In Love With Montessori Haus Asia – Montessori Made Simple

Why We Love Montessori Haus Asia

“Play is the Work of the Child” – Dr. Maria Montessori

jendelakeluarga.com – Sekilas awal cerita perkenalan saya dengan Metode Montessori membawa flash back sekitar pertengahan tahun 2015 lalu saat usia Ry baru menginjak 8 bulan. Kala itu saya sempat mengikuti challenge via sosial media yang diadakan oleh salah satu komunitas berbasis montessori di Indonesia. Dalam prakteknya metode ini sangat memudahkan saya sebagai pemula karena alat dan bahan yang digunakan dapat memanfaatkan material apapun yang ada di lingkungan sekitar, khususnya rumah sendiri. Maka tak heran metode montesori sangat familiar dengan istilah montessori di rumah atau montessori at home. 

Referensi kegiatan bermain anak usia dini ⇒ PlayList Kid jendelakeluarga.com 🙂

Sayangnya hampir berselang 2 tahun belakangan ini semangat saya nyaris meredup karena berbagai alasan, diantaranya keterbatasan waktu, kurangnya support anggota keluarga dan lain sebagainya menjadi pemicu tidak konsistennya jadwal kegiatan belajar dan bermain Ry dengan metode ini. Hingga akhirnya pada Minggu lalu (22/7) saya diundang oleh Mom Blogger Community (MBC) bersama rekan-rekan blogger lainnya untuk menghadiri Blogger Gathering melalui workshop bertajuk “Nurture the Nature, Montessori Approach in Parenting Young Children” menjadi hembusan angin segar bagi saya pribadi untuk kembali mengingat betapa hebatnya metode belajar usia dini ini jika terus diterapkan di rumah kami.

Baca : Belajar dan bermain dengan DIY Edu Creative Box

Apa Sebenarnya Metode Montessori?

Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang dokter sekaligus pendidik asal Italia. Metode ini lahir karena ketidaksengajaan Maria Montessori yang tertarik untuk mengobservasi anak-anak yang pada saat itu bekerja di sebuah rumah sakit anak-anak berkebutuhan khusus. Metode ini umumnya diterapkan di pra-sekolah dan sekolah dasar.

Ciri dari metode montessori adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru atau pembimbing. Salah satu fondasi utama Metode Montessori adalah tentang menstimulasi seluruh indra. Metode ini juga menekankan pentingnya penyesuaian diri dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, serta peran aktivitas fisik dalam menyerapan konsep akademis dan keterampilan dasar.

Kembali ke pembahasan workshop “Nurture the Nature, Montessori Approach in Parenting Young Children”, acara yang diselenggarakan di Greenhouse Kuningan Jakarta Selatan tersebut telah mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang montessori, yaitu Mr. Allan Ang seorang pendiri pusat pendidikan berbasis montessori, Montessori Haus Asia Singapore yang berkantor di negara Singapura. Selain itu juga dihadirkan seorang ahli montessori, Miss Rosalynn yang saat ini telah membangun mitra kerjasama di Indonesia melalui PT. Montessori Haus Asia Indonesia sejak tahun 2017.

 

montessori haus asia
Mr. Allan Ang
montessori made simple
Miss Rosalynn

Apa itu Montessori Haus Asia?

Adalah pusat pelatihan yang lengkap untuk para guru, orangtua, sekolah maupun masyarakat umum lainnya yang tertarik untuk menerapkan metode montessori di sekolah, lingkungan sekitar maupun di rumah masing-masing. Montessori Haus Asia percaya bahwa metode belajar yang diberikan akan membuat siapapun yang belajar menjadi bersemangat dan tertarik untuk mendalami metode montessori. Karena Montessori Haus Asia yakin pendidikan anak usia dini yang berkualitas adalah hal sederhana dan terjangkau untuk semua orangtua melalui prinsip Montessori Made Simple.

View this post on Instagram

Visit @montessorihausasia Salah satu pusat pendidikan yg concern dengan metode montessori sebagai alternatif pendidikan anak usia dini adalah @montessorihausasia. Berkantor pusat di Singapura, saat ini Montessori Haus Asia telah menjalin kemitraan strategis dengan Indonesia melalui Montessori Haus Asia Indonesia. Montessori Haus Asia berusaha membuat metode pendidikan menjadi berkualitas dan sederhana yg dapat menjangkau semua kalangan orangtua di Indonesia. More info about this education methode please check my blog soon ❤ @mombloggercommunity @interlacprobiotics @toru.id @kamoemontessori @letthefunbegun @ayamgepukmpooneng @joyandsmart_toys @healthy.food.partner @makkeik #montessorimadesimple #montessoriforeveryone #mombloggercommunity #belajarberbagiberkarya #probiotik #probiotics #interlacprobiotics #healthyfoodpartner #ayamgepuk #ayamgepukmpooneng #ayamgepukbsd #ayamgepukpamulang

A post shared by miranti zr (@mirantizr) on

Saya sempat mengintip area belajar Montessori Haus Asia yang berada di Jakarta, aparatusnya lengkap sekali dan tertata dengan rapih. Semua material ini dibutuhkan pada saat peserta mempraktikkan langsung modul yang sedang dipelajari di kelas. Sehingga harapannya peserta yang mana merupakan orangtua maupun pendidik dapat membayangkan ketika mempraktikkannya di depan anak.

Oh, I’m in love with Montessori Haus Asia..

Sekilas mengulas apa yang telah disampaikan oleh Mr. Allan Ang diantaranya “Montessori is very simple and Montessori for everyone”. Buatlah anak-anak belajar sesuatu menjadi lebih mudah dan menyenangkan karena pada dasarnya anak-anak adalah seorang pembelajar yang aktif. Dan jadikanlah lingkungannya yang nyaman dengan berbagai material pendukung seperti apa yang sudah diterapkan dalam metode montessori.

“Everything in the environment has a NAME, USAGE and PLACE” – Mr. Allan Ang

Sedangkan  pemaparan Miss Rosalynn mengingatkan saya akan pentingnya pemberian materi pembelajaran maupun penggunaan suatu barang disesuaikan dengan usia anak.  Jangan sampai anak mengikuti keinginan orangtua sehingga menjadi korban karbitan semata. Dan untuk pertama kalinya saya melihat secara langsung praktek matematika melalui konsep montessori yang dipandu oleh Miss Rosalynn. Tentu saja banyak menuai decak kagum seluruh peserta karena montessori berhasil memvisualisasikannya dengan sangat mudah.

Intip video lengkapnya disini 🙂

Bagaimana, tertarik belajar montessori lebih dalam lagi?

Berikut beberapa lokasi pelatihan dan program yang diselenggarakan oleh Montessori Haus Asia di Indonesia :

Jakarta Montessori : Greenhouse @The Penthouse, Multivision Tower 25th Floor, Jl. Kuningan Mulia Lot 9B, Jakarta Selatan.

Tangerang Montessori : BSD Campus Teras Kota, Jl. Pahlawan Seribu CBD Lot VII B, Tangerang Selatan.

montessori haus asia indonesia
Pelatihan dan program Montessori Haus Asia

Telp/WhatsApp : 0813 9867 4378
Instagram : @montessorihausasia
www.montessori-haus-asia.com


Sepulang workshop lalu kami dibekali Montessori Made Simple Trial Box yang dipersembahkan oleh Montessori Haus Asia beserta Game Montessori. Terdapat 3 aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak dengan mengusung tema tanaman, antara lain menanam kacang hijau (Planting Green Beans), belajar daur hidup kacang hijau (Life Cycle of Green Beans) dan permainan angka pot tanaman (Number Games).

1532737126272.jpg

Kali ini Ry akan memperlihatkan cara bermain Number Games melalui flash card yang sudah disediakan. Awalnya saya memberikan pilihan dari ketiga aktivitas di dalam box tersebut. Ternyata bermain angka dengan jumlah gambar pot bunga yang menarik perhatiannya. Jika diperhatikan dari ketiga aktivitas tersebut memang Number Games inilah yang paling cocok untuk Ry yang masih berusia dibawah 4 tahun.

Perhatikan cara bermainnya melalui video ini ya 🙂

Bagaimana, sudah siap bermain dan belajar dengan montessori bersama anak di rumah? 😀

Instagram : @gamemontessori

Oh ya, saya baru menyebutkan satu dari sekian banyak sponsor dalam workshop montessori. Padahal ada banyak sekali pihak sponsor yang turut mendukung acara ini, berikut diantaranya :

Interlac Probiotic

interlac probiotics

Menurut WHO, Probiotic merupakan mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah cukup dapat memberikan manfaat kesehatan dalam tubuh. Sedangkan Interlac adalah produk lisensi dari BoGaia yang mengandung strain Lactobacillus reuteri Protectis. BioGaia sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidang probiotik dan merupakan probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara di dunia.

Sumber : www.interlac-probiotics.com

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Interlac Probiotics :

  • Memenuhi semua syarat “Live & True Probiotic” dari WHO
  • Teruji klinis sebanyak 152 penelitian melibatkan 12.754 individu
  • Terbukti efektif mengatasi diare, konstipasi dan efek samping dari antibiotik
  • Terbukti efektif mengatasi kolik dan gumoh pada bayi
  • Terbukti aman untuk pemakaian jangka panjang pada segala usia, termasuk bayi prematur
  • Dosis praktis cukup 1x sehari

Terdapat 3 macam produk yaitu Oral Drops, Sachet dan Chewable Tablet (Strawberry dan Lemon).

Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics

Granola by @healthy.food.partner

Merupakan homemade granola dengan berbagai bahan baku yang terdapat di dalamnya, antara lain gandum, biji labu, biji bunga matahari, buah berry, kismis, minyak zaitun, kayu manis, madu dan garam laut.

Selain kaya akan manfaat pada tubuh kita, rasanya pun dijamin enak. Snack sehat ini cocok untuk camilan atau dijadikan topping smoothies untuk sarapan sehari-hari.

Instagram : @healthy.food.partner

1532682277983

Ayam Gepuk Mpo Oneng

Memilki tagline “Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima” Ayam Gepuk Mpo Oneng memberikan sajian ayam gepuk yang pas di lidah. Kamu dapat mencoba ayam gepuk khas ini dengan datang langsung ke outletnya di Bukit Dago Cluster Pasadena Blok F8 No. 12 atau di Jl. Kencana Loka Blok J5 No. 8 (Waroeng Hangout) Tangerang.

Instagram : @ayamgepukmpooneng

Dan beberapa sponsor baik hati lainnya seperti @kamoemontessori @letthefunbegun @toru.id @joyandsmart_toys @makkeik @childrens_bookstore @babahgemoek @gamemontessori dan @beniqhijab.

Pada puncak acara saya beruntung mendapatkan hadiah Buku Aktivitas “Montessori Mathematics” yang dibuat secara exclusive oleh Montessori Haus Asia karena menjawab pertanyaan dari Miss Maya. Alhamdulillah..

IMG-20180724-WA0040
Miss Maya, Miss Rosalynn, saya dan Mr. Allan Ang – Doc. MBC
IMG-20180724-WA0020
seluruh peserta, narasumber dan beberapa sponsor – Doc. MBC

Well, terima kasih Mom Blogger Community dan Montessori Haus Asia atas kesempatannya. Semoga dengan kehadiran Montessori Haus Asia di Indonesia dapat menambah warna baru dalam dunia pendidikan di negeri kita tercinta.

***

:: 22 Juli 2018 ::

39 comments

  1. Yang ku suka dari Montessori bagaimana metode ini mengikuti rasa penasaran si anak. Orang dewasa ga perlu banyak beri instruksi. Anak lebih percaya diri dan tenang.

    Like

  2. Metode mentossori ini metode yang bagus banget ya mbak buat anak, ada program pelatihannya juga ya, pengen deh kapan2 ajak keponakan kesana

    Like

  3. Aperturenya di MHA bikinpengen haha.
    Wah udah pernah maen ke sana ya mbak? Kalau bawa anak2 ke sana pastinya happy banget yaaa.
    Montessori emang asyik gk cuma buat anak tapi tantangan buat ortu jg supaya ikut belajar yaaa

    Like

  4. Oh iya, di Montessori HAUS Asia ini untuk sisi pengamatan ortu ke aktivitas anak, modelnya gimana? Apa ada poin-poin evaluasi atau gimana gitu?

    Like

  5. Waaah waterbeads 😍 aku baru mau coba mba. Mumpung baby Ahnaf lg tahap sensory play hehe. Kemarjn2 baru coba tepung dan bikin sensory board sendiri XD
    Btw emang butuh lingkungan yg kendukung dan motivasi internal yaa buay keep doing Montessori. Aku jg smpt vakum bbrp bulan nih 😀

    Like

  6. awal baca judulnya kirain tadi ini resto hahahah ada kata haus
    Ya allah tolong deh mamak gagal fokus karena lapar pagi pagi
    btw ini keren banget ya metodenya
    enaknya di kota besar banyak hal seperti ini
    tapi nanti saya coba belajar dr internet aja deh dan review seperti ini

    Like

  7. Ikut menyerap ilmunya
    Meski saya jauh dan ga ikut acara baca ulasan ini serasa ikut hadir saja di acara hehehe

    Salam
    Okti Li

    Like

  8. Ak aja yg uda dewasa seneng banget mbak belajar montessori. Seru aja. Kadang dalam hati cuma sering bilang “kenapa jaman kita dulu nggak se ngehits begini ?” Hihihihi

    Like

  9. Wah inspiring banget Moms. ternyata belajar montessori itu seru banget. Tapi memang butuh jadwal main yang berkualitas ya sama Mama, apalagi buat ibu bekerja kayak saya gini. Belum ada jadwal yang fixed buat main mainan yang edukatif.

    Like

  10. Saya belum pernah belajar secara langsung. Pekerjaan saya, mendokumentasikan kegiatan belajar di Sekolah Tetum Bunaya, selama lima tahun. Membuat saya melek, sekolah berbasis montessori membuat anak-anak lebih percaya diri. Tentu montessori bukan satu-satunya pembentuk percaya diri,

    Like

  11. senengnya kalau anak belajar dengan montessori, orang tua juga bisa berperan aktif, sehingga bisa meningkatkan bonding dengan anak.. bener gak mbak mir..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s