Cara Mengenalkan Sedekah Kepada Anak

Cara Mengenalkan Sedekah Kepada Anak

Dalam Islam begitu banyak amalan yang dapat diajarkan kepada sang buah hati sejak dini, salah satunya adalah sedekah. Kenapa sedekah itu penting? Karena dengan bersedekah kita telah berbagi kepada orang yang membutuhkan dan sedekah adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah.

Berikut cara mengenalkan sedekah kepada anak :

1. Hidup di dunia tidak sendiri.

Ajarkan kepada anak bahwa manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain sejak lahir hingga maut menjemput. Oleh karena itu penting untuk mengajarkan anak agar memiliki rasa peduli serta memikirkan orang lain.

2. Banyak orang yang bernasib kurang baik.

Mengunjungi panti asuhan dapat menjadi salah satu alternatif untuk bertemu langsung dengan teman-temannya yang kurang beruntung. Hal ini akan menimbulkan rasa peduli kepada orang lain dan juga menanamkan rasa syukur pada anak-anak.

3. Mengajak pergi ke masjid.

Masjid menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan acuan dalam kegiatan bersedekah atau berzakat. Orangtua dapat mengajak anak pergi ke masjid serta menjelaskan apa itu sedekah dan zakat secara sederhana.

4. Sedekah tidak harus berupa uang.

Ajak anak untuk menyisihkan pakaian ataupun mainannya agar dapat diberikan kepada anak-anak lain yang membutuhkan. Pada tahap ini anak juga sekaligus diajarkan untuk selalu mengatur apa yang sudah dimiliki.

5. Buat sendiri celengan sedekah.

Setelah melakukan cara-cara diatas, ajak anak membuat prakarya bersama di rumah berupa celengan sedekah. Hal ini bertujuan agar anak lebih termotivasi menyimpan kelebihan uang yang dimilikinya dan harapannya melalui celengan tersebut maka semangat bersedekahnya tidak pernah pudar. Intip tutorialnya disini.

***

Miranti

jendelakeluargaid@gmail.com

0 thoughts on “Cara Mengenalkan Sedekah Kepada Anak

  1. inspiratif banget, aku sempat lupa bikin celengan infaq utk anak-anak, biasanya cuma lgsg ke kotak amal masjid saja. Terimakasih sharingnya ya mbak 🙂

  2. mumpung momennya pas di bulan Ramadhan dimana tiap ke masjid ada kotak amal yang diedarkan, aku mau ajarkan anak supaya ia yang memasukkan uang ke kotak amal tersebut

  3. Wah…celengannya lucuuuu..kalau saya biasanya langsung mengajak si kecil ke Rumah Yatim. Kebetulan tempatnya dekat rumah. Nanti dia isi sendiri form sumbangannya, pakai namanya sendiri.

  4. Iya, teh Miranti.
    Kerasa banget kalo sedekah gak harus uang. Aku terpikir buat ajak anak-anak lihat donor darah.

    Bagaimana setetes darah kita pun ternyata bisa membantu.

Leave a Reply

error: Content is protected !!