Tips Melatih Anak Berpuasa

Tips Melatih Anak Berpuasa

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Orangtua sudah mulai mempersiapkan segala kebutuhannya jelang bulan yang dinanti-nanti. Bagaimana dengan persiapan untuk si buah hati? Berikut 5 tips melatih anak berpuasa yang mudah diterapkan selama 30 hari.

1. Ajak Anak Ikut Makan Sahur

images (2)
pic credit : google

Bagi anak-anak, bangun pagi di luar jadwal normal sungguh hal yang berat. Bagi orangtua hal ini menjadi tantangan yang menarik. Kekompakan Mama Papa sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jangan lupa sebelum tidur memberitahu si Kecil bahwa besok subuh akan dibangunkan untuk melaksanakan lbadah sahur.

2. Buat Menu yang Disukai Anak

th
pic credit : google

Sebagai penyemangat anak-anak berlatih puasa, pastikan Mama menyiapkan hidangan yang disukai anak saat sahur dan berbuka. Anak pasti akan bertambah senang dengan hidangan kesukaannya setelah berhasil menahan lapar dan haus sepanjang hari.

3. Beri Spirit Tentang Pendidikan Agama

download (2)
pic credit : google

Ajak anak mengenal Islam dengan cara yang menyenangkan. Membaca buku shirah nabi, menjelaskan adab berpuasa serta praktek sambil bermain mengenai ibadah haji akan sangat menarik bagi anak-anak. Membuat DIY kreatifitas ramadhan bersama anak juga menjadi alternatif yang menyenangkan. Cari ide-ide kids activities ramadhan di blog, pinterest atau instagram untuk bahan referensi Mama Papa.

4. Beri Pujian/Hadiah Untuk Menambah Semangat

images (1)
pic credit : google

Jika anak sudah mampu menjalankan puasa meskipun tidak sehari penuh, berilah ia semangat dengan sebuah pujian. Alternatif lain, Mama Papa juga dapat memberikan hadiah berupa bacaan anak muslim. Jika anak sudah senang, otomatis mereka akan melakukannya dengan penuh semangat. Kesempatan ini dapat orangtua manfaatkan supaya anak tetap konsisten dalam berpuasa.

5. Jangan Memaksa atau Memarahi

download
pic credit : google

Jangan pernah latihan berpuasa membuat orangtua memaksakan atau memarahi si anak. Jika tips sebelumnya tidak ampuh dilakukan, mungkin anak belum siap untuk memulainya. Ajak pelan-pelan dengan cara yang menyenangkan hingga waktu terbaiknya tiba.

Selamat Mencoba..

Happy Fasting 🙂

***

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s