekanan darah tinggi kronis, diabetes, gangguan ginjal, migrain, rheumatoid arthritis
📈 Riwayat keluarga pra-eklampsia (yaitu, ibu, adik, nenek atau bibi yang memiliki gangguan tersebut). 
📈 Wanita dengan lemak tubuh lebih tinggi dari rata-rata.

🏥 JENIS-JENIS PREEKLAMSIA DAN PENANGANNAN:

Preeklamsia dibagi menjadi dua jenis sesuai dengan berat dan ringannya penyakit yang diderita :

1⃣ Preeklamsia ringan

Ketika tekanan darah tetap di bawah 160 sistolik (angka yang lebih besar), atau 110 diastolik (angka yang lebih kecil), dan tidak ada gejala penyakit yang parah.
Pada preeklamsia ringan, dokter akan menyarankan ibu hamil untuk istirahat. Dengan beristirahat akan mengurangi kebutuhan volume darah yang beredar sehingga tekanan darah akan turun dan edema berkurang.

2⃣ Preeklamsia berat

Ketika tekanan darah sistolik melebihi 160 atau 110 diastolik, dan atau disertai dengan gejala adanya penyakit tertentu seperti dibawah ini: 

📈 Perubahan visual dan gangguan penglihatan, penglihatan kabur.
📈 Sakit kepala yang terus menerus
📈 Kesulitan bernapas akibat kelebihan cairan di paru-paru
📈 sakit perut parah bagian atas
📈 Penurunan output urin, lebih dari 5000 miligram protein dalam sampel 24 jam
📈 Trombosit rendah secara signifikan (bagian dari darah yang membantu gumpalan darah)
📈 Disfungsi hati atau janin yang sangat kecil atau terlalu sedikit cairan ketuban di sekitarnya.

Pada kasus preeklamsia berat ibu hamil harus dirawat di rumah sakit untuk mencegah timbulnya kejang dan dokter akan memberikan obat serta tindakan yang dianggap perlu.

🏥 DIAGNOSIS PREEKLAMSIA DAN PENGOBATAN

📈 Studi menyeluruh tentang riwayat kesehatan. 
📈 Tanda-tanda-fisik wajah, tangan dan / atau kaki (Diagnosa pembengkakan)
📈 Ukur tekanan darah secara berkala – Tekanan darah tinggi dari 140 / 90mmHg. adanya tekanan darah tinggi tunggal tidak berarti bahwa wanita hamil memiliki pre-eklampsia. Tapi, pembacaan kedua diambil 6-jam kemudian dapat membantu mengkonfirmasi kecurigaan pre-eklampsia. 
📈 Tes Urine untuk menilai Adanya protein dalam urin.
📈 Hitung darah lengkap, atau CBC, untuk mencari jumlah sel darah yang abnormal seperti trombosit kurang dari 100.000 atau rendah jumlah sel darah merah. 
📈 Tes fungsi hati dapat menunjukkan enzim hati yang normal atau lebih tinggi. 
📈 USG untuk memeriksa usia dan kondisi janin mungkin diperlu

Operasi caesar merupakan metode yang paling tepat untuk preeklampsia pada ibu hamil, jika janin telah berkembang cukup untuk bertahan hidup di luar rahim. Antikonvulsan dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kejang

🏥 UPAYA MENCEGAH PREEKLAMSIA :

🍛 Mengatur pola makannya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, tinggi protein, rendah lemak, rendah karbohidrat, kaya serat dan rendah garam. Berdasarkan riset Universitas Washington, Seattle, AS, banyak mengkonsumsi makan berserat akan mengurangi risiko Pre-Eklampsia. Serta tercukupnya kebutuhan kalsium dapat mengurang risiko hipertensi yang terjadi pada masa kehamilan. Kebutuhan kalsium dan serat dapat Anda peroleh melalui makanan yang Anda konsumsi sehari-hari seperti susu, sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Dengan begitu, berat badan tidak bertambah secara berlebihan dan preeklamsia bisa dihindari.
💆 Semakin tua usia kehamilan sebaiknya ibu hamil juga mendapat istirahat yang cukup. Tidak berarti harus berbaring di tempat tidur, tapi setidaknya jangan lagi melakukan aktivitas fisik yang berat
📝 Kontrol kehamilan Anda. Langkah terbaik dalam menjauhkan Preeklampsia pada kehamilan Anda adalah dengan rajin kontrol ke dokter kandungan. Periksa rutin tekanan darah serta kandungan protein dalam urine Anda. Segera konsultasikan ke dokter apabila Anda merasakan gejala-gejala Preeklampsia agar dapat ditangani dengan cepat.
💊 Minum multivitamin. Riset menunjukkan, multivitamin memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan sekaligus mengurangi risiko pre-eklampsia hingga 50%.
💉 Periksa kesehatan gigi ke dokter gigi. Bakteri perusak gusi bisa menjadi pemicu Pre-Eklampsia, demikian riset terbaru AS. Jadi, sikat gigi minimal 2 kali sehari dan gunakan benang gigi.
🚶 Jalan kaki. Studi menunjukkan, ibu hamil yang teratur jalan kaki bersisiko rendah alami Preeklampsia dibanding yang malas jalan.

 
SUMBER:

© http://www.tabloid-nakita.com/mobile/read/778/mengenal-preeklamsia-atau-keracunan-kehamilan-

© http://www.idmedis.com/2014/12/preeklampsia-pada-ibu-hamil-penyebab-gejala-dan-faktor-resiko.html

© http://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tips/mengurangi-resiko-preeklampsia-

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/79
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 19 Februari 2016
📆 10 Jumadil Awal 1437
_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting

MELATIH ANAK BERPIKIR-MEMILIH-MENGAMBIL KEPUTUSAN

🍃 Menurut dra. Betty D.K. Zakianto, M.Psi (dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia) anak yang tak pernah merasa yakin dengan kemampuannya, ragu pada dirinya sendiri dan tak pernah bisa mengambil inisiatif disebabkan karena anak tak pernah dilatih memilih sendiri.

🍃 Orang tua seringkali menjadi pengambilan keputusan untuk anak dan menganggap anak belum tahu apa-apa. Bahkan tak jarang sikap orang tua sebagai pengambil keputusan didasari oleh harapan orang tua. Orang tua mengharap apa yang diinginkan dilakukan oleh anaknya.

🍃 Orang tua yang memberikan semua kebutuhan dan keinginan anak bahkan ketika anak belum meminta akan membuat anak memiliki Adversity Quotion (AD) yang rendah. AD adalah kemampuan untuk tabah dalam masalah, “ tahan banting” dalam menghadapi masalah hidup. Membiasakan anak melatih diri untuk Berfikir-Memilih-Mengambil keputusan merupakan cara meningkatkan AD.

🍃 Manfaat yang dirasa anak bila dilatih Berfikir-Memilih-Mengambil Keputusan:

1. Mau mengambil inisiatif
2. Berani mengambil keputusan itu sendiri, bahwa keputusan itu boleh dia ambil sendiri dan begitu seterusnya hingga dia makin cakap memilih
3. Merasakan konsekuensi atau akibat dari pilihan, sehingga tahu mana yang kelak harus diambil dan mana yang harus dihindari
4. Konsisten dengan pilihan yang baik
5. Melatih sikap mau mengakui dan menerima konsekuensi teknis yang buruk atau keliru
6. Membangun sikap mau memperbaiki pilihan keliru tersebut
7. Melatih kemampuan membuat prediksi karena sudah memiliki pengalaman belajar dari kejadian atau peristiwa sebelumnya. Berati secara tidak langsung anak juga melatih diri berhipotesa, bereksperimen dan mengevaluasi yang diperlukan disegala bidang kehidupan.

🍃 Berfikir- Memilih-Memutuskan dengan sederhana pada:

1⃣ Periode 0 – 3 tahun
Pada periode ini, ortu memulai dengan “Yes-No Question” atau pertanyaan yang jawabannya antara “Iya & Tidak” atau antara “Mau & Tidak Mau”. Ini cukup masuk akal, karena perbendaharaan kata dan sensasi benda masih sangat minim.
2⃣ Periode 3 – 5 tahun
Pada periode ini, ortu bisa mulai memberi “Multiple Choice Question” atau pertanyaan yang jawabannya antara “Yang Ini & Yang Itu”. Bisa dua atau tiga pilihan, misalnya. Contoh: Kamu mau susu rasa coklat atau stroberi? Besok kita pergi ke rumah paman atau kakek ya? Nanti liburan kamu mau jalan-jalan ke kebun binatang atau pantai? Dengan catatan, Si Anak sudah pernah mengalami sensasi dari pilihan yang dilontarkan
3⃣ Periode 5 – 8 tahun
Pada periode ini, ortu bisa mulai memberikan “Open Question” atau pertanyaan dengan pilihan terbuka, yang tidak dibatasi oleh dua atau beberapa pilihan. Contoh: Hey anak-anak, siang ini kalian mau makan enak apaaa? Hingga pilihan yang relatif lebih kompleks seperti cita-cita dan lain sebagainya. Ini wajar karena di usia 5 – 8 tahun, perbendaharaan kata dan sensasi benda Si Anak sudah jauh lebih lengkap.

🍃 Tips Persiapan Melatih Berfikir- Memilih-Memutuskan :

1⃣ Sabar dan siap mental
Memilih atau mengambil keputusan sendiri bukan pekerjaan mudah, dibutuhkan kesabaran tersendiri dalam membantu anak membuat keputusan atas pilihannya. Apalagi tak jarang, kala kita meminta ia memilih, mikirnya lama sekali. Selain itu dibutuhkan pula kesiapan mental orang tua untuk memberi kesempatan anak.

2⃣ Melalui kegiatan sehari-hari
Sebagai contoh minta anak memilih apa yang hendak dimakannya untuk sarapan, apakah nasi goreng atau roti dengan selai. Selain itu, bisa juga dengan sering mengajak anak melakukan permainan yang ada kaitannya dalam pengambilan keputusan. Seperti permainan ular tangga yang membuatnya harus memilih langkah mana yang harus diambilnya.

3⃣ Kalau Pilih Ini Begini, Pilih itu Begitu
Beri dorongan penuh agar anak bisa berpikir dengan baik mengenai keputusan dan akibat dari keputusan yang diambilnya. Tak ada salahnya jika Anda bertanya, “Kenapa lebih memilih A ketimbang B?” Biarkan ia menjelaskan alasannya. 

4⃣ Hormati Keputusannya
Anda sedang mengajarkan anak mengambil keputusan sendiri. Agar tidak terjadi gap yang sangat jauh antara pilihannya dan harapan Anda, buatlah semacam batasan. Misalnya, “Mama sih, sebenarnya lebih senang kamu pakai sepatu yang baru. Karena sepatu yang lama sepertinya sudah mulai kesempitan….” Namun karena Anda sudah berkomitmen mengajarkan anak mandiri dalam mengambil keputusan, terimalah jika keputusan anak berbeda dari yang Anda harapkan. Bersikaplah konsisten dan berusahalah untuk tidak menampakkan ketidaksetujuan Anda.

5⃣ Asalkan tidak berbahaya
Untuk hal-hal tertentu, terutama yang kompleks dan sulit, tentulah ia masih tetap memerlukan kebijaksanaan dan keputusan terbaik dari orang tua. Misal, memilih “sekolah”, memilih mainan yang tajam sehingga bisa melukainya tentu orang tua tak boleh membiarkan dan menjadi hak prerogatif orang tua untuk melarangnya.

SUMBER:
🌞 http://tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Melatih-Anak-Memilih-Sendiri
🌞 https://adinfocibubur.wordpress.com/2008/03/06/melatih-anak-mandiri-dalam-mengambil-keputusan/
🌞 https://remahhikmah.wordpress.com/2015/05/04/keterampilan-anak-mengambil-keputusan/

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.com

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/80
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 22 Februari 2016
📆 13 Jumadil Awal 1437
_______________________

📝 Disarikan oleh : Maya Tri Bonda Sari
📝 Tema: Islamic Knowledge

🚩🚩FASTABIQUL KHAIRAT 🚩🚩

🐾 Beriman bahwa surga adalah hak, yang disediakan hanya bagi orang orang yang beriman, dan diharamkan atas orang-orang kafir selamanya, merupakan bagian dari keimanan kepada hari akhir.

🐾 Kenikmatan surga adalah kenikmatan abadi yg tidak akan sirna. Para penghuni surga tidak akan keluar dari dalamnya. Karena itu marilah kita bersama menggapainya dgn berlomba-lomba dalam kebaikan.

🐾 Allah berfirman:

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَمَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kalian (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kalian berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat), sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (TQS. Al Baqarah: 148)

🐾 Kebaikan-kebaikan yang diperintahkan Allah agar kita berlomba-lomba dan bersegera melaksanakannya banyak sekali, di antaranya:

1⃣ Yang bersifat fardhu
1. Seluruh fardhu a’in spt shalat wajib, zakat wajib, shaum ramadhan, haji, memahami perkara yg diwajibkan bagi manusia dlm hidupnya, jihad utk mempertahankan diri, jihad yg diperintahkan oleh khalifah, melakukan baiat tha’at, memberi nafkah yg wajib dan berusaha mencarinya, menjalin silaturahmi kpd kerabat, bergabung dlm jama’ah kaum muslin, dan lainnya.
2. Seluruh fardhu kifayah.

2⃣ Yang bersifat sunnah
Di antara ibadah-ibadah yg disunnahkan adalah:
– Wudhu utk setiap kali shalat serta menggosok gigi setiap kali berwudhu
– Shalat 2 rakaat setelah wudhu
– Adzan, berdiri si barisan pertama dan bergegas utk shalat
– Menjawab adzan
– Berdoa di antara adzan dan iqamat
– Membangun masjid
– Berjalan ke masjid utk shalat
– Shalat nafilah (sunah) di rumah
– Qiyamul lail
– Mandi pada hari Jumat
– Shadaqah sunah
– Memberikan pinjaman
– Penangguhan pembayaran hutang utk org yg lapang dan pembebasannya dari org yang kesulitan
– Memberi makanan
– Memberi minum kpd setiap yang bernyawa
– Qiyam ramadhan, terutama pada malam Al Qadr dan sepuluh malam terakhir
– Makan sahur
– Menyegerakan berbuka puasa
– Memberi makanan orang shaum utk berbuka
– Umrah
– Mengerjakan amal shalih di 10 hari pertama bulan dzulhijjah
– Memohon kpd Allah utk mati syahid
– Membaca surah al kahfi atau sepuluh ayat pertama atau sepuluh ayat terakhir
– Murah hati pada saat jual beli, membayar dan menagih
– Membaca shalawat kpd Rasulullah SAW
– Menutupi kesalahan orang yang taat
– Memaafkan, menahan amarah, dan sabar menanggung beban penderitaan
– Mendamaikan permusuhan antara manusia
– Ziarah kubur
– Kontinyu dalam beramal

Sumber:

📗Kitab Min Muqawimat Nafsiyah Islamiyah (Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyah)

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/81
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 24 Februari 2016
📆 15 Jumadil Awal 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Nutrition

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN GIZI ANAK

🍱 Kebutuhan gizi ( requirement), menggambarkan banyaknya zat gizi minimal yang diperlukan oleh masing-masing individu sehingga ada yang rendah dan tinggi yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Di indonesia, angka kebutuhan gizi ini disusun setiap 5 thn sekali dalam widyakarya nasional pangan dan gizi (wnpg)

🍱 Secara umum dalam ilmu Biologi, gizi bisa dibagi menjadi lima kelompok utama, yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Kelima zat gizi tersebut sangat dibutuhkan bagi manusia untuk proses pertumbuhan, metabolisme tubuh, dan proses-proses di dalam tubuh lainnya. 
 
🍱 Kebutuhan gizi bayi dan anak relatif lebih besar bila dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan pada usia bayi dan anak pertumbuhan terjadi secara pesat.
 
🍱Untuk tiap 3 tahun pertambahan umur, maka kebutuhan energi / kalori mengalami penurunan sebanyak 10 kkal/kg BB

🍱Menghitung Kebutuhan Gizi Balita

1⃣ Cara Hitung Berat Badan Ideal (BBI) pada usia kurang dari 10 th
BAYI (umur dlm bln : 2) + 4
ANAK (umur dlm th * 2) + 8
⚖Contoh:
jika balita kita berusia 2 tahun, maka BBI nya adalah:
(2 thn x2)+8  =12kg

2⃣Menentukan Estimasi Kebutuhan Energi dan Zat Gizi Total Per Hari

Menurut Widya Karya Pangan dan Gizi (WKPG), Kebutuhan Energi
🔺usia 0-1 th :
P: 110 – 120(kkal/kg Bb)
W: 110 – 120(kkal/kg Bb)
🔺usia 1-3 th :
P: 100(kkal/kg Bb)
W: 100(kkal/kg Bb)
🔺usia 4-6 th :
P: 90(kkal/kg Bb)
W: 90(kkal/kg Bb)
🔺usia 6-9 th :
P: 80-90(kkal/kg Bb)
W: 60-80(kkal/kg Bb)
🔺usia 10-14 th :
P: 50-70(kkal/kg Bb)
W: 40-55(kkal/kg Bb)
🔺usia 14-15 th :
P: 40-50(kkal/kg Bb)
W: 40(kkal/kg Bb)

Contoh Kebutuhan Kalori Anak usia 2 th :
100 kal/kg BBI (WKPG), dengan BBI 12 yaitu 100×12 kg = 1200 kal/hari 

ATAU

Kebutuhan energi/kalori pada anak balita dapat dilakukan dengan rumus :
Kebutuhan Kalori = 1000 + (100 x usia dalam tahun)
Contoh Kebutuhan Kalori Anak usia 2 th:
1000 + (100 x usia dalam tahun ), yaitu 1000 + (100 x 2 thn) = 1200 kal/hari

3⃣ Kebutuhan protein, angka kebutuhan protein tergantung mutu protein, semakin baik mutu protein semakin rendah angka kebutuhan protein.

Kebutuhan Protein Bayi dan Anak (WKPG)
Usia 0-1 th : 2.5 (g/kg BB/hari)
Usia 1-3 th : 2 (g/kg BB/hari)
Usia 4-6 th : 1.8 (g/kg BB/hari)
Usia 6-10 th : 1.5 (g/kg BB/hari)
Usia 10-18 th : 1-1.5 (g/kg BB/hari)

Contoh Kebutuhan Protein Anak usia 2 th sesuai WKPG:
12 (BBI) * 2 (WKPG) = 24 g
Menurut WKPG, protein tidak boleh melebihi 30% total kalori

ATAU

⚖Kebutuhan protein adalah sebesar 10% dari total kebutuhan energi sehari, dapat dihitung dengan rumus :
Kebutuhan Protein = (10% x Total Energi Harian) : 4 = x gram
Contoh Kebutuhan Kalori Anak usia 2 th:
Protein 10% dari total kalori = (10% x 1200 kal) : 4 = 30 gram      

4⃣ Kebutuhan Lemak
Kebutuhan lemak adalah sebesar 20% dari total kebutuhan energi sehari, dapat dihitung dengan rumus :
Kebutuhan lemak = (20% x Total Energi Harian) : 9 = x gram
⚖Contoh Kebutuhan Lemak Anak usia 2 th:
Lemak 20% dari total kalori = (20% x 1200 kal) : 9 = 27 gram

5⃣ Kebutuhan Karbohidrat adalah sisa dari total energi harian dikurangi prosentase protein dan lemak.
Contoh Kebutuhan Kalori Anak usia 2 th:
Karbohidrat, sisa dari total kalori dikurangi prosentase protein dan lemak =
     (70% x 1200 kal) : 4 = 210 gram

🍱Jumlah kebutuhan yang seharusnya dikonsumsi anak secara garis besar sebagai berikut :

Pembagian Makanan Sehari Diet 1200 kalori 30 gram Protein :

Nasi                   3P   = 300 gram (2 1/4 gelas)
Protein hewani    3P   = 120 gram ( 3 potong sedang)
Protein nabati    2,5P  = 75 gram tempe/30 gram kacang hijau (1,5 potong tempe/2,5 sendok kacang hijau)
Sayuran             1,5P  = 150 gram (1 1/4 gelas sayuran masak)
Buah                    3P  = +/- 300 gram
Minyak              2,5P = 12,5 gram (2,5 sendok teh)

Ket. P=Satuan Penukar, 1P = 1 Satuan Penukar

🍱 Jika dilihat dari susunan diatas, bahan makanan terbesar yang dikonsumsi adalah nasi. Namun tidak lantas nasi menjadi patokan utama konsumsi anak. Karena pada dasarnya sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi.

🍱 Jika balita anda tergolong anak yang sulit makan nasi, alternatif bahan penukar dari golongan sumber karbohidrat :

Ket. : 1 Satuan Penukar mengandung = 175 kalori, 4 gram protein, 40 gram karbohidrat

1P Nasi  = 3/4 gelas / 100 gram dapat digantikan dengan:
Jagung segar  = 3 biji sedang / 125 gram  
Kentang        =  2 buah sedang / 210 gram
Makaroni      =  1/2 gelas / 50 gram
Mi Kering     =  1 gelas / 50 gram
Mi Basah      =  2 gelas / 200 gram
Roti              =  3 iris / 70 gram
Singkong      = 1 1/2 potong / 120 gram
Ubi jalar kuning = 1 biji sedang / 135 gram
Sukun           = 3 potong sedang / 150 gram

Selamat menghitung dan menerapkan hidup dengan gizi seimbang para Bunda IPC

SUMBER:
💻http://nutrihealth4life.blogspot.co.id/2011/12/berapakah-kebutuhan-kalori-dan-zat-gizi.html
💻https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://muslimpinang.files.wordpress.com/2010/01/microsoft-powerpoint-2-kebutuhan-gizi-compatibility-m.pdf&ved=0ahUKEwiB1d2n4I3LAhVECY4KHVkxCw8QFggbMAA&usg=AFQjCNEbj9ENeg-RkCgU6BDtyEaJZhhPfw

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.com

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/82
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 26 Februari 2016
📆 17 Jumadil Awal 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting

TELADAN DARI IBUNDA IMAM SUFYAN ATAS TSAURI: MENGAJARKAN AMAL DAN ILMU SECARA PARALEL

Seorang ibu suatu hari berkata pada anaknya, “Wahai putraku, tuntutlah ilmu, dan aku siap membiayaimu dari pintalanku. Wahai putraku, jika engkau telah mencatat sepuluh kalimat, maka perhatikan:
Apakah engkau bertambah takut, sabar, dan sopan?
Jika engkau tidak demikian, maka ketahuilah bahwa semua kalimat tadi akan membahayakanmu dan tidak bermanfaat bagimu.” (Riwayat Imam Ahmad).

Perhatikanlah nasihat seorang Ibu kepada putranya di atas. Resapi kata demi kata yang menyertainya.
Bahasa yang sangat sederhana, namun sarat makna.

Nasihat yang lahir dari kekhawatiran akan manfaat ilmu yang anaknya pelajari.
Nasihat yang lahir dari rasa peduli dan kasih sayang yang tinggi,
Nasihat yang lahir dari nilai Islam yang melekat dalam diri,
Hingga tak ingin ananda tercintanya melakukan kesia-siaan dalam waktu hidupnya.

Wahai Ibu…
Ibu di manapun di seluruh dunia,
Bagaimana dengan kita?

Jangankan 10 kalimat,
Jangan-jangan sudah berbuku-buku habis untuk catatan belajar anak-anak kita,
Namun mungkin terlupa kita tanyakan,
Bagaimana manfaat ilmu bagi mereka.

Apakah ilmu mereka membuat mereka semakin tunduk pada Rabb-nya?
Apakah ilmu mereka membuat mereka semakin takut? Semakin sabar? Semakin sopan?
Pernahkah kita tanyakan?

Barangkali kita memang bertanya pada mereka,
Tentang ilmu mereka,
Sudah sampai mana pelajaranmu,Nak?
Mampukah engkau mengikuti?
Apakah perlu Ibu tambahkan les untukmu, anakku?

Kita tuntut mereka belajar,
Untuk sanggup mengikuti kurikulum yang ditetapkan,
Namun lupa mengevaluasi kembali…

Hasil ilmu bukanlah nilai rapor sekolah.
Hasil ilmu bukanlah menjadi pemenang adu cerdas cermat,
Hasil ilmu bukanlah dari piala dan piagam berjejeran.

Hasil ilmu adalah akhlaq mereka,

Yang ketika bertambah ilmu mereka,
Bertambah takut, sabar, dan sopanlah mereka.

Hasil ilmu adalah ketika mereka tidak sia-sia dalam waktu mereka.
Hingga tak tersisa ketidakmanfaatan dalam semua tindak tanduk mereka.

Tahukah siapa sebenarnya Ibu dengan nasihat luar biasa di atas?

Dialah ibunda Sufyan Ats Tsauri.
Sufyan Ats Tsauri tercatat sebagai adalah salah seorang tokoh ulama teladan dari Kufah,
Imam dalam bidang hadits juga bidang keilmuan lainnya,
Terkenal sebagai pribadi yang wara’ (sangat hati-hati), zuhud, dan seorang ahli fiqih,
‘Ulama yang selalu ingat untuk mengamalkan ilmunya.

Wahai Ibu….
Jangan biarkan kisah ini berlalu begitu saja,

Kini saatnya kita yang bertanya,

Apa kabar ilmumu, anakku?
Manfaatkah dia bagi akhlaqmu?
Karena Nak, Ilmu itu terlihat dari amalmu.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

❣Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengamalkannya” (HR Bukhari)

❣Rasulullah telah menegaskan bahwa orang yang terbaik adalah mereka yang melakukan dua hal:
1⃣Belajar Alquran
2⃣Mengamalkan Alquran

❣Ibunda Imam Sufyan Ats Tsauri memberikan pengajaran pada putranya dengan metode yang telah digunakan oleh para sahabat Rasulullah SAW . Metode ini pasti sudah diketahui oleh Nabi Muhammad dan beliau pun ridha dengan cara belajar para sahabatnya.

1⃣ Belajar tidak harus langsung banyak, ajarkanlan ilmu sedikit-sedikit.
Karena para sahabat belajar setiap 10 ayat.Dari seorang sahabat, yakni Abdurrahman as-Sulami, kita mendapatkan informasi tentang metode para sahabat Nabi. “Para pembaca Alquran –semisal Utsman bin Affan, Abdullah bin Mas’ud, dll- bercerita kepada kami bahwa mereka belajar dari Rasulullah ﷺ 10 ayat. Mereka tidak terburu-buru sama sekali. Dan mereka tidak pindah ke ayat yang ke-11 kalau 10 ayat yang sebelumnya belum Selesai Mereka Pelajari.

2⃣ Ajarkan ilmu dengan maknanya hingga benar-benar dipahami.
 Yang dilakukan para sahabat Nabi dalam tiap 10 ayat adalah belajar makna (tafsir) Alquran yang langsung diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Alquran diturunkan dalam bahasa Arab. Namun, kenapa para sahabat Nabi berusaha tetap memahami tiap makna kata dalam Alquran? Artinya, sahabat Nabi tahu makna Alquran begitu dalam sampai-sampai mereka merasa perlu untuk belajar memahami Alquran dengan cara belajar tafsirnya.
 
3⃣ Setelah benar-benar paham, ajarkan untuk mempraktekkan ilmu tersebut.
Setelah hafal Alquran dan memahami makna ayat dan tafsirnya, Para Sahabat Nabi berusaha mengamalkan ayat tersebut. Mereka tidak akan pindah mempelajari ayat Alquran yang lain sampai semua proses ini lengkap mereka lalui.

❣Selain teladan dalam memberi pengajaran amal dan ilmu, Ibunda Imam Sufyan Ats Shauri mengupayakan biaya putranya dalam menuntut ilmu dengan rejeki halal dari memintal.

❣Ini berdasarkan sabda Rasulullah saw kepada Sa’ad Bin Abi Waqhas, “baguskanlah makananmu, niscaya doamu akan dikabulkan.”

❣Karenanya, anak dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang halal, mencari penghasilan yang halal dan membelanjakan kepada yang halal, sehingga ia tumbuh dalam sikap sederhana dan pertengahan, terjauh dari sikap boros dan pelit.

❣Seperti perjuangan seorang bunda sholihah yang menghindarkan seorang tokoh besar, rujukan dalam ilmu, panutan dalam bab zuhud terhadap dunia dan wara’. Teladan dalam mengingkari kemungkaran dan menampakkan al haq. Dia adalah simbol dalam ibadah dan kekuatan hafalan “Sufyan Ats Tsauri”.

SUMBER :

📲http://www.parentingnabawiyah.com/index.php/ catatan–hati-ibu/265-wahai-putraku-apa-kabar-ilmumu

📲http://abiummi.com/ini-5-metode-belajar-alquran-ala-sahabat-nabi-utsman-bin-affan-dan-sahabat-lain-mempraktekkan-ini/

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 Blog : IslamicParenting.com

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/83
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 4 Maret 2016
📆 24 Jumadil Awal 1437

_______________________

📝 Oleh : Thasya Sugito
📝 Tema: Parenting

ILMU MEMELUK ANAK
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

💐Sebuah penelitian klinis dan psikologis menunjukkan bahwa pelukan antara orangtua dan anak dapat memberi banyak manfaat.

Untuk Anak, pelukan bisa merangsang perkembangan sel otak, meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormon oksitosin yang memberikan perasaan tenang dan bahagia, mengurangi stress, membantu membangun konsep diri positif, mengurangi emosi negatif, serta membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari otak.

Sedang bagi orangtua, pelukan memberi rasa nyaman, ingin melindungi dan menyayangi.

💐Pelukan, juga dinilai lebih efektif ketimbang pujian dan ucapan sayang karena anak merasa dihargai dan dicintai bukan karena mereka telah melakukan sesuatu, tetapi karena mereka apa adanya.

💐Konon, setiap anak butuh 17 pelukan setiap hari. Kalau merasa terlalu banyak, berikan minimal 8x saja sehari. Hal ini insya Allah akan memberi tambahan energi sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya. Selain itu, hal ini juga akan menambah rasa percaya dirinya.

💐Teknik memeluk anak:
🔹Berlutut/menunduklah hingga ayah/bunda sama tinggi dengan si kecil
🔹 Dekap si kecil dengan kedua tangan menyelimuti seluruh tubuhnya, hingga dadanya menyentuh dada ayah/bunda
🔹Lakukan selama 3-20 detik.
🔹Untuk anak yg menjelang balifh/sudah baligh, maka pastikan ayah tidak memberi “sensasi dada bidang” pada anak perempuannya, dan Ibu tidak memberi “sensasi payudara” pada anak laki2nya. Maksudnya, peluklah dengan posisi menyamping.
🔹Peluklah mereka dengan sepenuh hati, dan bukan semata gerakan fisik saja.

💐💐Ingat, aktivitas memeluk anak, juga merupakan penguat bonding/ikatan hati ayah/bunda dengan anak2 lho.. ;)😘

SUMBER :
Berbagai sumber

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/84
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 7 Maret 2016
📆 27 Jumadil Awal 1437
_______________________

📝 Disarikan oleh : Maya Tri Bonda Sari
📝 Tema: Islamic Knowledge

MENDAPATKAN PETUNJUK DALAM AL QURAN

Al Quran merupakan kalamullah yang berasal dari Allah SWT. Lantas, setelah seseorang mengimani bahwa Al Quran adalah kalamullah, cukupkah berhenti sampai di situ? Ternyata tidak.

Setelah mengimani Al Quran sebagai kalamullah, ALLAH SWT memerintahkan kaum muslimin utk melakukan hal-hal sebagai berikut:

1⃣ Membaca Al Quran

Al Quran akan menjadi penolong bagi siapa saja yang membacanya. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abu Umamah ra. menyatakan bahwa ia pernah mendengar beliau saw. bersabda:
“Bacalah Al Quran karena sesungguhnya Al Quran akan datang pada hari kiamat utk memberi syafaat kpd orang yang membacanya” (HR Muslim)

2⃣ Memahami Al Quran

Allah SWT menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia. Oleh karenanya, tidak cukup hanya sekedar dibaca, melainkan harus dipelajari utk dapat dipahami. Dengan memahami Al Quran jalan hidup menjadi gamblang. Hidup dapat selamat dunia dan akhirat, mulus sampai menuju ridha Allah SWT.

Selain itu, diriwayatkan dalam sebuah HR Muslim bahwasannya orang yang membaca dan mempelajari Al Quran akan hidup tenang, mendapatkan rahmat Allah, dikerumuni malaikat dan dipuji-puji oleh ALLAH SWT. Sungguh kenikmatan yg luar biasa.

3⃣ Mengamalkan Al Quran

Al Quran tidaklah hanya sekedar dibaca dan dipahami, melainkan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Nabi SAW dlm berbagai haditsnya menegaskan bahwa siapapun yg berpegang pada Al Quran dan As Sunnah tidak akan tersesat selama-lamanya.

Dalam surah Al Hasyr (49) : 7, dinyatakan:
“Dan apa-apa yang diperintahkan oleh Rasul, ambillah! Dan apa-apa yang dilarang olehnya, tinggalkanlah!”

Jadi, setiap ajaran yang terdapat dalam Al Quran mutlak dilakukan. “Kami mendengar dan kami patuh!”

4⃣ Mengajarkan Al Quran

“Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Quran” (HR. Muslim)

Hadits ini menggambarkan perintah utk mengajarkan Al Quran, mencakup mengajarkan cara membacanya termasuk tajwidnya. Namun tidak hanya itu, mengajarkan Al Quran berarti juga mengajarkan isi kandungan Al Quran. Dengan kata lain, mendakwahkan isi Al Quran dan As Sunnah sehingga manusia keluar dari kegelapan jahiliyah masuk kpd cahaya Islam. Berpindah dari jalan makhluk menuju jalan Allah SWT.

Sumber:

📙 MR.Kurnia. 2015. Menjadi Pembela Islam. Al Azhar Press

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/85
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 11 Maret 2016
📆 2 Jumadil Akhir 1437
_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting

KETIKA ANAK MULAI TERTARIK LAWAN JENIS

❤ Taukah Bunda ketika anak sudah mulai menyukai lawan jenis, itu artinya dia sedang mengenali identitas gender dan seksualitasnya?

❤Pada usia 2-4 tahun sesuai tahap perkembangan anak, si kecil mulai menyadari bahwa terdapat perbedaan antara anak perempuan dan laki-laki. Umumnya pada usia ini, anak mudah sekali dekat dengan lawan jenis karena mereka banyak mengeksplorasi bagian tubuh serta aktivitas di lingkungan luar rumah.

❣Lalu bagaimana sebaiknya orang tua bersikap?
1⃣ Perkenalkan kepada mereka adanya perbedaan jenis kelamin di dunia ini, sebagai contoh dalam keluarga bahwa ayah adalah pria dan ibu adalah wanita.
2⃣ Perkenalkan bahwa wanita memiliki aurat yang berbeda dengan pria. Beri penjelasan tentang batas aurat misal dengan memberikan contoh cara berpakaian dan cara bersikap pada keseharian saat berinteraksi di lingkungan. Orang tuapun perlu menjaga auratnya di hadapan anak-anak.
3⃣ Bila akhirnya anak bermain dengan lawan jenis dan mulai terlihat dekat, sebaiknya jangan bereaksi terlalu keras karena fitrah mereka masilah suci.

❤Pada usia 5-8 tahun, anak mulai menyadari secara penuh identitas gendernya. Mereka menjadi lebih sadar akan bentuk tubuh yang berbeda antara perempuan dan laki-laki, mulai memiliki perasaan malu terhadap lawan jenis dan menumbuhkan perasaan tabu pada beberapa istilah seksual. Karena itu, pada masa ini anak banyak bermain dengan teman sesama jenis dan banyak mempelajari peran sesuai dengan jenis kelaminnya.

❣Lalu bagaimana sebaiknya orang tua bersikap?
1⃣ Amatilah lingkungan dan pergaulan anak
Bermain dengan teman sejenis dan sebaya menjadi sangat menyenangkan bagi anak. Sifat naluriah untuk bermain peran diperoleh dari sekitar karena anak merupakan peniru ulung. Namun tetaplah pahami berbeda cara mendidik tiap keluarga menghasilkan karakter yang berbeda pada tiap anak sesuai pengaruh lingkungan dan media.
2⃣ Jadilah sumber informasi pertama tentang pendidikan seks.
Karena rasa penasaran anak mengenai hal-hal terkait dengan seksual masih sangat tinggi, tidak jarang anak pun mulai banyak bertanya kepada orang tua mengenai hal-hal seksual. Berikanlah jawaban yang sederhana, apa adanya dan masuk di akal sehingga rasa penasaran anak terjawab dan tidak mencari jawaban dari sumber-sumber lain yang mungkin saja kurang tepat. Orang tua tidak perlu memberi jawaban dengan sangat detail, biarkan pertanyaan dan komentar anak memberitahu seberapa jauh anak ingin tahu dan siap untuk mendengar jawaban dari orang tua.
3⃣ Bila akhirnya ada kedekatan pada anak- anak yang berbeda jenis . Bagi mereka, hubungan kedekatan itu lebih didasarkan oleh teman yang mereka sering menghabiskan waktu bermain bersama, namun mereka belum memahami arti kedekatan yang sebenarnya.

❤Pada usia 8-12 tahun merupakan masa di mana anak mulai mendekati pubertas. Anak juga akan mulai mengalami kebingungan perubahan tubuh dan hormon pada saat memasuki pubertas. Mereka mulai tertutup akan masalah seksual, meskipun rasa penasaran mereka masih tetap ada.

❣Lalu bagaimana sebaiknya orang tua bersikap?
1⃣ Galilah pengetahuan mereka tentang ketertarikan akan lawan jenis.
Jika anak remaja bertanya mengenai “pacaran”, cobalah untuk terbuka (tidak menghakimi) dan bertanya pada anak mengenai bagaimana definisi ketertarikan menurut mereka, tentang cinta, kedekatan dengan lawan jenis, dan masalah seksual. Sehingga dapat membantu anak untuk memiliki rasa penerimaan diri yang lebih besar serta menjadi acuan dan arahan yang berguna untuk mereka, sehingga rasa penasaran dan perilaku anak dalam ketertarikan dapat terarah dengan baik.
2⃣ Jadilah sahabat yang paling berpengaruh besar pada hidup anak.
Beberapa anak usia ini sudah terpengaruh hubungan timbal balik terhadap lawan jenis. Namun pada usia ini mereka belum sampai pada menumbuhkan hubungan yang sangat mendalam, maka jadilah sahabat yang bijak dan segeralah untuk hentikan serta mengarahkan.
3⃣ Jangan pernah berhenti membekali ilmu agama.
Jika kita sejak dini sudah memperkuat anak-anak kita dengan pelajaran agama, maka menjelaskan tentang ketertarikan lawan jenis akan lebih mudah. Tanamkan pula bahwa cinta dalam Islam hanya terbingkai dalam kehalalan pernikahan karena Allah dengan tanggung jawab dan perencaan masa depan yang matang.

❤Beberapa cara untuk mengalihkan ketertarikan lawan jenis pada anak
1⃣ Berikan kegiatan – kegiatan positif
Kesibukan seperti berolahraga, acara bersama keluarga atau mencarikan untuknya teman sesama jenis yang pergaulannya tidak bebas.
2⃣ Berikan waktu yang berkualitas untuk anak
Sebagai orang tua kita harus menyediakan waktu untuk anak. Karena kita perlu memahami bahwa kesendirian atau adanya waktu luang pada usia remaja akan dapat membawa anak kita memikirkan rasa suka terhadap lawan jenisnya.

❤Lalu bagaimana kalau anak adalah pihak yang disukai lawan jenis?
Bukan hal yang salah jika anak Anda berkata, ‘Iiiiih, amit-amit’ saat tahu ada teman lawan jenis yang menyukainya. Walau begitu, orang tua harus mengajarkan anak agar tidak ‘jahat’ pada temannya itu, bantulah ia menemukan cara halus dan sopan untuk menolak ‘pendekatan’ temannya. Misalnya, dengan berkata “Maaf aku tidak ingin kita bermain bersama karena aku sedang ingin bermain dengan teman-temanku yang lain”.

🌐SUMBER:

📂http://m.voa-islam.com/news/muslimah/2011/03/17/13818/ketika-anak-mulai-mengenal-lawan-jenisnya/;
📂http://www.kharisma-woman.de/?p=145

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/87
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 16 Maret 2016
📆 7 Jumadil akhir 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Health & Safety

MEMILIH PAKAIAN DALAM

🛍 Pakaian dalam yang umum digunakan para wanita adalah celana dalam, bra dan korset. Namun tau kah bunda, berikut adalah beberapa fungsi dari pakaian dalam :
1⃣ Melindungi pakaian luar dari keringat, urin atau cairan yang dihasilkan oleh organ reproduksi
2⃣ Melindungi organ reproduksi dari lingkungan luar yang kotor
3⃣ Menyangga payudara saat beraktivitas.
4⃣ Menambah kesan sexy atau menambah daya tarik pasangan halal
5⃣ Menambah rasa percaya diri
6⃣ Menjaga kesehatan dan kelembaban organ intim

🛍 Lalu ingatkah bunda dan calon bunda sholihah, kapan terakhir membeli pakaian dalam? Atau mungkin pakaian dalam kita sudah bertahun tahun digunakan dengan alasan masih nyaman dan tidak terlihat orang?

🛍 Untuk itu perhatikan beberapa poin dibawah ini untuk mengetahui apakah sudah waktunya kita membeli pakaian dalam baru:
1⃣ Sudah Rusak
Bila kita kesulitan menemukan pakaian dalam yang tidak memiliki noda dengan bentuk yang sempurna di lemari, mungkin inilah saat yang tepat untuk membeli pakaian dalam baru. Pakaian dalam yang tidak layak pakai akan membuat kita tidak percaya diri. Ditambah lagi, pakaian dalam rusak akan membuat siluet tubuh yang tak sempurna di balik pakaian.
2⃣ Acara-acara Khusus
Bila kita berencana untuk mendatangi acara-acara khusus seperti, pesta pernikahan atau ingin memberi kesan kejutan bagi suami, kita layak membeli pakaian dalam baru.
3⃣ Ingin Tampilan Baru
Penampilan baru tidak sebatas dengan apa yang bisa dilihat orang, yang ‘tersembunyi’ juga bisa. Sekarang sudah banyak tersedia bra-bra yang lucu dan seksi. Bra baru bisa meningkatkan percaya diri Anda dan mempercantik tampilan tubuh bagian atas.
4⃣ Ukuran Tubuh Berubah
Payudara merupakan aset bagi seorang wanita. Payudara bisa berubah ukuran setiap saat. Menjadi dewasa, naik atau turunnya berat badan, hamil, melahirkan adalah beberapa faktor yang memungkinkan perubahan ukuran tubuh terjadi. Pakaian dalam yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh hanya akan membuat kita merasa tak nyaman, karena itu pastikan kita memiliki pakaian dalam yang sesuai dengan keadaan tubuh kita saat ini.

🛍 Tips Memilih Pakaian Dalam:
1⃣ Bahan yang Tepat
Pilihlah pakaian dalam yang dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti ruam kulit sampai infeksi jamur. Pilih bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik.
2⃣Pastikan Kenyamanan
Pilihlah pakaian dalam yang pas dengan ukuran tubuh dan tidak terlalu ketat. Jangan pernah malu untuk mencoba terlebih dahulu. Pakaian dalam yang kebesaran atau kesempitan akan membuat pemakainya merasa tak nyaman dan meningkatkan resiko kesehatan organ kewanitaan anda.
3⃣ Sesuai Bentuk Tubuh
Perhatikan apakah pakaian dalam tersebut sudah sesuai dengan bentuk tubuh. Bukannya mempercantik, pakaian dalam yang tak sesuai dengan bentuk tubuh justru akan membuat tubuh pemakainya terlihat aneh.
4⃣ Waktu yang Tepat
Saat akan membeli pakaian dalam, ada baiknya Anda meluangkan waktu yang cukup agar dapat mencoba dan memilih pakaian dalam yang tepat.
5⃣ Memperhatikan Perasaan Pasangan
Jika niat kita adalah untuk menyenangkan pasangan, jangan ragu untuk bertanya pendapatnya. Belum tentu pasangan menyukai pakaian dalam yang sudah terlanjur kita beli.
6⃣ Memperhatikan Harga
Sekali-kali membeli pakaian dalam yang cukup mahal boleh dilakukan. Namanya juga ingin memanjakan diri. Namun jangan membiasakan diri untuk membeli pakaian dalam dengan harga selangit.

🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀

🛍 Pakaian Dalam 👉 Celana Dalam
👙Celana dalam katun
Untuk penggunaan sehari-hari, tidak akan ada yang bisa mengalahkan kenyamanan katun. Bahan ini lembut, ringan, dan sangat nyaman. Bukan hanya itu, katun juga baik untuk kesehatan serta kebersihan organ intim Anda. Mengenakan celana dalam katun berarti membiarkan vagina Anda ‘bernapas’. Katun juga mampu menyerap keringat yang ada dan dengan demikian akan efektif mencegah pertumbuhan jamur.
👙Celana dalam nylon atau bahan sintesis
Bahan nylon atau bahan sintesis tidak dapat menyerap cairan, jadi sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Jika ingin menggunakan celana dalam dari bahan nylon atau sintetis, pastikan bagian yang menutupi labia terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat.
👙Hindari penggunaan thong
Penggunaan thong/g-string sangat tidak disarankan oleh dokter untuk periode waktu lama atau sering, atau saat berolahraga. Ketika berolahraga , tali thong akan menggesek-gesek kulit mengikuti gerakan tubuh. Gesekan ini dapat memicu infeksi kandung kemih dan infeksi bakteri pada vagina. 👙Menentukan ukuran celana dalam
Cara mudah mengukur tubuh sebelum membeli celana dalam adalah menggunakan pita pengukur.
Lingkarkan tepat di lipatan tulang pinggul. Pita pengukur seharusnya tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Angka yang ditunjukkan pada pita pengukur tersebut merupakan ukuran celana dalam. Dalam menggunakan pita pengukur ini, jangan lingkarkan di pinggang karena akan membuat ukuran celana dalam lebih kecil dari ukuran sebenarnya. 
Perhatikan pula bahwa ukuran pinggang dan pinggul tentunya berbeda karena pinggul wanita secara alami lebih lebar dari pinggang. Apabila kita terbiasa mengenakan celana dalam di sekitar pinggul, otomatis ukurannya lebih besar.

🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀

🛍 Pakaian Dalam 👉 Bra
👙Pilih strap yang aman 
Strap pundak yang tebal akan menopang bra lebih baik. Ini penting untuk bentuk keseluruhan bra terutama untuk bra dengan ukuran cup D keatas. Penggunaan strap juga harus disesuaikan agar tidak menekan atau membuat kulit lecet.
👙Pilih cup yang benar
Pilih ukuran cup bra yang tepat, yang benar-benar pas & memuat keseluruhan bentuk payudara, tidak membuat payudara menyembul ke bagian atas, sisi kanan, kiri, atau bawah. Bra yang ideal adalah bra yang memiliki cup yang berbentuk payudara dan sifatnya sangat suportif. Jangan meremehkan jahitannya karena jahitannya itu dapat memberikan suport yang maksimal. Jika bra benar-benar pas maka ketika duduk, posisi bra tidak berubah
👙 Cek bagian underwire-nya
Underwire bra seharusnya membuat pundak terbebas dari tekanan strap dengan cara menyokong payudara dari bawah. Underwire juga harus pas dengan tulang rusuk dan tidak membuat payudara lecet
👙 Lihat gasp-nya
Bagian tengah bra (bagian yang menghubungkan 2 cup di depan), harus terletak sejajar dengan tulang dada, tanpa meninggalkan celah antara torso dan bra. Kalau gasp-nya menonjol di tengah-tengah, berarti bra terlalu kecil, coba ukuran cup yang lebih besar
👙Cek bagian punggung
Strap bagian belakang harus benar benar lurus dan terletak di bawah tulang belikat (tulang bahu bagian belakang) agar dapat memberikan support yang maksimal. Kalau tertarik ke atas, berarti ukuran bra tsb terlalu besar. Kalau terasa ketat, berarti perlu ukuran cup yang lebih besar, bukan ukuran bra yang lebih besar
👙Menentukan ukuran bra
🅰Ukuran Lingkar Dada
Ukur lingkar dada tepat dibawah payudara anda dengan satuan inchi. Jika hasilnya genap tambahkan 4 inchi, jika hasilnya ganjil tambahkan 5 inchi. Itulah ukuran linkar dada bra anda. Misal ukuran lingkar dada anda adalah 29 inchi, maka ukuran bra anda 34. Jika ukuran lingkar dada anda 32 inchi, maka ukuran bra anda adalah 36.
 🅱Ukuran Mangkok
Untuk menentukan ukuran mangkok, ukur lingkar dada tepat di tengah payudara anda (bagian puting) dalam satuan inchi. Ukuran mangkok dihitung berdasarkan selisih ukuran ini dengan ukuran lingkar dada tepat dibawah payudara yang anda hitung di langkah pertama. Jika selisih ukuran ini adalah:
1” => ukuran mangkok A
2” => ukuran mangkok B
3” => ukuran mangkok C
4” => ukuran mangkok D 

🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀🌀

🛍 Pakaian dalam 👉 Korset
👙Korset memang berguna sekali untuk membentuk tubuh lebih indah. Tapi sama seperti celana dalam spandex dan skinny jeans, menggunakan korset secara rutin tidak disarankan karena dapat memicu penyakit infeksi kandung kemih. Saat menggunakannya, pastikan mengenakan celana dalam katun di baliknya.
👙Bila Berat Badan Mudah Naik Turun
Bagi yang berat badannya mudah naik dan mudah turun, sebaiknya pilih korset dengan aksen tali, baik dibelakang atau di depan tubuh. Tali ini bisa digunakan untuk mengencangkan korset saat berat badan turun, dan mengendurkannya jika berat badan naik.
👙Perut Buncit
Bagi pemilik perut yang besar atau buncit, pilih korset yang berbentuk ikat pinggang. Tubuh gemuk dan pendek juga bisa memakai korset panjang untuk menyiasati bokong besar.
👙Tubuh Tinggi Besar
Untuk tubuh tinggi besar, sebaiknya pilih korset panjang dengan tali pengencang di pinggang agar payudara dapat terangkat dengan baik.

Sumber:
🌐Berbagai sumber

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/88
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 18 Maret 2016
📆 9 Jumadil Akhir 1437

_______________________

📝 Disarikan oleh : Indri Maharani
📝 Tema: Parenting

HARI PERTAMA BALIGH BAGI ANAK PEREMPUAN

🔴 Menarche didefinisikan sebagai kali pertama menstruasi, yaitu keluarnya cairan darah dari alat kelamin wanita berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang mengandung banyak pembuluh darah.

🔴 Awal menstruasi merupakan peristiwa penting dalam kehidupan seorang gadis. Beberapa gadis terkadang suka cita menyambut kedatangan menstruasi pertama sementara yang lain merasa bingung dan takut. Apapun reaksi, kedatangan periode pertama memegang arti yang sama untuk setiap anak perempuan.

🔴 Ciri-ciri Anak Akan menarche:
1⃣ Usia yang Matang
Menarche umumnya terjadi pada usia antara 11 dan 14 tahun. Normal terjadi lebih dini pada usia sembilan tahun atau lebih lama pada usia 15 tahun. Ada banyak faktor yang menentukan datangnya haid pertama pada usia tertentu mulai dari asupan gizi, faktor geografis, kesehatan, emosi, keseimbangan hormonal, aktivitas fisik hingga genetik. Biasanya, seorang anak perempuan akan mengalami menstruasi atau haid pertama di usia yang tidak jauh dengan usia sang ibu ketika mengalami hal serupa.
2⃣ Masa Puber yang Terlewati
Menstruasi pertama umumnya terjadi satu hingga 3 tahun setelah tanda pubertas untuk pertama kalinya muncul. Masa pubertas umumnya ditandai dengan perubahan bentuk fisik, ketertarikan pada lawan jenis serta keinginan untuk tampil semenarik mungkin. Tanda pertama pubertas pada anak perempuan adalah pembesaran payudara (thelarche), yang umumnya terjadi pada usia rata-rata 10 tahun. Diawali de pembentukan kuncup payudara atau benjolan kecil atau nodul di bawah salah satu atau kedua puting payudara. Benjolan itu dapat terasa nyeri dengan berbagai ukuran pada awalnya. Hal itu biasanya merupakan awal dari laju pertumbuhan. Sekitar enam bulan berikutnya, rambut kemaluan tumbuh (adrenarche), meskipun pada beberapa anak pertumbuhan rambut kemaluan justru menjadi tanda awal pubertas. Kemudian bulu-bulu ketiak pun tumbuh. Beberapa tahun berikutnya, ukuran payudara membesar dan akan terjadi pertumbuhan progresif rambut kemaluan dan genitalia luar, dilanjutkan kemunculan menstruasi pertama.
3⃣ Keputihan dan Keluhan Fisik.
Salah satu tanda akan datangnya haid pertama adalah keputihan atau cairan putih dari vagina yang tak berbau. Keputihan pertama biasanya muncul enam bulan sebelum menstruasi dan dibarengi dengan beberapa keluhan fisik semisal kram perut, perut membesar dan nyeri di bagian kepala.

🔴 Persiapan Sebelum Menarche:
❓ Kapan waktu untuk mensosialisasikan menarche?
Sebaiknya orang tua mulai membicarakan menstruasi dengan anak perempuannya pada saat usia anak memasuki 8 th. Usia 8 th bukanlah usia yang terlalu dini karena saat anak perempuan berusia 8-10 th hormon-hormon seksualnya mulai melonjak. Sebagai contoh untuk mengenalkan pengertian menstruasi bisa dimulai dengan mengajak anak melihat atau belanja pembalut di toko.
Siapa yang harus mensosialisasikan menarche?
Orang tua. Ayah dan ibu harus bekerjasama sebagai sumber informasi pertama bagi anak tentang pendidikan seksual. Dalam hal menstruasi, ibu lebih berpengalaman karena pernah mengalami. Namun ayah harus tetap mendampingi karena bisa aja anak mengalami hari pertama menstruasi saat hanya di rumah bersama ayah.
❓Apa saja yang disosialisasikan?
1⃣ Makna menstruasi
2⃣ Proses atau siklus menstruasi secara biologi.
3⃣ Berapa sering menstruasi terjadi
4⃣ Berapa lama menstruasi berlangsung
5⃣ Berapa banyak darah yang keluar
6⃣ Apa yang harus dilakukan saat menstruasi
7⃣ Bagaima rasanya menstruasi.
8⃣ dll
❓Bagaimana cara mensosialisasikan tentang menarche?
Orang tua dapat mengajak bicara anak gadisnya secara terbuka dan tanpa kesan menakutkan sesuai dengan tingkat pemahaman anak atau dengan gaya bahasa anak dengan berkesan tidak menggurui. Biarkan anak-anak merasa nyaman dan tidak ada rasa takut untuk menanyakan berbagai hal langsung pada orang tua khususnya pada Ibu.
1⃣ Cari tahu apa yang sudah dia ketahui. Koreksi konsep yang salah. Upayakan Anda dan putri Anda memperoleh informasi yang akurat.
2⃣ Ceritakan pengalaman Anda. Dengan mengingat dan menceritakan pengalaman Anda ketika mendapat haid pertama, Anda bisa memberi putri Anda banyak dukungan emosional yang dibutuhkan.
3⃣ Jelaskan fakta-fakta dengan sederhana dan bertahap. Materi sosialisasi menarche tentu tidak bisa diselesaikan dalam satu momen percakapan. Karena itu jelaskan dari yang umum hingga paling detail atau berdasarkan pertanyaan yang diajukan anak.

🔴 Saat Menarche Terjadi:
❗Jangan panik
Ayah ataupun Ibu tidak boleh panik saat mengetahui bahwa putri kecilnya telah baligh. Kondisi hormonal anak yang tidak stabil akan mudah berubah, jika anak mengetahui bahwa orang tuanya panik maka anak akan lebih panik.
❗Mintalah anak membersihkan diri
Dengan bahasa yang lembut ajaklah anak menuju kamar mandi untuk membersihkan diri dan mencuci pakaiannya yang terkena darah. Ingatkan kembali akan tanggung jawab untuk mencuci sendiri pakaiannya yang terkena darah menstruasi
❗Berikan pembalut
Berikan dan tunjukan cara memasang pembalut kepada anak. Pembalut milik ibu mungkin akan lebih tebal dan panjang. Berikan informasi bahwa ini hanya sementara dan Ibu akan segera mengantarkannya membeli pembalut sesuai kebutuhan anak. Sampaikan pula cara mencuci dan membungkus bekas pembalut
❗Ucapkan selamat
Berilah penghargaan akan perubahan yang terjadi pada dirinya, bahwa saat ini ia bukan lagi seorang putri kecil melainkan seorang putri yang telah baligh. Biarkan anak bangga akan balighnya dan tidak minder terhadap apa yang terjadi pada tubuhnya.
❗Infokan kembali segala hal terkait menstruasi.
Beritahu  pula tentang gejala-gejala PMS yang mungkin terjadi sehingga anak tidak merasa asing dengan gejala tersebut. Berikan informasi penanganan gejala dan pencegahan agar PMS tidak menganggu aktifitas anak dan lanjutkan pembicaraan sesuai dengan kebutuhan, bahkan setelah haid secara teratur.

Sumber : 
🌎 http://bidanku.com/menjelaskan-proses-menstruasi-pada-anak-perempuan-anda#ixzz43A58QxgJ
🌎http://hamil.co.id/kewanitaan/haid/ciri-ciri-anak-mau-menstruasi
🌎http://www.tipsanakbayi.com/2013/06/6-cara-menghadapi-anak-saat-mensturasi-pertama.html
🌎http://www.tabloidcempaka.com/index.php/read/inspirasi/detail/178/Menhadapi-Menstruasi-Pertama#.Vuqpnh_qZoP

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/89
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 21 Maret 2016
📆 12 Jumadil Akhir 1437

_______________________

📝 Dikutip dari: Aku Adalah Muslim
📝 Tema: Islamic Knowledge

MEMILIH PASANGAN HIDUP ⇨ KISAH KHADIJAH

“Aku menyukaimu karena kebaikanmu. Karena kejujuranmu dan karena keindahan karakter dan kebenaran kata-katamu.”
 
💘 Kalimat di atas adalah kutipan ungkapan Siti Khadijah pada Nabi Muhammad saat Rasulullah menerima tawaran Khadijah untuk menikah dengannya seperti diceritakan dalam salah satu kitab biografi Nabi yaitu Siratu Rasulillah karya Ibnu Ishaq.
 
💘 Siti Khadijah adalah salah satu dari bangsawan Makkah yang selain kaya juga memiliki wawasan intelektual yang luas pada zamannya. Ia (seorang janda yang ditinggal mati dua suami terdahulu) tahu betul pentingnya memilih pasangan yang tepat dan benar.

💘 Setidaknya ada tiga pelajaran yang dapat kita petik dari kisah pernikahan Nabi Muhammad dan Siti Khadijah dan alasannya memilih Nabi sebagai pasangan hidupnya yang terakhir.
 
1⃣ Pernikahan adalah hubungan persahabatan antara seorang laki-laki dan perempuan yang diharapkan akan berlangsung seumur hidup. Suatu hubungan persahabatan tidak akan berjalan dengan lancar dan harmonis apabila salah satu atau kedua pasangan tidak memiliki karakter yang baik.
 
Karakter baik dan buruk seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan, antara lain, watak bawaan, lingkungan keluarga , lingkungan sekitar, lingkungan pendidikan dan wawasan keagamaan. Di antara semuanya, faktor watak bawaan dan wawasan spiritual adalah dua hal yang paling penting. Dan di antara dua hal ini, wawasan keagamaan hendaknya menjadi faktor penentu untuk menikahi seseorang. Rasulullah mengatakan bahwa seorang laki-laki yang menikahi wanita karena kesalihan wanita itu (fadzfar li dzatiddin) , maka dia akan beruntung (taribat yadaka). Nabi sangat tidak menganjurkan memilih pasangan hanya karena faktor harta atau fisik (cantik atau tampan) dengan tanpa melihat kesalihan sebagai pertimbangan utama. Al Quran bahkan menegaskan haramnya menikah dengan pria atau wanita nakal . Karena selain berdampak pada ketidakharmonisan dalam rumah tangga, juga berakibat kurang baik dalam proses pendidikan anak.
 
“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min” (QS Annur 24:3).
 
2⃣ Pendidikan anak dimulai dari saat keputusan kita dalam memilih pasangan. Karena, menurut sejumlah ahli psikologi, kepribadian seseorang banyak dipengaruhi oleh dua faktor: keturunan dan lingkungan. Karakter warisan orang tua menjadi batas kepribadian yang dapat dikembangkan. Sedang lingkungan (sosial, budaya dan faktor situasional) akan mempengaruhi perkembangan aktual kepribadian anak dalam lingkup batas-batas tersebut. Sebagai contoh, Fulan adalah seorang anak yang orangtuanya dikenal pemarah, maka tidak heran apabila watak dasar Fulan pemarah juga. Akan tetapi sifat pemarahnya jauh berkurang karena dia berteman dengan Fulin yang penyabar. Namun, sesabar-sabar Fulan, tentu tidak dapat melebihi kesabaran Fulin, dst.
 
3⃣ Sudah dimaklumi bahwa untuk mencari pasangan hidup yang ideal kita harus mengenal karakter yang sebenarnya dari calon pasangan kita. Dari kisah Siti Khadijah ini, kita tahu bahwa untuk mengenal kepribadian calon pasangan, tidak diperlukan proses pacaran atau “ta’aruf” terlebih dahulu. Yang diperlukan adalah penilaian orang-orang yang tahu betul perilaku calon pasangan kita.
 
Itulah yang dilakukan Siti Khadijah. Untuk mengenal Muhammad secara lebih dekat, Khadijah berkonsultasi dengan sepupunya Waraqah yang juga seorang pendeta Nasrani. Dia juga bertanya pada pembantu laki-lakinya yang bernama Maysarah yang menyertai Nabi dalam ekspedisi bisnis ke Suriah. Ia pun meminta tolong sahabat wanitanya bernama Nufaysah untuk mengutarakan niatnya pada Muhammad. Yang oleh Muhammad diterima dengan tangan terbuka.
 
Sikap Khadijah yang mengadakan pendekatan lebih dulu ini juga patut dicontoh kaum perempuan. Apabila seorang wanita sudah merasa menemukan pasangan idealnya, tidak ada salahnya ia mengadakan pendekatan lebih dahulu. Tentu melalui seorang perantara, seperti melalui orang tuanya atau tokoh yang dihormati, sebagaimana dicontohkan oleh Siti Khadijah.

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
SharingmateriIPC/90
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂

📆 23 Maret 2016
📆 14 Jumadil Akhir 1437

_______________________

📝 Disaringkan oleh: Indri Maharani
📝 Tema: Familiy Life

KETIKA IDEALISME TAK SESUAI DENGAN REALITA

:idea:Mempertahankan hijab dan memilih berhenti bekerja dari perusahaan asing.
:idea:Tetap boleh mengenakan hijab saat bekerja di perusahaan asing namun diwajibkan menggunakan celana.
:idea:Memilih merawat hingga mengolah sendiri ayam yang akan disajikan untuk keluarga daripada membeli ayam di restoran.
:idea:Membeli ayam potong beku berlabel halal di swayalan karena tinggal di daerah mayoritas non muslim.
:idea:Tetap menghormati umat beragama lain tetapi tidak mengucapkan selamat akan hari besarnya.

⁉Merepotkan atau mempertahankan idealisme?

⁉Menerima atau lari dari realita?

💭 Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir.

💭 Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. 

💭 Dalam Islam, idealisme lebih dekat ke pengertian Mujahadah (totalitas kesungguhan dalam menolak kemungkaran, mengupayakan kebaikan atau memperjuangkan kebenaran).

💭 Dalam Al Qur’an disebutkan sebuah ayat, “Di antara manusia ada yang mengorbankan dirinya dalam rangka mencari ridha Allah, dan Allah itu Maha Penyantun terhadap hamba-hamba-Nya.” (Surat Al Baqarah).

💭 Maka apabila idealisme tak sesuai realita, sebaiknya:
1⃣ Siap menerima realita dengan ikhlas
Siapkanlah diri kita menerima baik atau buruknya pilihan sebelum memilih sesuatu. Karena terkadang manusia lalai bahwa setiap yang kita lakukan telah dituliskan oleh Allah sebelum kita dilahirkan.
2⃣Jangan mempersulit diri
Seringkali kita berpikir terlalu berlebih atau hanya memandang sisi negatif keadaan, bahkan rasa takut mulai muncul saat idealisme tak sesuai realita. Hadapi rasa takut dan yakinkan diri bahwa ini adalah pilihan yang telah kita tentukan.
3⃣ Koreksi diri
Ketika realita tidak sesuai idealisme janganlah membuat kita menyalahkan orang lain. Ada baiknya kita kembali meneliti pilihan dan mawas diri.
4⃣ Berserah diri kepada sang pencipta
Sadarlah bahwa kita hidup tidak bergantung pada sesuatu yang sifatnya sementara seperti harta, pasangan hidup, jabatan dll. Karena semua itu sewaktu waktu bisa hilang. Selalu ingat dan yakinkan diri hanya Allah yang mampu menolong.
Ingatlah selalu Bahwa perjuangan tidak akan pernah sia-sia. Ketika idealisme tidak sesuai dengan realita, tetaplah berjuang. Karena meski perjuangan itu tidak bisa dipetik hasilnya sekarang, tetapi insya Allah perjuangan itu akan berguna untuk generasi yang akan datang.

Wallahu A’lam Bishawab

© Disaring dari berbagai sumber

📚Divisi Program IPC ✏

💞〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🙏 Islamic Parenting Community 🙏 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💞

📌 fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

📷 Instagram: @islamicparenting

🐥 twitter: @isparentingcom

🌏 web: IslamicParenting.net

***

Disclaimer :
Semua materi yang di posting sudah melalui persetujuan Founder atau PIC dari komunitas yang bersangkutan tanpa menghilangkan format asli termasuk header-footer.

http://www.jendelakeluarga.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s